Sukses

Beauty

Perempuan Usia 25 Sampai 29 Tahun Merapat, Ketahuilah Cara Mencegah Penuaan Dini

Fimela.com, Jakarta Penuaan ternyata tidak memandang usia dan menjadi permasalahan khususnya untuk perempuan di atas 25 tahun hingga menuju kepala tiga. Sama seperti usia, kulit semakin lama akan semakin berubah. Bisa jadi lebih kering dan kusam terutama pada warnanya. Kerutan mungkin mulai terbentuk pada sekitar mata dan mulut, dan protein khususnya kolagen dan elastin yang berfungsi untuk struktur kulit, mengencangkan dan juga elastisitas pada kulit juga akan melemah. 

Penyebab penuaan ini memang terjadi secara alami karena bertambahnya usia, namun untuk generasi sekarang yang dekat sekali dengan perubahan gaya hidup bisa jadi faktor utama. Tidak hanya itu saja, pengaruh cuaca yang akhir-akhir tidak teratur juga dapat menjadi penyebab mengapa tanda-tanda penuaan dini muncul. 

Untuk membantu melindungi kulit dan membuat kulit makin sehat serta bernutrisi, Rachel Nazarian MD seorang dermatologis dari Schweiger Dermatology Group merekomendasikan tips-tips untuk melindungi kulit agar dapat mengurangi dampak dari penuaan dini. Informasi dari health ini bisa kamu cermati. 

1) Hindari kerusakan area sekitar mata dengan eye cream

Area bawah mata mulai menunjukkan tanda-tanda penuaan pada usia akhir 20 tahunan dan awal 30an. Maka dari itu hindari kerusakan area sekitar mata dengan eye cream yang tepat. Kamu bisa aplikasikan setiap hari untuk meminimalisir kulit gelap, mengurangi kerutan, serta menutrisi kulit yang semakin sensitif. 

2) Sunscreen harus digunakan

Lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali. Menggunakan sunscreen harus lebih rutin meskipun tidak dalam musim panas sekalipun. Menggunakan sunscreen dapat melindungi kulit dari sinar UVB dan UVA. Sunscreen yang kamu gunakan harus mengandung SPF setidaknya 30 yang telah sesuai dengan standar dari American Academy of Dermatology Association. Sunscreen ini tidak hanya membantumu untuk membuat kulit menjadi lebih awet muda, dengan kandungannya kamu akan terlindungi dari radikal bebas dan mengurangi penuaan pada kulit. Sebaiknya kamu gunakan sunscreen 15-30 menit sebelum kamu pergi lalu reapply setiap 2 jam sekali berdasarkan saran dari National Institute of Aging. 

3) Stay hydrate dengan minum air putih 

Tetap terjaga baik dalam dan luar dengan minum banyak air putih dan menggunakan pelembab untuk kulit secara rutin. Air dapat membuat kulit menjadi lebih sehat yang tentunya lebih elastis serta semakin plumpness yang akan membuat kulitmu makin berkilau. Jika kamu tidak memiliki cairan dalam tubuh yang cukup, kulit akan menjadi lebih kering. 

4) Eksfoliasi kulit dengan bahan yang mengandung glycolic dan salicylic

Sel-sel kulit mati dapat menjadi masalah dan membuat kulit semakin kusam, apalagi ketika kulit menua dan memperjelas kerutan yang muncul. Dengan bertambahnya usia, proses pergantian kulit juga akan semakin melambat. Maka dari itu cobalah kamu eksfoliasi kulit dengan bahan yang mengandung glycolic dan salicylic yang dapat mengangkat sel-sel kulit. Namun pastikan untuk menggunakannya sesuai dengan petunjuk untuk meminimalisir dampak yang ditimbulkan. 

5) Berolahraga secara rutin

Berbagai penelitian menunjukkan dengan berolahraga setidaknya beberapa kali dalam waktu seminggu dapat melindungi kulit. Sebuah studi yang diterbitkan tahun 2015 menunjukkan bagaimana kulit bagian dalam dan luar terlihat lebih muda pada sejumlah volunteer yang rutin melakukan olahraga dan dibandingkan dengan sebagian volunteer yang tidak rutin berolahraga. Itu berarti menunjukkan dengan berolahraga dapat membuat kulit menjadi sehat dan lebih muda.

6) Kurangi asupan gula dan alkohol

Kandungan berlebih pada gula dan alkohol akan meningkatkan inflamasi pada kulit dan juga kondisi seperti rosacea. Menurut National Rosacea Society, sebaiknya kamu kurangi asupan gula dan alkohol serta ganti dengan makanan dan minuman kaya antioksidan dan lemak sehat yang dapat meningkatkan kesehatan kulit seperti salmon, buah delima, dan teh hijau. 

 

Penulis: Tisha Sekar Aji

Hashtag: #Timeless

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading