Sukses

Beauty

10 Tips Perawatan Wajah untuk Tangkis Berbagai Masalah Kulit pada Remaja

Fimela.com, Jakarta Perawatan wajah perlu dilakukan dan menjadi hal yang penting untuk setiap orang dari berbagai usia. Terlebih bagi kamu yang memiliki banyak aktivitas di luar ruangan, paparan sinar matahari akan sangat berbahaya untuk kulit sehingga dapat merusaknya. Tak hanya itu, debu dan kotoran yang dibiarkan tanpa dibersihkan akan membuat wajah menjadi kusam dan mulai menimbulkan permasalahan kulit wajah seperti jerawat, komedo, warna wajah yang tidak rata, dan lainnya.

Tak hanya itu, faktor usia juga akan membuat kulit semakin menua karena beberapa fungsinya sudah tidak dapat bekerja maksimal seperti saat muda sehingga biasanya kulit akan mulai menurun atau keriput. Maka dari itu, kulit wajah memerlukan kembali zat-zat yang dibutuhkannya untuk dapat kembali bekerja secara maksimal melalui perawatan kulit seperti penggunaan skincare atau masker hingga perawatan tertentu di klinik kecantikan.

Dengan hal tersebut, dapat dilihat perawatan wajah tidak hanya untuk kalangan usia tertentu, tetapi sebaiknya dilakukan setiap orang sejak usia muda supaya wajah tetap cerah, ternutrisi, dan terjaga. Memang terkadang beberapa orangtua menganggap bahwa memasuki usia tua tidak harus melakukan perawatan kulit, justru perawatan kulit pada usia-usia menua sangat dibutuhkan agar membuat wajah tetap terlihat kencang, ternutrisi, dan cerah.

 

 

Tips Perawatan Wajah untuk Remaja

Pentingnya dan banyaknya manfaat dari merawat wajah membuat setiap orang perlu melakukannya sejak usia muda. Namun, pastikan kamu melakukannya dengan benar. Dilansir dari stylecraze.com, terdapat beberapa tips untuk melakukan perawatan kulit bagi remaja:

  1. Mencuci wajah saat bangun dan akan tidur serta lakukan dengan halus supaya tidak mengiritasi kulit dan meningkatkan sekresi minyak
  2. .Melembapkan kulit dengan krim yang cocok dengan kulitmu.
  3. Jangan menggunakan bedak pada wajah saat kulit sedang berminyak karena dapat menyumbat pori-pori dan membuat kulit terlihat kusam. 
  4. Jangan menggunakan scrub karena dapat merusak kulit. 
  5. Mengonsumsi air yang banyak supaya kulit tetap terhidrasi dan bercahaya.
  6. Jauhkan tangan dari wajah karena dapat memindahkan bakteri dari tangan.
  7. Melakukan eksfoliasi sekali seminggu yang dibuat sendiri untuk mengangkat sel kulit mati.
  8. Menggunakan masker wajah setiap dua minggu sekali. Tentunya pastikan masker yang digunakan sesuai dengan kebutuhan kulit wajah.
  9. Merawat bibir dengan menggunakan produk perawatan bibir seperti lip balm.
  10. Jangan melewatkan untuk menggunakan sunscreen supaya wajah tetap terlindungi dari paparan sinar matahari.

Hal-Hal Penting yang Harus Diketahui Remaja Mengenai Rutinitas Perawatan Kulit

Sebelum melakukan perawatan kulit kamu perlu mengetahui beberapa hal penting yang perlu dilakukan supaya tidak salah dan memberikan hasil yang maksimal, diantaranya, dilansir dari timesnownews.com:

  • Pembersihan merupakan kuncinya. Membersihkan wajah saat bangun dan sebelum tidur merupakan hal wajib untuk dilakukan supaya menghilangkan kotoran pada wajah yang dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat. 
  • Pastikan kamu juga tetap melembapkan kulit dengan pelembap yang sesuai jenis kulit agar tetap terhidrasi dan lembap.
  • Sunscreen menjadi hal penting yang tidak boleh terlewatkan, terutama bagi kamu yang banyak menghabiskan waktu di bawah sinar matahar. Paparan sinar matahari sangat berbahaya dan dapat merusak kulit sehingga pastikan selalu menggunakan sunscreen pada wajah atau tubuh setidaknya dengan SPF 30 hingg 50 supaya dapat bekerja dengan baik dalam menjaga kulit. 

 

 

*Penulis: Fani Varensia

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading