Sukses

Beauty

5 Manfaat Utama Kandungan Ceramide dalam Produk Skincare, Cocok untuk Kulit Kering

Fimela.com, Jakarta Setiap melihat produk skincare terbaru, Sahabat Fimela pasti pernah mengamati sejumlah bahan yang tertera secara jelas di dalam produk. Mulai dari niacinamide, AHA, BHA, retinol, vitamin C, hyaluronic acid, hingga ceramide. Kandungan ini penting untuk ditinjau secara lebih jauh supaya tidak menimbulkan efek negatif bagi kulit. Apalagi, tidak semua produk akan cocok dengan jenis kulit tiap orang. 

Ceramide menjadi salah satu dari sekian banyak kandungan yang sering ditemukan dalam produk skincare. Misalnya yaitu serum, pelembab, cleanser, dan toner.  Bahan ini semakin populer untuk digunakan dan dicari banyak orang. Tingkat kelembaban yang tinggi membuat kandungan ini cocok untuk digunakan bagi kamu yang memiliki kulit kering. Lantas, apa sih ceramide itu dan bagaimana kegunaannya untuk kesehatan kulit?

Kenal Lebih Jauh dengan Ceramide

Diketahui dari WebMD, ceramide adalah lemak atau lipid (molekul lemak) yang dapat ditemukan di dalam sel-sel kulit. Ceramide dapat membentuk 30% hingga 40% dari lapisan kulit terluar atau epidermis. Ceramide ini berperan dalam menjaga skin barrier sehingga dapat mencegah bakteri, polusi, dan racun dari luar.

Secara alami, ceramide bisa membuat kulit untuk tetap lembab. Namun, sejalan dengan bertambahnya usia, kandungan ini akan semakin berkurang. Dengan begitu, kulit pun dapat mengalami dehidrasi sehingga terasa kering dan dapat muncul sejumlah masalah, seperti iritasi.

Meskipun dapat ditemukan di dalam kulit, bahan ini akan selalu dibutuhkan supaya kulit tetap sehat dan terawat. Ditambah lagi, ceramide dapat mengurangi kerutan dan melindungi kulit dari jerawat. 

Manfaat dari Ceramide

Merangkum dari beberapa sumber, ceramide memiliki banyak manfaat untuk kesehatan kulit wajah, diantaranya:

Berperan Penting dalam Meningkatkan Hidrasi Kulit

Seperti yang disinggung sebelumnya, ceramide memiliki fungsi penting dalam mengunci kelembaban pada kulit. Bahan ini dapat membuat kulit terasa lembut, halus, dan kenyal. Kulit dapat terhindar dari peradangan dan juga kerutan. Tampilan kulit pun akan terasa lebih baik secara keseluruhan. 

Menjaga Skin Barrier

Skin Barrier merupakan lapisan kulit terluar yang berperan untuk melindungi kulit dan dapat berfungsi penghalang dari kotoran, noda, dan jamur. Maka dari itu, untuk mencegah adanya kerusakan berlebih, penggunaan ceramide dalam produk skincare begitu penting. Dengan mengoleskan produk skincare berbahan ini, kamu bisa menjaga kulit agar tidak mudah rusak dan terasa halus.

Mengurangi Tanda Penuaan

Dilansir dari Medical News Today, bertambahnya usia bisa menyebabkan kulit kehilangan protein struktural, seperti kolagen, elastin, dan keratin. Hal ini bisa membuat kulit menjadi menipis sehingga tanda-tanda penuaan akan terlihat, seperti keriput, garis-garis, dan kulit yang kendur. 

Kulit yang terhidrasi juga membantu untuk meminimalisir munculnya garis halus dan kerutan saat kulit terasa kering. Krim ceramide bisa menjadi solusi untuk merangsang produksi keratinosit yang membuat keratin. Dengan peningkatan keratin, maka tanda penuaan pun dapat berkurang. 

Melindungi dari Paparan Sinar Matahari

Pelembab dan sunscreen berbahan dasar ceramide bisa melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV yang berlebihan. Produk skincare dengan kandungan ini juga bisa meningkatkan hidrasi kulit, membantu dalam pergantian sel, mengurangi kemerahan, dan hiperpigmentasi.

Mencegah Kulit dari Breakout

Saat seseorang sedang berjerawat, maka obat jerawat yang digunakan dapat mencegah produksi minyak yang berlebihan. Produk ini dapat membuat kulit menjadi kering. Ceramide dapat digunakan sebagai bahan untuk membuat kulit terhindar dari iritasi. Lebih lanjut lagi, kandungan ini bisa mencegah terjadinya breakout pada wajah. 

Kandungan ceramide ternyata memiliki banyak kegunaan, terutama dalam memperbaiki skin barriermu. Oleh karenanya, bahan ini bisa ditemukan dalam produk moisturizer sebagai salah satu tahapan basic skincare. Dengan merawat kulit secara konsisten, Sahabat Fimela bisa mendapatkah hasil kulit yang lebih baik. Tidak lupa, selalu perhatikan kandungan sesuai dengan kebutuhan. Hentikan penggunaan apabila produk tidak cocok dengan kondisi kulitmu. 

 

Penulis : Syifa Azzahra

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading