Sukses

Beauty

5 Manfaat Kandungan Mugwort dalam Produk Skincare untuk Kesehatan Kulit Wajah

Fimela.com, Jakarta Tren produk skincare akan selalu berkembang dan dapat menarik perhatian dari berbagai kalangan. Contohnya seperti para muda-mudi yang mudah terpikat dengan produk skincare terbaru dan tidak mau ketinggalan untuk mencobanya. Ditambah lagi dengan adanya beragam review menarik di sosial media membuat produk skincare dapat dengan mudah memikat para konsumennya.

Skincare telah menjadi salah satu kebutuhan utama yang harus dipenuhi oleh tiap perempuan. Perawatan diri pun menjadi rutinitas penting yang perlu dilakukan agar kulit wajah tetap terlihat bersih, bercahaya, dan awet muda. Oleh karenanya, agar bisa mendapatkan hasil yang diinginkan, kamu perlu untuk memperhatikan kandungan skincare yang dapat disesuaikan dengan jenis kulit dan tujuan penggunaan. 

Sahabat Fimela mungkin pernah mendengar beberapa kandungan skincare yang tengah naik daun, contohnya seperti niacinamide, retinol, dan vitamin C. Namun, terdapat salah satu kandungan yang cukup populer digunakan oleh brand skincare, yaitu mugwort. Banyak brand lokal telah memasukkan kandungan ini dalam produk-produk mereka, seperti masker, pembersih wajah, toner, dan serum. 

Ingin tahu lebih lanjut apa itu kandungan mugwort dan manfaatnya untuk kulit wajah? Yuk, langsung cek penjelasannya di bawah ini!

 

Apa Itu Kandungan Mugwort?

Mugwort atau yang dikenal sebagai tanaman Artemisia Vulgaris merupakan salah satu bahan alami yang banyak digunakan dalam produk kecantikan Korea. Bahan ini termasuk ke dalam bahan tradisional yang telah diturunkan dari generasi ke generasi karena memliki banyak khasiat untuk perawatan kulit wajah. Tanaman ini juga dapat ditemukan di negara belahan bumi utara karena memiliki daya tahan yang kuat dan tingkat pertumbuhannya yang cepat.

Di Korea, mugwort telah digunakan untuk berbagai tujuan, seperti untuk pengobatan tradisional hingga kuliner hidangan Korea. Dilansir dari very well health, akar, daun, batang, dan bunga tanaman mugwort semuanya dapat digunakan dalam pengobatan tradisional. Oleh karenanya, tanaman ini juga dapat dikonsumsi untuk menambah nafsu makan, mengatur pergerakan usus, dan meningkatkan kesehatan pencernaan. 

Sebagai bahan alami yang kaya akan antioksidan, mugwort memainkan peranan penting dalam melindungi kulit dan mengatasi segala permasalahan pada kulit wajah. Selain itu, mugwort juga telah terbukti secara klinis memiliki sifat antibakteri dan anti-inflamasi sehingga sangat bermanfaat untuk kesehatan kulit.

Berikut untuk sejumlah manfaat yang bisa didapatkan dari kandungan mugwort dalam produk skincare yang perlu kamu ketahui:

Manfaat Kandungan Mugwort dalam Produk Skincare

1. Membantu Merawat Kulit Sensitif 

Kandungan mugwort dapat membantu untuk menenangkan kulit yang iritasi dan mengurangi peradangan. Produk skincare ini menjadi produk yang ideal untuk digunakan pada kulit yang berjerawat dan sensitif. Selain itu, bahan ini mengandung senyawa yang dapat bekerja dalam mempercepat penyembuhan dengan cara merangsang pertumbuhan sel-sel kulit yang baru.

2. Mengatasi Kulit Kering

Selain dapat digunakan pada kulit sensitif, mugwort juga secara efektif dapat digunakan untuk kulit kering. Vitamin E yang terkandung di dalam mugwort tidak hanya dapat mengurangi kemerahan, tetapi juga membantu mengatasi kulit kering. Mugwort dapat mempertahankan kelembaban pada kulit dan mencegah terjadinya dehidrasi. 

3. Membunuh Bakteri secara Alami

Mugwort memiliki sifat antibakteri yang dapat bekerja di dalam pori-pori untuk membersihkan bakteri dan minyak berlebih. Dengan begitu, bahan herbal ini dapat mengatasi dan menyembuhkan jerawat. Bahan ini dapat melawan bakteri-bakteri yang bisa menyebabkan jerawat dan memperburuk kesehatan kulit wajah. 

4. Mencegah Penuaan Dini

Kandungan mugwort juga sangat baik digunakan pada kulit orang dewasa. Hal ini disebabkan karena bahan ini dapat berperan sebagai antioksidan yang dapat mengurangi efek dari paparan sinar UV yang berlebihan. Skincare berbahan mugwort juga dapat berfungsi dalam mengurangi munculnya garis-garis halus, kerutan, dan membuat kulit menjadi lebih lembut. 

5. Mencegah Peradangan

Sebagai sumber vitamin E dan vitamin C, mugwort dapat membantu untuk melindungi sel-sel dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas, polusi, dan paparan sinar matahari. Radikal bebas merupakan molekul tidak stabil yang dapat menyebabkan stres oksidatif. Hal semacam ini dapat menyebabkan peradangan dan sejumlah masalah mengenai kondisi kulit lainnya. Antioksidan juga dapat menyingkirkan sel kulit mati yang dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat. 

Manfaat-manfaat berikut bisa didapatkan apabila Sahabat Fimela telah menggunakan produk skincare berbahan mugwort. Hasil yang optimal akan dirasakan apabila kamu menggunakannya secara rutin dan teratur.

Sebelum menggunakannya, akan lebih baik untuk mencoba sedikit terlebih dahulu dan memperhatikan reaksi kulit terhadap produk skincare tersebut. Jika sudah cocok, maka kamu pun bisa melanjutkannya dan menggunakannya sebagai bagian dari perawatan kulit sehari-hari. Selalu jaga kesehatan kulit dengan memperhatikan kandungan skincare yang sesuai dengan kondisi kulitmu

 

Penulis: Syifa Azzahra. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading