Sukses

Beauty

4 Tips Mencerahkan Bibir Secara Alami yang Mudah Dilakukan di Rumah

Fimela.com, Jakarta Siapa yang tidak ingin mempunyai bibir cerah alami? Memiliki bibir yang cerah merupakan keinginan setiap orang, terutama perempuan. Bibir yang cerah bisa menjadi kanvas yang bagus untuk pewarna bibir.

Sayangnya, tidak semua orang memiliki bibir cerah. Beberapa dari kita mempunya bibir yang gelap. Bibir yang gelap adalah akibat dari hiperpigmentasi yang terjadi karena genetik atau gaya hidup sehari-hari.

Dilansir dari Healthline.com, hiperpigmentasi pada bibir bisa terjadi karena kelebihan melanin pada kulit. Selain itu, bibir yang gelap bisa dipicu dari paparan sinar matahari secara langsung, kurangnya hidrasi, merokok, reaksi alergi terhadap pasta gigi, lipstik, dan sejenisnya, konsumsi kafein yang berlebihan, serta kebiasaan mengisap bibir. Beberapa kondisi kesehatan seperti kemoterapi, anemia, kekurangan vitamin, dan penggunaan fluoride yang berlebihan juga dapat membuat bibir menjadi lebih gelap.

Kebanyakan dari penyebab tersebut bisa diatasi dengan perubahan gaya hidup yang lebih baik, seperti menggunakan tabir surya, membatasi konsumsi kafein, atau mengganti merk pasta gigi. Jika Sahabat Fimela menginginkan bibir yang cerah, pergi ke klinik kecantikan dan berkonsultasi dengan dokter yang berpengalaman. Akan tetapi, jika Sahabat Fimela tidak sempat untuk pergi ke klinik, mencerahkan bibir juga bisa dilakukan sendiri di rumah. Nah, berikut adalah cara mencerahkan bibir secara alami dengan mudah.

Scrub Lemon dan Gula

Lemon dan gula adalah bahan alami yang bisa digunakan untuk mencerahkan bibir. Asam sitrat dari lemon dapat membantu mencerahkan bibir yang gelap, sedangkan gula dapat membantu mengangkat sel-sel kulit mati pada bibir.

Sebelum tidur, Sahabat Fimela bisa mengiris lemon, lalu mencelupkannya dengan gula. Kemudian, usap bibirmu menggunakan irisan lemon tersebut. Setelah itu, bilas dengan air hangat pada keesokan paginya.

Masker Jeruk Nipis

Selain jeruk lemon, jeruk nipis juga dapat digunakan untuk mencerahkan bibir. Berikut adalah cara membuat masker jeruk nipis untuk mencerahkan bibir yang dilansir dari Bebeautiful.in. Campurkan bahan-bahan ini dalam wadah:

  • 1 1/2 sdt perasan jeruk nipis
  • 1 sdt madu
  • 1 sdt gliserin

Oleskan campuran tersebut dengan lembut ke bibir sebelum tidur. Selanjutnya, Sahabat Fimela bisa membilas bibir keesokan paginya.

Campuran Madu dan Air Mawar

Cara lain untuk mencerahkan bibir secara alami dengan mudah adalah menggunakan campuran air mawar dan madu. Dilansir dari Healthline.com, Sahabat Fimela bisa mencampurkan dua tetes air mawar dengan enam tetes madu. Kemudian, oleskan campuran tersebut ke bibir tiga hingga empat kali sehari. Sahabat Fimela juga dapat menggunakannya sebagai masker sebelum tidur di malam hari.

Masker Jus Timun

Sahabat Fimela, ternyata timun juga bisa digunakan untuk membuat bibir gelap menajdi cerah, lho. Caranya adalah dengan memblender timun, lalu masukan jus timun tersebut ke dalam kulkas. Setelah jus sudah dingin, celupkan kapas ke dalamnya dan gunakan kapas tersebut untuk mengoleskannya dengan lembut ke bibirmu. Diamkan selama 30 menit pada bibir, lalu bilas dengan air dingin setelahnya.

 

Penulis: Denisa Aulia.

#BreakingBoundaries

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading