Sukses

Beauty

Puncak Teriknya Sinar Matahari Belum Berakhir, Waspada dengan Tanda Sunscreen Tidak Bekerja dengan Maksimal di Kulit

Fimela.com, Jakarta Sahabat Fimela pasti setuju dong kalau belakangan ini banyak daerah di Indonesia yang mengalami gelombang panas. Yup, cuaca panas ekstrem dengan sinar matahari yang terasa semakin terik tersebut jelas jadi tantangan, terutama saat harus menjalani berbagai kegiatan sepanjang hari.

Bagi yang memiliki banyak aktivitas di luar rumah, memberikan perlindungan yang maksimal pada kesehatan kulit jadi hal yang sangat penting. Selain bisa memicu kondisi belang, paparan sinar UV juga bisa memberikan efek kerusakan jaringan kulit. Inilah yang membuat sunscreen jadi produk kecantikan yang nggak boleh dilewatkan penggunaannya.

Namun, kalau sudah menggunakan sunscreen secara rutin, wajib waspada juga dengan tanda-tanda jika produk tersebut nggak bekerja dengan baik. Yuk, saatnya kenali dengan baik agar bisa memberikan perlindungan secara menyeluruh!

Sunscreen yang Dipakai Malah Luntur

Berperan untuk melindungi kulit dari paparan radiasi sinar UV, penting banget memperhatikan apakah sunscreen yang kamu pakai luntur atau tidak. Pastinya sudah jelas kalau luntur tidak bisa memberikan perlindungan yang dibutuhkan.

Setiap produk memiliki tekstur yang berbeda. Tapi, pastikan sunscreen yang kamu pakai bisa menyerap ke dalam kulit dan memberikan proteksi yang dibutuhkan. Nah, biasanya sunscreen jadi mudah luntur jika usia produk sudah terlalu lama, sehingga menimbulkan perubahan tekstur jadi lebih cair. Hal ini juga bisa menjadi tanda kalau kualitasnya sudah menurun!

Wajah Jadi Mengalami Alergi

Perhatikan juga efek samping setelah menggunakan produk sunscreen tertentu. Apakah ada tanda alergi pada wajah? Jika ada, artinya produk tersebut nggak cocok digunakan. Sebaiknya jangan teruskan pemakaian karena bisa berakibat berbagai masalah lain yang lebih parah.

Hal ini bisa disebabkan beberapa kandungan di dalam produk yang terlalu keras dan berbahaya, misalnya saja retinyl palmitate, dan methylisothiazolinone. Beberapa kandungan itu dinilai bisa memicu reaksi tidak nyaman dan kemerahan. Selain itu, ada juga efek samping yang memicu pada sistem hormon. So, pastikan perhatikan bagian yang satu ini!

Memunculkan Lebih Banyak Masalah Wajah

Jika kamu  memperhatikan ada lebih banyak masalah wajah yang terjadi selama menggunakan produk sunscreen, bisa jadi hal tersebut juga reaksi kulit yang sebenarnya tidak cocok Jadi, penting banget utuk memperhatikan masalah yang satu ini supaya bisa segera memberikan penanganan yang tepat.

Permasalahan kulit yang bisa mengintai ada banyak. Mulai dari jerawat, komedo, hingga kulit berminyak secara berlebihan yang mengganggu penampilan. Jika mengalami berbagai masalah tersebut, sebaiknya mulai pertimbangkan untuk menggunakan sunscreen lain.

Kulit Terasa Terbakar

Sudah menggunakan sunscreen sesuai aturan yaitu sebanyak 2 ruas jari. Bahkan, menggunakan ulang setiap 2 jam sekali. Tapi kok kulit masih terasa terbakar ya? Kalau ini yang terjadi, bisa jadi tanda sunscreen tidak bekerja dengan baik.

Fungsi utama sunscreen adalah melindungi kulit dari paparan langsung sinar matahari. Jika masih bisa merasakan kulit panas dan terbakar, artinya produk tersebut nggak bisa melindungi kulit dengan maksimal.

So, nggak perlu menunggu waktu lebih lama untuk mengganti sunscreen jika tanda-tanda di atas sudah kamu alami semua. Saatnya lebih selektif lagi dalam memilih sunscreen. Perhatikan kadar SPF yang diperlukan untuk melindungi kulit maksimal, tekstur yang menyerap dengan baik supaya tidak mudah luntur, dan formula menenangkan yang bisa membuat kulit tetap adem saat beraktivitas di cuaca gerah sekalipun. Jangan sampai salah pilih ya!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading