Sukses

Beauty

3 Tips Perawatan untuk Mengencangkan Wajah agar Tetap Awet Muda

Fimela.com, Jakarta Siapa yang tidak ingin memiliki kulit yang sehat, kencang, dan bercahaya? Setiap orang tentunya menginginkan hal tersebut. Namun, seiring bertambahnya usia, elastisitas kulit ikut menurun. Hal ini menyebabkan kulit terlihat kendur dan keriput. Kondisi ini wajar terjadi, tetapi kita bisa meminimalisirnya dengan perawatan kulit yang rutin.

Ada beberapa faktor yang menjadikan kulit kendur dan keriput. Dilansir dari Healthline.com, kolagen adalah protein yang paling banyak ditemukan dalam tubuh yang berperan untuk menjaga elastisitas kulit. Sebenarnya, tubuh kita dapat memproduksi kolagen secara alami. Namun, seiring bertambahnya usia, produksi kolagen akan menurun.

Penurunan produksi kolagen tersebut dapat menyebabkan kulit kurang elastis dan keriput mulai terlihat. Selain penurunan kolagen, kadar lemak alami dalam lapisan kulit yang lebih dalam juga menurun seiring berjalannya usia. Nah, penurunan ini meninggalkan ruang kosong di bawah lapisan kulit, yang dapat menyebabkan kulit mengendur di area yang sebelumnya kencang.

Selain faktor usia, gaya hidup juga berpengaruh pada elastisitas kulit, lho. Dilansir dari Pharmeasy.in, merokok, mengonsumsi alkohol, dibarengi dengan pola makan yang buruk membuat kulit akan terlihat keriput dan kendur. Selain itu, paparan polusi udara dan sinar UV dari matahari secara langsung juga dapat memengaruhi elastisitas kulit.

Nah untuk mencegah masalah tersebut, berikut adalah tips perawatan untuk mengencangkan wajah yang bisa dilakukan di rumah, yang dilansir dari Healthline.com. Simak informasinya baik-baik, ya!

Menggunakan produk skincare yang mengandung retinol dan antioksidan

Berbicara tentang perawatan kulit, tentunya tidak bisa lepas dari produk skincare yang dapat digunakan langsung pada kulit. Jika Sahabat Fimela ingin mencegah kulit kendur, gunakanlah produk skincare yang mengandung bahan aktif retinol, peptide, atau tretinoin. Bahan-bahan tersebut dapat merangsang produksi kolagen dalam kulit, sehingga efektif untuk mengencangkan kulit.

Selain itu, disarankan juga untuk menggunakan produk skincare yang mengandung antioksidan, seperti vitamin C, B, dan E. Bahan-bahan tersebut bekerja untuk meningkatkan daya tahan kulit terhadap stres oksidatif dan efektif mencegah keriput. Selain itu, skincare antioksidan juga dapat mengurangi kemerahan dan peradangan, sehingga membuat kulit jadi lebih sehat.

Penting juga untuk menggunakan moisturizer dan sunscreen secara rutin, ya Sahabat Fimela. Moisturizer membantu menjaga kelembapan pada kulit. Sementara itu, sunscreen bekerja untuk melindungi kulit dari paparan sinar UV matahari.

Mengonsumsi suplemen kolagen

Seperti yang sudah dijelaskan tadi, produksi kolagen akan menurun seiring bertambahnya usia. Maka dari itu, mengonsumsi suplemen kolagen dapat membantu mencegah kulit kendur. Disarankan untuk mengonsumsi suplemen kolagen tripeptide supaya kulit tetap kencang seiring bertambahnya usia. Sebelum mengonsumsi suplemen ini, penting untuk berkonsultasi dengaan dokter atau profesional kesehatan terlebih dahulu.

Minum air putih yang cukup

Agar kulit tetap kencang, tubuh perlu terhidrasi dengan baik. Kulit yang terhidrasi dengan baik cenderung memiliki penampilan yang lebih segar dan kencang. Maka dari itu, Sahabat Fimela perlu meminum air putih yang cukup apabila ingin mengencangkan kulit wajah. Jika Sahabat Fimela sering dehidrasi, kulit akan terlihat kering, kusam, dan keriput.

 

Penulis: Denisa Aulia.

#BreakingBoundaries

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading