Sukses

Beauty

5 Manfaat Buah Bit untuk Wajah, Bisa Tampak Awet Muda

Fimela.com, Jakarta Buah bit merupakan salah satu sayuran berwarna ungu yang biasanya diolah menjadi minuman jus atau dimasukkan ke dalam salad. Buah ini dipercaya sebagai salah satu pengobatan untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Ini termasuk sayuran sederhana namun fungsional karena tidak hanya bermanfaat untuk tubuh, tetapi juga untuk rutinitas kecantikan.

Warna ungunya yang sangat pekat biasa digunakan sebagai pewarna tambahan alami makanan. Tak heran mengapa sering dimanfaatkan sebagai pengobatan beberapa penyakit. Buah bit diperkaya dengan vitamin, mineral, asam folat, dan zat besi, buah ini mampu untuk meningkatkan stamina dan memperlancar aliran darah, serta mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke. Cara konsumsi buah bit sendiri bisa langsung dimakan maupun diolah menjadi jus atau dijadikan bubuk untuk masker wajah. 

Kandungan dalam buah bit dapat bermanfaat bagi kulit yang kemungkinan besar dikaitkan dengan vitamin C-nya. Telah terbukti buah bit bisa memberikan bantuan untuk mengurangi tanda-tanda penuaan, melawan jerawat, hingga mencerahkan kulit. Bagi sahabat Fimela yang memiliki keluhan tersebut, mungkin bisa dipertimbangkan untuk mulai mencoba menggunakan buah bit sebagai pengobatan wajah. 

Deretan khasiat dari buah bit untuk wajah

Menjadi pengobatan untuk anti penuaan

Berkat vitamin C yang tinggi dalam buah bit, membuatnya menjadi salah satu bahan alami yang bermanfaat untuk perawatan kulit wajah. Vitamin C bekerja dengan baik untuk memperbaiki kulit serta mengurangi datangnya tanda-tanda penuaan, sepeti kerutan. Sifat antioksidan pada buah bit juga mampu untuk melindungi kulit akibat kerusakan dari radikal bebas. Tak heran mengapa vitamin C banyak dimasukkan ke dalam rutinitas perawatan wajah karena bisa membantu produksi kolagen sekaligus mencegahnya dari kekeringan.

Menunda timbulnya jerawat

Lagi-lagi karena vitamin C nya. Selain berfungsi untuk mengurangi tanda-tanda penuaan, buah bit juga mampu untuk meredakan jerawat dan mengurangi bekas-bekasnya. Melansir dari Healthline, bit adalah sumber vitamin C yang bisa membantu mengurangi kelebihan sebum di kulit. Sehingga ini bisa mengurangi timbulnya jerawat. Pigmen betalains pada buah bit juga dikatakan memiliki sifat anti-inflamasi, ini yang membuatnya menjadi sayuran yang mampu untuk meredakan peradangan serta rasa gatal akibat jerawat. Untuk mendapatkan hasil yang efektif, bisa minum segelas jus bit setiap hari untuk mengeluarkan semua racun dari tubuh yang berpengaruh pada kemungkinan timbul jerawat.

Mengurangi mata panda

Mata panda atau mata bengkak terkadang bisa menjadi hal yang mengganggu dan merusak penampilan. Ini biasanya dikarenakan kurang mendapatkan tidur yang cukup, kelelahan, kurang mendapatkan kelembapan, hingga terlalu banyak menatap layar gadget. Buah bit disini berperan untuk mengurangi tampilan lelah tersebut. Sebagai sumber antioksidan yang tinggi, mereka memberikan efek revitalisasi. Kandungan zat besi pada buah bit dapat menghidupkan kembali sel-sel yang rusak akibat kelelahan. Hal ini yang akan menghilangkan lingkaran hitam dan mengurangi kantong mata yang besar.

Memberikan tampilan kulit bercahaya

Seperti yang sudah diketahui, jus bit bisa memberikan efek detoksifikasi untuk mengeluarkan racun dan membantu membersihkan darah. Hal ini akan memengaruhi tampilan kulit lebih terlihat bersih, sehat, dan bercahaya. Tak perlu diragukan lagi khasiat vitamin C sangat ampuh untuk mengurangi pembentukan melanin dan mengobati hiperpigmentasi. Peran zat besi yang juga memberikan kilau instan pada kulit wajah yang kusam. Mengonsumsi buah bit secara teratur dapat membantu mengurangi hiperpigmentasi dan berikan kilauan alami pada wajah. Bisa dilakukan dengan membuatnya sebagai masker wajah dari jus bit atau dalam bentuk bubuk. Gunakan secara rutin untuk hasil yang optimal.

Memberikan kelembapan dan pewarnaan pada bibir 

Pada dasarnya, buah bit mengandung 87% air di dalamnya. Ini yang membuat mereka bisa menjadi sangat melembapkan, terutama untuk bibir yang pecah-pecah. Berkat kandungan vitamin C dan antioksidan pada buah bit, mereka pun bisa membantu mengobati bibir pecah-pecah dengan memberikan hidrasi yang baik. Dengan ini, bibirmu akan lebih kenyal dan terhidrasi. Selain itu, pigmentasi warna ungunya yang pekat bisa memberikan semburat merah muda di bibir. Sehingga bibirmu akan lebih lembap dan sehat sekaligus tampak cerah menyegarkan.

 

*Penulis: Balqis Dhia.

 

#Breaking Boundaries

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading