Sukses

Beauty

Rambut Sehat dan Menawan, Hindari 4 Hal ini untuk Merawat Rambutmu

Fimela.com, Jakarta Rambut adalah mahkota Alami yang dimiliki oleh setiap orang yang digunakan setiap harinya. Memiliki rambut yang sehat dan menawan bukanlah suatu hal yang mudah untuk dijaga. Apalagi kebanyakan orang terkadang merasa bosan dan ingin melakukan berbagai macam eksperimen ke rambutnya. Dimana hal tersebut dapat menimbulkan kerusakan pada rambut.  

Bukan hanya karena eksperimental diri sendiri, pada dasarnya rambut sering sekali terpapar dengan berbagai macam bakteri dan kotoran akibat polusi udara, serta rambut juga bagian pertama yang akan terpapar dengan sinar UV. Contohnya, Jika rambut kita sering terpapar dengan polusi maka akan menyebabkan berbagai macam kerusakan seperti mengurangi kadar keratin pada rambut, rambut akan mudah patah, dan terlihat kusam. 

“Saat rambut menjadi sangat lemah dan rapuh. Mereka pastinya akan mudah patah atau rentan terhadap kerusakan apalagi akibat dari Pewarnaan, sinar UV, paparan cuaca dan lain lain,” ujar Amy Stollmeyer salah satu penata rambut dan pendiri DESAIGNME, mengutip dari  Newbeauty.com. 

Namun, Faktanya bukan hanya karena paparan polusi, sinar UV, dan lain-lain yang dapat membuat rambut rusak. Akan tetapi ada beberapa kebiasaan yang bisa membuatmu rambutmu cepat rusak. Maka dari itu berikut adalah lima hal yang harus kamu ketahui untuk mendapatkan rambut sehat dan mempesona.

 

 

Tidak Mendapatkan Perlindungan

Semua orang tahu bahwa rambut akan lebih cepat rusak jika sering terpapar dengan panas. Salah satunya adalah ketika rambut terlalu sering terpapar dengan alat styling rambut seperti catokan dan hair dryer. Jika rambut keseringan terpapar oleh suhu panas, rambutmu Akan mudah Bercabang, rusak, dan juga kering. Maka dari itu sangat disarankan untuk mendapatkan atau memberikan produk yang dapat melindungi rambutmu, seperti serum rambut, hair mask, dan lain-lain.

 

 

Kebanyakan Cuci Rambut

Dilansir oleh Lofficielusa.com, Terlalu sering juga tidak akan memberikan dampak yang baik untuk kulit kepala kita. Karena untuk menjaga rambut tetap sehat diperlukannya minyak alami yang langsung datang dari kepala. Maka dari itu banyak sekali ahli dermatologi khususnya di rambut Kan untuk mencuci rambut setidaknya 2 sampai 3 kali sehari.

Saat kamu mencuci rambutku rambutmu akan terlihat kering dan tidak sehat. Jika kamu tidak mencuci rambut dalam waktu yang lama juga akan memberikan dampak yang buruk untuk rambut dan kulit kepala kita, seperti penumpukan kotoran, debu, minyak, dan kerontokan rambut. Bukan hanya itu penumpukan minyak pada kulit kepala kita akan memperlambat tumbuhnya rambut. Maka dari itu sekiranya untuk tidak terlalu lama dan terlalu sering untuk mencuci rambutmu. 

Aad.org juga ada menyarankan untuk tidak menggunakan air panas untuk membilas rambut. Memang pada dasarnya semua orang sangat menyukai mandi air panas. Akan tetapi rambut kita tidak. Mandi Air panas atau uap dari air panas dapat membuang minyak esensial yang dibutuhkan oleh kulit kepala. Lofficielusa.com menyarankan untuk menggunakan air hangat khususnya saat kita keramas karena air hangat dapat membuka kantung folikel rambut dengan perlahan dan dapat membersihkan kantung minyak secara sendirinya. Disarankan juga untuk menggunakan air dingin saat cuci rambut ada folikel rambut dapat tertutup kembali guna menghindari iritasi.

 

 

Menyisir Rambut dalam Keadaan Basah

Ketika kamu menyisir rambut dalam keadaan basah, rambutmu akan jauh lebih rentan dan mudah patah khususnya saat setelah mandi. Hal ini dikarenakan rambut yang basah masih memiliki tingkat keelastisitas yang tinggi. Aad.org Menyarankan untuk menunggu hingga rambutmu hampir kering atau benar benar kering sebelum kamu menyisir. Sebagai alternatif, kamu disarankan untuk menyisir rambutmu secara berhati-hati dengan menggunakan sisir yang memiliki jarak yang jauh.

Selalu berhati-hati saat menyisir dan hindari untuk menyisir rambut dari akarnya. Intinya lebih disarankan untuk tidak mengisi rambut dalam keadaan basah karena dapat membuat rambut menjadi mudah rontok dan menyebabkan kerusakan lainnya.

 

 

Terlalu Sering Ikat Rambut

Memang benar mengikat rambut dapat membuat diri kita terlihat berbeda dari hari-hari biasa. Akan tetapi mengikat rambut terlalu sering juga tidak akan memberikan dampak yang baik untuk kesehatan rambut kita. 

Apalagi gaya ikatan rambutnya kamu ikat dengan sangat terik seperti rambut Bella Hadid, Jojo Siwa, dan Selena Gomez. Mengikat rambut dengan sangat terik dapat membuat hairline kamu menjadi terlihat jelek. Hal ini dikarenakan adanya tarikan di rambut kamu yang lama kelamaan akan menggeser hairline kamu secara perlahan. 

Bukannya tidak boleh mengikat rambut, aad.org menyarankan orang-orang untuk tidak mengikat rambutmu terlalu kencang, jangan gunakan karet rambut, dan usahakan untuk mengurai rambutmu.

Penulis: FIMELA Sherly Julia Halim

 

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading