Sukses

Beauty

Tips Membersihkan Spons dan Puff Makeup yang Tepat Agar Terhindar dari Masalah Kulit

Fimela.com, Jakarta Kulit yang bersih dan segar adalah sebuah aset yang berharga. Akan tetapi, menjaganya agar selalu bersih bukanlah hal yang mudah, apalagi untuk para perempuan. Salah satu faktor terbesarnya adalah dari peralatan makeup yang sering perempuan gunakan untuk merias wajahnya. Beberapa keluhan yang sering perempuan rasakan adalah muka yang mudah berjerawat dan kusam.

Beberapa faktor yang menyebab, permasalahan kulit ini terjadi adalah karena bakteri-bakteri yang menempel di peralatan makeup. Apalagi terkadang peralatan makeup ini sering sekali berpindah wajah khususnya saat sekelompok perempuan sedang bersiap-siap untuk pergi ke sebuah acara. Permasalahan yang bisa dikategorikan kecil adalah pori-pori yang membesar, sedangkan permasalahan yang besar adalah terpapar infeksi kulit jenis staph. Infeksi ini dapat menyebabkan kelumpuhan di kaki maupun tangan. Maka dari itu, para perempuan disarankan untuk selalu rajin dan membersihkan peralatan makeup dengan rutin, serta menyeluruh.

Selain brush makeup, ada beberapa peralatan makeup yang kebersihannya harus tetap diperhatikan karena alat bantu makeup ini dapat menyerap berbagai macam bakteri, kotoran, debu, dan lain-lain paling banyak di kulit seseorang, yaitu spons, serta puff makeup. Bahkan jika tidak dibersihkan dengan baik, kedua alat tersebut dapat tumbuh jamur dan dapat menjadi sarang bakteri yang berbahaya.

Melihat permasalahan ini, Sahabat FIMELA harus lebih memperhatikan dan pandai dalam membersihkan spons makeup. Maka dari itu, berikut adalah cara tepat dan terbaik dalam membersihkan puff dan spons makeup.

 

 

Cara Membersihkan Puff Makeup

Christinahello.com merekomendasikan cara yang tepat untuk membersihkan puff makeup, berikut adalah caranya,

  1. Basahkan puff makeup dengan menggunakan air mengalir,
  2. Tambahkan sabun,
  3. Setelah sabun di taruh di puff, urut-urut dan gesek puff secara perlahan menggunakan kuku yang bersih, 
  4. Lakukan gerakan itu sampai puff terlihat bersih dan kotoran makeup keluar,
  5. Bilas dengan air mengalir sampai bersih, kemudian keringkan dengan cara memeras sampai air terkuras habis.

Cara Membersihkan Spons

Pertama-tama siapkan cairan pembersih, seperti sabun cuci piring, sabun khusus spons makeup, dan sabun batangan atau cair. Jika sudah memiliki ini, pastikan untuk mengikuti 3 cara dasar ini.

  1. Basahkan Spons dengan Merata, dengan air mengalir, pegang makeup spons ke arah aliran tersebut. Secara perlahan, pijat-pijat sampai air sekiranya masuk ke dalam seluruh permukaan spons. Pijat-pijat terus.
  2. Peras Spons dengan air mengalir, jika sudah dan kamu merasa air sudah menutupi seluruh bagian spons, tambahkan sabun yang sudah kamu siapkan. Kemudian pijat-pijat sampai sabun menyerap ke seluruh bagian. Jika sudah, alirkan air  ke spons mengalir dan peras-peras sampai sabun hilang. Misalnya bekas foundation keluar dan warna dari spons kembali ke tampang normal berarti kamu telah lakukan dengan benar. Peras-peras hingga tidak ada sabun di spons. 
  3. Peras atau keringkan, setelah itu keringkan menggunakan handuk kering bersih. Sebelumnya peras terlebih dahulu sampai semua cairan keluar. 

 

Penulis: FIMELA Sherly Julia Halim.

 

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading