Sukses

Beauty

5 Kandungan Produk Skincare yang Ampuh untuk Mengatasi Kulit Kering

Fimela.com, Jakarta Permasalahan perawatan kulit tidak ada habisnya. Kulit kering merupakan salah satu jenis kulit yang kerap dihadapi oleh banyak orang. Mengatasi kulit kering perlu membutuhkan perawatan ekstra dengan rutin menggunakan produk body care, salah satunya lotion. 

Umumnya, kulit kering disebabkan oleh faktor genetik atau alami dari lahir. Faktor lain bisa berpengaruh dari perubahan cuaca, sinar matahari, atau lingkungan. Kulit kering terjadi karena kekurangan kelembapan atau minyak alami dan hidrasi dari air. Jika kekeringan diabaikan, itu bisa menghasilkan kulit tampak kasar dan cenderung mengelupas. Mereka bisa mendatangkan rasa tidak nyaman, seperti gatal-gatal, iritasi, dan serasa tertarik.

Maka dari itu, perlu adanya bantuan dari luar dengan perawatan ekstra untuk memberikan hidrasi, sehingga kulit akan terasa kenyal, lembut, dan sehat. Kunci memakai lotion adalah sesaat setelah mandi ketika kulit masih lembap. Hal ini akan membantu menjaga air di kulit sekaligus menambahkan kelembapannya.

Ketika memilih lotion, pastikan kandungan di dalamnya mampu untuk mengatasi keduanya, menarik air ke kulit dan menguncinya. Di tengah gempuran banyaknya produk lotion yang bermunculan, ada beberapa kandungan yang ampuh untuk perawatan khusus kulit kering. Kandungan-kandungan tersebut menjadi pengobatan untuk mengatasi kulit kering dengan memberikan kelembapan yang optimal. Baca di bawah ini kandungan-kandungan apa saja yang perlu ada di dalam lotionmu.

Shea Butter

Shea butter adalah sejenis lemak yang diekstrak dari kacang pohon shea, tumbuhan yang berasal di Afrika Barat. Sejak berabad-abad lalu, shea butter sudah dimasukkan ke dalam bahan produk kecantikan. Mereka dipercaya mampu memberikan efek yang luar biasa kepada kulit. Konsentrasi vitamin dan asam lemaknya yang tinggi menjadikannya produk yang bagus untuk menghasilkan kulit halus, memperbaiki tekstur, dan menenangkan kulit. Maka tak heran mengapa shea butter kerap terlibat dalam produk perawatan kulit. 

Melansir dari Healthline, shea butter juga populer dengan sifat anti-inflamasi dan antioksidannya. Kedua sifat tersebut ahli dalam sumber anti penuaan dan hidrasi yang penting. Mereka melindungi sel-sel kulit dari radikal bebas dan menenangkan kulit dengan mempertahankan kelembapan. Sehingga kulit akan tampak lebih awet muda tanpa mengurangi rasa lembap.

Hyaluronic Acid

Mungkin bahan aktif satu ini sudah tak asing lagi di telinga para pecinta skincare. Kini sudah banyak produk perawatan kulit yang menggunakan bahan aktif hyaluronic acid, mulai dari perawatan wajah hingga body care. Memang terbukti hyaluronic acid merupakan sumber hidrasi yang tinggi. Mereka adalah bahan yang ringan namun mampu menyerap 1.000 kali beratnya dalam air, sehingga mampu membuat kulit tampak kenyal dan lembap sepanjang hari.

Tak hanya itu saja, hyaluronic acid juga populer dengan sifatnya yang anti penuaan dan meningkatkan elastisitas kulit. Ini akan mencegah datangnya penuaan dini sekaligus memberikan hidrasi yang luar biasa. Bahkan untuk yang kulit berjerawat pun aman menggunakan bahan hyaluronic acid ini. 

Gliserin

Kandungan selanjutnya adalah gliserin. Ini adalah anggota dari humektan, zat pelembab yang populer dengan penguncian kelembapan yang ekstra. Gliserin merupakan humektan yang paling efektif untuk meningkatkan hidrasi pada lapisan kulit dibandingkan bahan lainnya, seperti asam laktat dan asam glikolat. Dalam produk perawatan kulit, gliserin biasanya digunakan untuk mencegah penurunan kadar air dalam kulit sehingga bisa mengikat hidrasi yang baik. Menjadi bahan yang tepat untuk para sahabat Fimela dengan tipe kulit kering. Walaupun begitu, hindari penggunaan jika terjadi efek samping seperti gatal-gatal, iritasi, melepuh, atau rasa terbakar. 

Ceramide

Baru-baru ini ceramide populer banyak digunakan pada produk perawatan kulit. Ceramide sendiri adalah molekul lemak yang ditemukan di membran sel kulit dan dipercaya mampu menciptakan dan mendorong pelindungan kulit. Mereka tidak hanya mampu untuk memberikan kelembapan luar biasa, tetapi juga mengatasi seseorang yang menderita eksim atau psoriasis, sejenis penyakit kulit. Melansir dari Everyday Health, secara alami ceramide bisa meningkatkan tingkat kelembapan dan memperbaiki kulit kering serta pecah-pecah. Terlihat pada banyak produk skincare atau body care yang kini memasukkan ceramide ke dalam salah satu kandungannya. 

Vitamin E

Vitamin E adalah salah satu kandungan yang paling umum di pasaran. Sudah digunakan puluhan tahun dalam banyak produk kosmetik, termasuk lotion. Tak perlu diragukan lagi vitamin E menjadi bahan alami yang mampu membantu menjaga kelembapan kulit. Mereka merupakan antioksidan yang bertindak sebagai pelindung dari radikal bebas untuk mencegah datangnya dampak buruk akibat paparan sinar UV. Tidak hanya cocok untuk kulit kering saja, vitamin E juga multifungsi bisa mengatasi kamu dengan kulit sensitif yang sering kali mengelupas dan gatal akibat kekeringan. Sifat anti-inflamasinya yang alami pun ampuh untuk menenangkan kulit meradang. 

Nah, itu adalah beberapa kandungan yang cocok untuk memberikan hidrasi pada jenit kulit kering. Pastikan sebelum memilih produk lotion selalu baca di label kemasan bahan-bahan apa saja yang tertera di sana. Hindari pemakaian jika mengalami reaksi yang tidak normal, seperti rasa terbakar, gatal, hingga melepuh.

 

*Penulis: Balqis Dhia.

 

#Breaking Boundaries

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading