Sukses

Beauty

Rutinitas Makeup Ini Bisa Bikin Tampil Awet Muda Hingga 20 Tahun

Fimela.com, Jakarta Tampil dengan kulit yang awet muda tentu saja menjadi dambaan setiap wanita ketika sudah memasuki usia yang lebih dewasa. Perlu dipahami jika proses penuaan kulit tidak bisa dihindari melainkan bisa ditunda. Tentu dengan sederet perawatan dan trik makeup yang tepat. Sehingga bisa tampil lebih awet muda.

Anggapan soal tanda penuaan yang muncul dan dapat menurunkan pesona seseorang membuat sebagian besar perempuan takut mengalami penuaan. Kamu tidak perlu takut kehilangan pesona hanya karena munculnya tanda penuaan di kulit.

Jika perlu menyamarkan tanda penuaan kulit secepat mungkin, kamu hanya perlu mempelajari trik makeup yang tepat. Sehingga memberikan ilusi tertentu yang dapat memberikan tampilan yang lebih awet muda. Penasaran bagaimana caranya?

Definisi kecantikan awet muda

Dilansir melalui Keowee Aesthetic, istilah lain dari kecantikan awet muda adalah ageless beauty yang menjadi idaman untuk wanita saat ini. Ageless beauty juga berarti kecantikan tidak hanya terbatas pada perempuan muda tetapi juga bagi perempuan dewasa dan perempuan yang lanjut usia. 

Wanita yang memiliki kecantikan awet muda adalah wanita yang sehat secara fisik dan mental serta percaya diri dan memancarkan aura positif. Tipe wanita ini tidak akan takut untuk menua secara alami.  Kecantikan juga muncul tidak hanya pada luar diri tetapi juga tercermin dari dalam diri. 

Ada banyak sekali cara untuk memiliki kecantikan seiring bertambahnya usia. Selain dengan menggunakan make up kamu bisa melakukan olahraga, asupan makanan yang masuk dan diikuti dengan perawatan efektif dan menjaga kulit wajahmu. 

Tips untuk mengaplikasikan make up awet muda untuk perempuan lanjut usia

1 Persiapkan kulit dengan skincare sebelum aplikasikan make up 

Dilansir melalui British Vogue, Linter yaitu ahli make up membagikan pengalamannya. Rutin membersihkan, melembabkan serta mengangkat sel kulit mati pada kulit merupakan hal terpenting sebelum mengaplikasikan make up pada wajah. 

Skincare merupakan salah satu strategi penting untuk mendapatkan kulit sehat seiring bertambahnya usia. Sebelum memulai makeup, ada baiknya untuk menggunakan pelembab yang menghidrasi namun tidak berat di kulit wajah.Setelah memakai pelembab, gunakan primer yang dapat menyerap dengan cepat untuk mengatasi area yang memiliki garis halus dan bercak kering. 

Selain itu, pemilihan pelembab kulit juga sebaiknya disesuaikan kembali karena pelembab kulit yang berat di kulit wajah tidak cocok untuk wajah orang lansia. 

2 Berikan sentuhan hangat pada kulit dengan foundation 

Setelah melakukan persiapan pada kulit wajah, kamu bisa mengaplikasikan foundation pada wajah. Namun sebelum itu, ada perlunya kamu memilih shade foundation yang cocok. Umumnya, orang-orang akan memilih shade foundation yang sama dengan kulit asli, Akan tetapi, perempuan yang sudah lanjut usia disarankan untuk memilih shade foundation yang lebih hangat dari warna kulit. 

Alasan lainnya, penggunaan shade foundation yang sama persis dengan warna kulit dapat membuat penampilan terlihat semakin tua. Selain wajah, jangan lupa untuk blend foundation dengan menggunakan brush hingga ke bagian leher.

Setelah itu, gunakan bronzer di bawah tulang pipi, sisi hidung, dahi, dan bawah garis rahang untuk menambah sentuhan hangat pada wajah. Linter menambahkan bahwa ia menggunakan cara tersebut pada klien yang berusia 50 tahun ke atas karena dapat memberikan tampilan kulit yang cerah secara natural. 

3 Gunakan concealer untuk samarkan area kemerahan pada wajah 

“Keriput dan garis halus tidak bisa disamarkan dengan produk make up. Salah langkah dalam menutupi keriput justru akan membuatnya lebih menarik perhatian banyak orang. Oleh sebab itu, tak perlu memakai concealer secara berlebihan.” ujar Linter 

Gunakan concealer yang ringan dan mudah menyatu pada area wajah yang kemerahan atau hiperpigmentasi. Untuk menyembunyikan kantung mata, konsentrasikan concealer pada bagian bawah mata. 

Umumnya orang-orang memiliki bagian yang lebih gelap pada bawah mata daripada bagian garis wajah yang sering terlihat saat sedang tertawa. Concealer dapat menyamarkan kantung mata serta area kemerahan pada wajah. 

4 Penggunaan blush on pada wajah 

Setelah menggunakan concealer pada wajah pastikan penggunaan blush on pada wajah tidak lupa untuk kamu lakukan agar hasil make up awet muda nampak lebih maksimal. 

Linter kemudian menambahkan “Aku suka mengaplikasikan blush on pada bagian atas pipi dan baurkan ke bagian dalam.” Untuk jenis shade blush on yang digunakan, Linter memilih menggunakan warna muted rosy shade. “Aku sudah menggunakannya sejak 90-an.” ujar Linter kembali. 

Untuk hasil yang lebih maksimal, Linter akan aplikasikan bedak tabur dulu baru di finishing dengan cream blush. “Kadang-kadang langsung menggunakan cream blush saja sudah cukup.” kata Linter. 

5 Mainkan riasan pada mata 

Make up kecantikan awet muda dapat memberikan tampilan awet muda pada wajah. Salah satu teknik make up yang sering diterapkan untuk make up kecantikan awet muda sendiri adalah dengan memainkan riasan pada mata agar mata terlihat lebih besar. Untuk itu kamu dapat menggunakan maskara. Perhatikan maskara yang tepat karena ada formula maskara yang kurang cocok untuk perempuan yang lanjut usia. 

Sebelum memakai maskara, pastikan kamu telah menjepit bulu mata. Setelah mengaplikasikan maskara, kamu bisa menggunakan eyeliner untuk menambah kesan cantik. Mitos yang beredar di perempuan lanjut usia tidak cocok menggunakan eyeliner cokelat. “Itu hanyalah akal-akalan saja, tetapi kamu harus bisa memilih warna cokelat yang cocok karena warna cokelat yang kurang cocok berikan tampilan yang lelah.” ujar Linter. 

Selain menggunakan warna cokelat, penggunaan eyeliner warna hitam juga dapat digunakan untuk perempuan lanjut usia agar berikan kesan mata yang besar. Selain mengaplikasikan eyeliner, penggunaan eyeshadow juga bisa digunakan. “Tentu saja semua orang dapat menggunakannya!” tambah Linter. 

6 Pancarkan alis yang natural  

Untuk bagian alis kamu harus fokus untuk tetap mempertahankan kesan natural pada alis. “Kamu ingin mempertahankan alismu, daripada mencabutnya lebih baik lakukan trimming.” ujar Linter. 

Selain itu ia juga merekomendasikan untuk menambahkan serum alis dan serum untuk bulu alis agar mengembalikan alis yang tipis dan rapuh terutama untuk perempuan dengan usia lanjut. 

Linter juga menambahkan untuk menggunakan pensil alis untuk menciptakan bentuk alis yang maksimal pada makeup di wajah dan bagian kosong yang mungkin belum diaplikasikan. 

7 Berikan tampilan halus pada bibir  

“Seiring bertambahnya usia, bentuk bibir bisa menjadi tidak simetris atau tidak seimbang.” ujar Linter. Untuk mengatasi hal tersebut kamu bisa gunakan lip pencil namun pastikan shade pada lip pencil memiliki formula yang cocok. “Karena kamu ingin tampilan halus yang menyatu dengan kulit, pilihlah lip pencil yang baik.” 

Untuk menciptakan kesan simetris, gunakan lip pencil dengan empat sapuan yang terpisah. Dimulai dari masing-masing empat sudut bibir luar dan menggambar ke arah cupid bow serta ke tengah bibir bawah.

Setelah mengaplikasikan lip pencil, kamu juga dapat menggunakan  lipstick dengan cara yang sama, kemudian gunakan kuas untuk meratakan bagian tepi agar terlihat lebih lembut. “Nah, sentuhan akhir ini terlihat sangat baik.” Ujar Linter. 

 

 

Penulis: Tisha Sekar Aji 

Hashtag: #Timeless 

 

 

 

 

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading