Sukses

Beauty

5 Cara Mengatasi Kulit Kemerahan Akibat Iritasi Menurut Dermatologi

Fimela.com, Jakarta Redness atau kulit kemerahan bisa disebabkan berbagai hal. Mulai dari reaksi iritasi, sengatan sinar matahari, hingga kondisi kulit tertentu. Bahkan aktivitas fisik yang menguras tenaga seperti olahraga bisa memberi efek kulit wajah merah. Apapun penyebabnya kulit merah akibat kondisi tertentu lebih sulit diatasi, meski beberapa kondisi ringan bisa disembuhkan dengan kompres air dingin.

Perawatan kulit intensif bisa membantu mencegah dan mengobati redness. Melansir dari Byrdie produk perawatan dengan fokus menenangkan kulit bisa sangat membantu. Ada pula cara lain yang sangat ampuh, berikut penjelasannya.

1. Menggunakan Shooting Mask

Masker wajah dengan fokus menenangkan kulit bermanfaat untuk meredakan kemerahan. Kemerahan dengan penyebab ringan seperti sengatan matahari dan aktivitas fisik dapat seketika reda dengan shooting mask. Menggunakan shooting mask secara rutin akan sangat membantu. Pilihlah masker dengan kandungan air mawar, vitamin A, vitamin C, atau vitamin E untuk hasil maksimal.

2. Aplikasikan Pelembap Secara Teratur

Menggunakan pelembap adalah rutinitas yang tak boleh terlewatkan. Namun bila sedang mengalami kemerahan maka waktunya untuk meningkatkan intensitas penggunaan. Kandungan lidah buaya atau oat adalah pilihan bagus. Lengkapi dengan serum kandungan hialuronat untuk kelembapan maksimal.

3. Krim Topikal Sebagai Obat Tambahan

Bila masalah kemerahan disebabkan oleh kondisi tertentu seperti rosacea, menggunakan krim topikal adalah pilihan tepat. Krim topikal bisa digunakan pada lokasi kemerahan untuk mengobati lokasi kemerahan.

4. Menerapkan Diet Anti Inflamasi

Tak hanya pengobatan dari luar, penyembuhan dari dalam pun perlu dilakukan. Terapkan diet anti inflamasi dengan mengonsumsi sayur berdaun hijau, ikan, dan buah-buahan rendah glisemik. Bila perlu, lengkapi dengan mengonsumsi suplemen vitamin D.

5. Ubah Kebiasaan Harian

Kemerahan akan diperburuk dengan gaya hidup tidak sehat atau kebiasaan harian yang memicu kulit iritasi. Maka solusi paling tepat adalah mengubah gaya hidup. Kurangi paparan sinar UV saat sedang mengalami redness, gunakan sunscreen, hindari merokok, dan minum air dingin saat beraktivitas bisa sangat membantu.

Terapkan kondisi di atas dan bantu redakan redness dengan mengompres kulit dengan kompres dingin. Bila kondisi memburuk, temui dokter untuk penanganan lebih lanjut.

Penulis: Mufiidaanaiilaa A.S

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading