Sukses

Beauty

5 Penyebab Kulit Wajah Terlihat Kusam

Fimela.com, Jakarta Setiap perempuan tentu menginginkan wajah yang cerah dan berkilau. Memiliki kulit kusam tentu merupakan mimpi buruk bagi perempuan. Namun tidak dapat dipungkiri bahwa kulit kusam dapat terjadi kapan saja. 

Kulit kusam merupakan kondisi dimana kulit tidak bercahaya dan suram. Tidak bercahaya mengartikan bahwa kulitmu tidak mengkilap dan tidak cerah. Memiliki kulit yang cerah akan terlihat lebih berseri-seri dan menyenangkan siapa saja yang memandangnya, begitu juga sebaliknya. Dilansir dari allure dan goodhousekeeping (7/7) berikut ini adalah 5 penyebab kulit wajahmu terlihat kusam. Simak penjelasannya.

Penumpukan sel kulit mati

Setiap orang melepaskan jutaan sel kulit mati setiap harinya. Lapisan sel-sel kulit mati yang tidak dibersihkan akan membuat wajahmu terlihat seperti abu-abu. Sel kulit mati yang menumpuk ini mencegah kulit aslimu untuk memantulkan cahaya.

Tidak melakukan eksfoliasi

Pengelupasan sel kulit mati merupakan cara kulit meregenerasi dengan kulit baru yang sehat dan cerah. Namun, kebanyakan perempuan melupakan perawatan kulit yang sangat penting yaitu eksfoliasi. Eksfoliasi merupakan cara terbaik untuk membantu kulit menjadi cerah dan menghaluskan permukaan kulit.

Stress berlebih

Hal ini merupakan faktor utama penyebab wajah kusam yang paling tidak disadari oleh banyak perempuan. Tenggat waktu kerja, tidur yang tidak nyenyak membuat diri kamu menjadi gelisah. Ini akan berdampak dengan keadaan wajahmu pada hari berikutnya. Penyebabnya adalah kadar kortisol yang meningkat serta respon fight-or-fight muncul dalam dirimu membuat aliran darah mengalir ke organ-organ vital dan bukan ke wajah.

Dehidrasi

Kulit akan terlihat kusam tanpa kelembapan. Masalah yang sering terjadi dan tanpa disadari oleh perempuan adalah masalah dari dalam diri. Hilangnya hidrasi di dermis atau di bawah permukaan kulit dan tingkat epidermis yang rendah dapat menyebabkan penurunan ketebalan kulit.

Faktor lingkungan

Salah satu faktor yang sulit dihindari adalah faktor lingkungan. Polusi udara, kelembapan yang rendah, angin kencang serta paparan sinar UV dari matahari dapat membuat kulitmu menjadi kusam dan tidak terlindungi. Perempuan yang tinggal di daerah perkotaan selama 20 tahun, ditemukan bahwa perempuan – perempuan itu memiliki lebih banyak garis-garis dan bintik-bintik hitam di wajahnya.

Sahabat Fimela, demikian 5 penyebab kulit wajahmu terlihat kusam. Gunakan produk kecantikan yang sesuai untukmu. Semoga informasi ini bermanfaat.

 

Penulis : Nadia Maharani Ardiansih 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading