Sukses

Beauty

5 Cara Mengecilkan dan Menyamarkan Pori-Pori Menurut Ahli Kecantikan

Fimela.com, Jakarta Banyak orang mengalami masalah kulit yaitu pori-pori besar. Tentunya hal ini mengganggu penampilan. Disamarkan dengan makeup pun rasanya tidak begitu ampuh. Melansir dari Byrdie, pori-pori wajah akan membesar bila terinfeksi atau tersumbat kotoran. Terutama disekitar hidung yang memiliki lebih banyak kelenjar minyak.

Meski pori-pori bermanfaat membuat kulit bernapas, ukuran yang terlalu besar pun akan menyebabkan masalah kulit lainnya. Pakar kecantikan menyarankan beberapa cara di bawah ini untuk menyamarkan pori-pori, bahkan membuatnya hampir tak terlihat lagi.

1. Rutin Eksfoliasi

Eksfoliasi penting untuk mengangkat kotoran yang mengendap pada pori-pori wajah. Cara terbaik adalah dengan meletakkan kain hangat pada wajah selama 5 menit sebelum mulai eksfoliasi. Cara ini akan membuat pori-pori terbuka dan lebih mudah dibersihkan. Lakukan gerakan memutar dengan lembut agar tidak melukai kulit. Fokuskan pada area yang bermasalah misalnya hidung dan pipi, lalu bilas dengan air hangat. Eksfoliasi kulit secara rutin sebanyak 2 kali dalam seminggu untuk menghempaskan kotoran. Dengan begitu, pori-pori akan mengecil secara alami.

2. Gunakan Pembersih Lembut

Untuk menenangkan kulit setelah aktivitas seharian, bersihkanlah wajah dengan pembersih yang lembut. Ahli menyarankan untuk mengoleskan pembersih wajah dengan tangan yang bersih lalu tutup dan diamkan dengan kain hangat selama beberapa menit. Setelahnya, bilas dengan air dingin. Cara ini akan membuat pori-pori terbuka dan kotoran terangkat maksimal. Membilas dengan air dingin akan mengecilkan pori-pori.

3. Menggunakan Pelembap

Menggunakan pelembap adalah langkah penting dalam perawatan kulit, termasuk untuk menyamarkan pori-pori. Gunakan pelembap non komedogenik secara rutin tiap pagi dan malam lalu iringi dengan pemakaian sunscreen. Sinar matahari dapat mengurangi elastisitas dan kolagen dan menyebabkan pori-pori membesar seiring waktu

4. Masker Wajah Sebagai Rutinitas

Jadikan menggunakan masker wajah sebagai rutinitas akhir pekanmu. Pilihlah produk yang fokus untuk membersihkan pori-pori. Kamu bisa pilih masker berupa bubuk, clay mask, atau sheet mask. Trik terbaik adalah dengan mengompres kulit wajah dengan kain hangat beberapa menit sebelum menggunakan masker.

5. Gunakan Retinol

Ingin cara lebih efektif dan efisien? Gunakan retinol topikal. Menggunakan riasan setiap hari akan membuat kotoran menyumbat di pori-pori, dan pengelupasan kulit dengan retinol akan mengatasi masalah tersebut. Retinol akan meningkatkan pergantian sel dan membuat tampilan kulit lebih halus.

Cara di atas bisa kamu terapkan dalam perawatan kulit sehari-hari. Pilihlah produk yang sesuai jenis kulitmu agar tidak menyebabkan efek samping.

Penulis: Mufiidaanaiilaa A.S

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading