Sukses

Beauty

Lakukan 7 Kebiasaan Ini Untuk Atasi Breakout Pada Kulit Wajah

Fimela.com, Jakarta Sahabat Fimela mungkin pernah merasakan breakout, yaitu kondisi ketika kulit wajah berjerawat dan iritasi sehingga muncul kemerahan pada kulit wajah. Jerawat ini bisa timbul pada tempat yang banyak memiliki kelenjar minyak. Bakteri,minyak, dan sel kulit mati dapat bertumpuk di wajah sehingga membuat pori - pori tersumbat. Kondisi ini menyebabkan terjadinya pembengkakan, kemerahan, dan peradangan. 

Berdasarkan Healthline, penyebab dari breakout bisa berasal dari rutinitas atau kebiasaan yang tanpa kita sadari begitu berdampak pada kulit wajah. Mulai dari banyaknya pikiran hingga tubuh melepaskan hormon yang meningkatkan produksi minyak berlebih. Kemudian, produk skincare yang tidak cocok dengan kulit, terlalu sering menyentuh wajah secara langsung, dan dehidrasi pada kulit. Pola makan dan pola tidur yang terganggu juga turut berperan dalam tumbuhnya jerawat yang semakin memperparah keadaan kuit wajah. 

Namun, terdapat beberapa kebiasaan yang bisa dilakukan untuk dapat terhindar dari breakout yang bisa terjadi secara berkepanjangan, diantaranya sebagai berikut: 

1. Jangan lupa untuk rutin membersihkan wajah

Sebelum dan setelah beraktivitas seharian, begitu pentingnya untuk selalu membersihkan wajah agar minyak, noda, dan kotoran yang menempel dapat menghilang dalam sekejap. Dianjurkan untuk mencuci wajah dua kali sehari. Jika membersihkan wajah secara berlebihan, maka kulit akan terasa kering dan bisa memicu produksi minyak yang berlebih. Pilihlah pembersih yang lembut dan bebas sulfat untuk digunakan secara keseluruhan pada wajah. Tak lupa, oleskan moisturizer setelah membersihkan wajah supaya bisa mempertahankan kulit agar tetap lembab. Pastikan pelembab mengandung bahan yang aman untuk kulit, bebas pewangi, dan nonkomedogenik. 

2. Gunakan sunscreen

Paparan sinar matahari memiliki efek merusak kulit wajah dan memproduksi minyak secara berlebih. Oleh karenanya, penggunaan sunscreen berbahan nonkomedogenik bisa menjadi salah satu cara untuk mengatasinya. Dilansir dari colorescience, sunscreen bisa mengurangi paaran radikal bebas yang berkorelasi dengan jerawat dan tanda penuaan. Selain itu, sunscreen juga bisa membantu mengurangi kemerahan dan menyamarkan noda pada kulitmu. Pastikan agar sunscreen yang kamu gunakan setidaknya mengandung SPF 30, bebas minyak, dan sudah cocok dengan kulitmu supaya dapat menunjukkan hasil yang maksimal. 

3. Hindari terlalu sering menyentuh wajah

Tangan menjadi salah satu objek yang menyimpan begitu kuman yang dapat berpindah dari satu barang menuju ke barang lainnya. Maka dari itu, hindari untuk sering menyentuh wajah karena bakteri penyebab jerawat dapat dengan mudah berpindah menuju kulit, apalagi ketika kamu mencoba untuk menekan jerawat. Sebaiknya hindari kebiasaan tersebut. Berhati - hatilah dengan cara menjauhkan tangan dari wajah atau pastikan sudah mencuci tangan sebelum menyentuhnya. Kebiasaan kecil ini harus mulai kamu lakukan agar wajahmu bisa terjaga dari segala kotoran atau noda yang dapat memperburuk keadaan kulit. 

4. Mengurangi stress

Stres yang berlebih dapat meningkatkan peradangan pada kulit dan membuat tubuh memproduksi minyak. Mengendalikan diri dari stress bisa dilakukan dengan melakukan kegiatan lainnya supaya kondisi kulit tidak semakin parah. Kegiatan tersebut diantaranya dengan latihan fisik atau berolahraga, melakukan latihan pernapasan dalam, mencoba journalling, menghabiskan waktu di alam terbuka, meditasi, yoga, atau melakukan hobi yang bisa membuat kondisi tubuhmu menjadi rileks sejenak. Rutinitas ini juga perlu dilakukan supaya kamu tidak selalu memaksakan diri untuk terlalu banyak berpikir. Jerawat pun turut muncul sebagai bagian dari respons yang menandakan bahwa tubuhmu sedang tidak baik - baik saja. 

5. Rutin mengganti sarung bantal

Jangan lupa untuk rutin mengganti sarung bantal karena ketika kamu mengabaikan kebiasaan ini, segala noda, debu, keringat, dan minyak bisa menumpuk dalam serat kain tersebut. Setiap harinya, wajahmu akan bersentuhan dengan lapisan kain sehingga noda dapat menempel begitu saja. Pori - pori pada kulit wajah pun semakin tersumbat dan munculah jerawat. 

6. Tidur yang cukup

Tidur merupakan saat yang tepat bagi tubuh untuk memulihkan diri dan semua jenis sel pun sedang beregenerasi. Pola tidur yang buruk justru akan mendekatkan dirimu dari stres hingga akhirnya jerawat pun bertumbuh semakin banyak. Maka dari itu, usahakan untuk tidur selama 7 hingga 9 jam setiap malam. Cobalah untuk membuat kebiasaan untuk bangun dan tidur di jam yang sama supaya tubuh memiliki waktu istirahat yang lebih teratur dan terjaga dengan baik.

7. Hindari makanan yang bisa menimbulkan jerawat

Beberapa makanan ternyata juga bisa memicu timbulnya jerawat. Dilansir dari American Academy of Dermatology, beberapa makanan dengan indeks glikemik yang tinggi bisa meningkatkan risiko munculnya jerawat atau dapat memperparah jerawat. Contohnya yaitu makanan yang manis dan tinggi karbohidrat. Bukan hanya itu saja, melainkan produk susu juga bisa meningkatkan risiko kulit tumbuh jerawat. 

Setelah mengetahui kebiasaan di atas, sudah saatnya untuk kamu memperhatikan apa saja yang perlu dilakukan supaya tidak mengalami atau mengurangi breakout pada kulit wajah. Sederhana, bukan? Yuk, coba untuk lakukan dari sekarang. 

 

Penulis : Syifa Azzahra

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading