Sukses

Beauty

Waspada! Ini Efek Samping Layering Body Lotion yang Perlu Diketahui

Fimela.com, Jakarta Sahabat Fimela suka menggunakan dua jenis body lotion atau lebih secara bersamaan? Hal tersebut dinamakan layering body lotion. Layering body lotion atau menggunakan beberapa jenis body lotion secara bersamaan sebenarnya sah-sah saja.

Pada dasarnya, body lotion berfungsi menahan lapisan air di permukaan kulit agar tisak menguap. Dengan begitu, kulit menjadi tidak kering dan kelembapan kulit akan tetap terjaga. Beberapa merek body lotion menambahkan bahan aktif dalam komposisinya, seperti menambahkan bahan aktif yang dapat mencerahkan warna kulit atau mengatasi hiperpigmentasi.

Layering body lotion bisa jadi lebih bermanfaat bagi kulit, lho. Dilansir dari Mybeautifulflaws.com, jika digunakan dengan tepat, manfaat menggunakan dua jenis body lotion secara bersamaan akan lebih terlihat. Misalnya, ketika menggunakan dua jenis body lotion secara bersamaan, Sahabat Fimela bisa menciptakan wangi yang unik. Selain itu, layering body lotion juga bisa memaksimalkan kinerja bahan aktif yang terkandung dalam body lotion tersebut, sehingga efeknya akan lebih cepat terlihat pada kulit. Namun, penting untuk memperhatikan komposisi bahan aktif pada body lotion yang akan digunakan seacra bersamaan.

Layering body lotion jika tidak dilakukan dengan tepat, akan akan menimbulkan efek samping. Pastikan untuk tidak mencampurkan beberapa body lotion yang memiliki kandungan bahan aktif tertentu. Ada bebera bahan aktif yang jika digunakan secara bersamaan malah tidak akan bekerja secara maksimal. Hal ini tentunya akan sia-sia. Selain itu, Sahabat Fimela juga perlu berhati-hati akan reaksi yang ditimbulkan dari layering body lotion yang mengandung beberapa bahan aktif. Mencampurkan beberapa bahan aktif yang salah bisa menyebabkan iritasi pada kulit.

Misalnya, Sahabat Fimela ingin layering body lotion yang mengandung glycolic acid dan lactic acid. Kedua bahan aktif tersbut memiliki tujuan yang sama dalam formulasinya, keduanya sama-sama alpha-hydroxy acids, yang mana berfungsi untuk mengeksfoliasi kulit. Jika menggunakan dua bahan aktif tersebut secara bersamaan, artinya Sahabat Fimela melakukan eksfoliasi dua kali. Akhirnya malah kulit menjadi over eksfoliasi, yang kemungkinan kulit iritasi, deh.

Cara layering body lotion yang tepat

Sahabat Fimela, pastikan bahan-bahan dari body lotion yang akan di-layering tidak mengandung bahan aktif tertentu yang berbahaya jika dicampur, ya. Menggunakan dua body lotion atau lebih pada kulit harus dilakukan secara tepat. Jika tidak, manfaat dari body lotion tersebut tidak akan bekerja dengan maksimal.

Cara yang tepat untuk layering body lotion adalah dengan mengoleskan body lotion pertama, lalu tunggu hingga meresap ke kulit. Selanjutnya, barulah oleskan body lotion kedua sampai meresap ke kulit dan begitu seterusnya. Tidak disarankan untuk mencampur kedua (atau lebih) body lotion langsung sebelum diaplikasikan ke kulit. Hal tersebut dapat merusak formulasi body lotion. 

Kulit lebih lembap dengan tekink slugging body lotion

Teknik slugging adalah tren K-beauty yang sempat ramai diperbincangkan. Dilansir dari Threebs.com, teknik slugging merupakan teknik layering body lotion dengan mengaplikasikan produk berbasis petroleum sebagai lapisan akhirnya. Teknik ini biasanya diterapkan pada malam hari agar body lotion dapat menyerap secara maksimal semalaman. Kemudian, barulah dicuci keesokan paginya.

Petroleum jelly ini adalah suatu bahan yang bisa meredakan kulit yang iritasi dan mempercepat penyembuhan luka, dan juga bisa jadi penghalang perlindungan untuk kulit. Petroleum jelly dalam teknik slugging ini berfungsi untuk membantu penyerapan bahan aktif pada body lotion dan melindungi body lotion agar tidak hilang saat terkena sprei atau selimut semalaman.

Bagaimana Sahabat Fimela, tertarik untuk mencoba teknik slugging dalam layering body lotion?

 

Penulis: Denisa Aulia

#BreakingBoundaries

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading