Sukses

Beauty

7 Tips Menjaga Kulit agar Tetap Sehat dan Terawat saat Cuaca Panas

Fimela.com, Jakarta Cuaca panas secara langsung telah menjadi ancaman nyata yang dapat merusak kondisi kulit. Akan terasa tidak nyaman apabila kulit terus menerus terkena sinar UV secara berlebihan, apalagi dengan banyaknya aktivitas di luar ruangan. Mau tidak mau, kulit menerima begitu banyak pancaran sinar matahari sehingga muncul berbagai masalah.

Kulit akan mengalami dehidrasi sehingga kehilangan kelembaban dan terasa kering. Belum lagi kulit terasa terbakar dan munculnya produksi minyak yang berlebihan. Namun, Sahabat Fimela tidak perlu khawatir karena dengan menerapkan tips-tips berikut, maka kamu tetap bisa menjaga kesehatan kulit, walau harus berhadapan dengan cuaca panas

1. Pastikan untuk Rutin Melakukan Double Cleansing

Cuaca yang panas dapat meningkatkan penumpukan minyak dan zat-zat lainnya. Pori-pori kulit pun akan tersumbat sehingga jerawat bisa datang secara tiba-tiba. Membersihkan wajah di pagi dan malam hari menjadi tahapan yang begitu penting dan tidak boleh dilewatkan. Kulit akan terasa segar dan juga bersih ketika riasan dan kotoran telah terangkat secara menyeluruh.

Untuk hasil yang lebih baik, Sahabat Fimela bisa melakukan double cleansing dengan pembersih berbahan dasar minyak supaya dapat menghempaskan sisa make up dan kotoran. Kemudian, dilanjutkan dengan membersihkan kulit dan pori-pori. Dianjurkan untuk memilih pembersih hypoallergenic dengan bahan yang tepat dan cocok untuk kulitmu.

Pembersih berbahan niacinimide juga dapat digunakan untuk angkat minyak berlebih dan membuat wajah tampak segar. Opsi lainnya, kamu juga bisa memilih cleanser berbahan salicylic acid untuk angkat sel kulit mati dan menjaga pori-pori agar tetap bersih.

 

2. Jangan Lupa untuk Selalu Menggunakan Sunscreen

Sunscreen dan cuaca panas seakan-akan menjadi kesatuan yang tidak bisa dipisahkan. Sunscreen memainkan peran yang begitu penting ketika suhu sedang panas dan cuaca yang begitu terik. Kulit yang terpapar sinar matahari akan meningkatkan risiko kanker kulit dan penuaan dini. Mengoleskan sunscreen dengan SPF 30 atau lebih tinggi menjadi kewajiban yang harus dilakukan secara rutin. Tidak hanya untuk kulit wajah, tetapi juga pada kulit tubuh.

Jika Sahabat Fimela pergi ke luar rumah atau bahkan hanya melakukan aktivitas di dalam ruangan saja, usahakan untuk re-apply sunscreen sesering mungkin. Manfaatnya pasti akan lebih terasa apabila kamu melakukannya scara konsisten.

3. Penting untuk Kulit agar Selalu Terhidrasi

Teriknya panas matahari akan membuat tubuh mengeluarkan keringat yang berlebih. Ditambah lagi, kulit yang kering dan kusam dapat memperparah kondisi kulit wajah. Perawatan kulit lainnya saat cuaca panas yang perlu diperhatikan adalah menjaga kulit agar tetap terhidrasi.

Di pagi atau malam hari kamu dapat menggunakan pelembab berbahan dasar air yang ringan, bebas minyak, dan nonkomedogenik supaya kulit dapat menyerap dengan cepat dan melembabkan dalam waktu yang relatif lama. Salah satu bahan ringan yang dapat digunakan yaitu hyaluronic acid untuk mengunci kelembaban. 

Jangan lupa untuk selalu minum banyak air dan makan makanan yang kaya air seperti buah dan sayuran. Selain itu, gunakan serum pelembab atau facial mist sebagai tambahan untuk rangkaian skincare sehari-hari supaya mendapatkan kesegaran yang lebih maksimal. 

4. Gunakan Produk Berbahan Vitamin C

Selain dengan penggunaan sunscreen, terdapat produk lainnya yang dapat menyaring kulit dari sinar UV. Produk yang mengandung vitamin C dapat berkontribusi untuk menciptakan kulit yang sehat alami dan bercahaya. Vitamin C dapat dijadikan sebagai antioksidan yang sangat baik bagi kulit, terutama dalam melawan efek asap, polusi, dan paparan sinar matahari secara langsung. Dilansir dari laman healthshots, vitamin ini juga dapat mendorong produksi kolagen dan elastin, serta menghambat melanin yang dapat mengurangi tampilan hiperpigmentasi dan warna kulit yang tidak merata. 

5. Hindari Terlalu Banyak Menggunakan Makeup

Make up yang tebal tidak bisa bekerja sama dengan cuaca yang panas. Penggunaan make up ini justru dapat menyumbat pori-pori sehingga membuat keringat dan minyak tertahan. Hal ini bisa menyebabkan terjadinya penumpukan bakteri yang berujung pada iritasi dan berisiko pada timbulnya jerawat. 

Saat cuaca yang terik dan panas, usahakan untuk membiarkan kulit bisa tetap bernafas dengan cara meminimalisir penggunaan makeup. Sahabat Fimela bisa memilih produk yang lebih ringan atau mengandung SPF agar tidak merusak lapisan kulit secara lebih mendalam. 

6. Gunakan Masker Wajah

Masker wajah akan membantu dalam menenangkan dan menghaluskan kulit. Saat kulit terkena panas dan kehilangan kelembabannya sepanjang hari, sudah saatnya kamu menggunakan masker setelah membersihkan wajah. Rutinitas ini dapat dilakukan untuk menghilangkan minyak dan residu yang tidak diinginkan, apalagi masker wajah juga dapat mempertahankan kelembaban dan memberikan kesegaran untuk kulit. 

7. Oleskan Krim Malam

Dikutip dari healthshots, waktu terbaik untuk menyembuhkan kulit dan memperbaiki diri yaitu di malam hari. Pada waktu malam, proses regenerasi sel akan berlangsung dengan cepat. Oleh sebab itu, sangat penting untuk memilih krim malam yang sesuai dengan kulitmu. 

Krim ini akan membantu dalam menutrisi, meningkatkan elastisitas alami kulit, dan meningkatkan siklus perbaikan kulit di malam hari. Saat terbangun, kulit pun akan terasa segar, halus, dan cerah secara alami.

Melalui tips-tips berikut, semoga Sahabat Fimela bisa terhindar dari kerusakan kulit akibat teriknya panas matahari. Cuaca memang tidak bisa dihindari lagi, tetapi kamu bisa mulai untuk mencegah efek dari cuaca tersebut dimula dari diri sendiri. 

Semoga informasi ini bermanfaat.

 

Penulis : Syifa Azzahra

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading