Sukses

Beauty

Kesalahan Pakai Lipstik Matte yang Bikin Bibir Tampak Bergaris, Ini Kata MUA

Fimela.com, Jakarta Lipstik matte masih menjadi favorit para pecinta makeup. Terlebih, hasil akhir yang matte membuat lipstik menjadi lebih tahan lama di bibir.

Namun, tak dapat dipungkiri lipstik matte cenderung membuat bibir mereka kering dan pecah-pecah. Hal inilah yang nanti akan menyebabkan tampilan garis-garis di bibir terlihat semakin jelas.

Makeup Artist (MUA) Hendro Sudarta, mengungkapkan ada salah satu kebiasaan buruk yang sering dilakukan perempuan saat menggunakan lipstik matte yang pada akhirnya membuat bibir tampak bergaris.

“Semua perempuan, kalau pakai lipstik suka dikatup. Kuncinya sebenarnya di situ, kalau Anda pakai lipstik cuma dipulas lalu dia stay, itu udah bagus banget,” ujar Hendro saat ditemui Fimela di booth Revlon Mal Kota Kasablanka, Rabu (2/7/2023).

Sebab, menurut Hendro saat bibir dikatup-katupkan akan membuat lipstik yang menempel menjadi menggumpal di bibir.

“Pada saat dikatupkan itu (lipstik) mengumpul, itulah awal dari garis. Saya punya banyak klien dan teman nggak bisa dikasih tahu, tetap saja dikatupin. Padahal ini kebiasaan yang salah,” lanjut dia.

 

Kesalahan Pakai Lipstik Matte Lainnya

Selanjutnya, kebiasaan pakai lipstik matte yang harus dihindari adalah mengaplikasikan lipstik dengan cara menarik bibir. Cara ini, kata Hendro, bisa membuat garis-garis bibir terlihat lebih jelas.

“Sebab, saat ditarik dan dia pakai lipstik di bibir itu kan mengumpul. Jadi garisnya akan terlihat. Jadi biarkan saja, ikuti saja bentuk bibir,” jelas Hendro.

Jangan Lupakan Perawatan Bibir

Satu lagi, yang tak kalah penting diperhatikan adalah memperhatikan kondisi kelembapan bibir. Sebab, saat bibir terlalu kering dan pecah-pecah, maka potensi bibir tampak bergaris saat pakai lipstik matte akan semakin besar.

“Karena itu sebelum memakaikan lipstik ke klien, saya juga mengaplikasikan lip conditioner dulu, baru yang lainnya,” tutur Hendro

Berbeda dari lip balm yang mengandung zat lilin, petroleum jelly, shea butter, atau minyak kelapa. Lip conditioner yang berbasis emolien dapat menjaga kondisi bibir dan menguci kelembapan. Biasanya dirancang tidak hanya untuk melembabkan bibir tetapi juga untuk meningkatkan kesehatan dan penampilan secara keseluruhan. 

Lip conditioner bibir mungkin mengandung minyak alami, vitamin, antioksidan, dan bahan lain yang membantu memperbaiki dan menenangkan bibir yang kering, rusak, atau menua. Mereka juga dapat diformulasikan untuk memberikan hidrasi yang lebih tahan lama daripada lip balm.

“Kalau lip scrub itu digunakan di luar tahap sebelum makeup. Jadi digunakan sehari sebelum itu. Karena kadang kalau pakai lip scrub ada lapisan kulit yang terangkat, dan ada juga yang tidak. Itu yang pada akhirnya membuat lipstik menjadi tidak rapi,” tandas Hendro.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading