Sukses

Beauty

5 Cara untuk Mengatasi Jerawat yang Meradang

Fimela.com, Jakarta Jerawat seakan sudah menjadi musuh utama yang dapat menyerang kulit wajah tiap orang. Belum lagi ketika jerawat sudah meradang, kondisi ini akan cenderung terasa menyakitkan dan menimbulkan rasa yang tidak nyaman pada wajah. Dilansir dari Healthline, jerawat yang meradang dapat terlihat dari munculnya pembengkakan, nanah, dan benjolan kemerahan. Secara umum, penyebab dari peradangan ini yaitu karena adanya penyumbatan pori-pori oleh sel kulit mati, minyak, dan bakteri. 

Peradangan pada jerawat akan diawali dengan penyumbatan pori-pori. Sel kulit mati dan sebum yang semakin menumpuk di dalam pori-pori dapat mengundang bakteri yang disebut sebagai Propionibacterium acnes. Supaya jerawat dapat hilang dan semakin membaik, maka diperlukan beberapa usaha untuk mengatasi jerawat yang meradang. Mengacu pada beberapa sumber, berikut untuk uraiannya:

 

1. Mencuci Wajah secara Teratur

Membersihkan wajah memainkan peran yang begitu penting dalam mencegah jerawat. Bersihkan wajah secara teratur sebanyak 2 kali sehari di pagi dan malam hari. Apalagi ketika selesai berolahraga dan berkeringat, kotoran perlu untuk dihilangkan dalam sekejap. Setelah menghapus makeup, kamu juga perlu untuk mencuci wajah hingga benar-benar bersih.

Gunakan pembersih berbahan dasar gel yang lembut dan cocok dengan tipe kulitmu. Melalui rutinitas sederhana ini, sebum, kotoran, dan sel kulit mati dapat hilang sehingga tidak menyumbat pori-pori.

2. Perhatikan Produk Makeup yang Cocok dengan Kulit

Penggunaan makeup sehari-hari juga dapat menyebabkan penyumbatan pada pori-pori. Sebaiknya, pilih produk makeup yang bebas minyak dan nonkomedogenik. Hal ini dilakukan agar tidak memperburuk jerawat. Selain itu, pastikan untuk selalu membersihkan aplikator makeup secara teratur untuk menghilangkan bakteri. Jangan sampai lupa untuk menghapus makeup sebelum mencuci wajah di malam hari.

3. Hindari untuk Memencet Jerawat

Memencet atau menekan jerawat bisa mendorong sel kulit mati, nanah, atau bakteri. Hal ini bisa menyebabkan peradangan menjadi semakin meluas dan menimbulkan rasa sakit. Memang akan terasa gatal apabila kulit sedang berjerawat. Namun, hindari untuk menyentuhnya dengan tangan karena bisa menyebarkan bakteri dan merusak pori-pori. Dengan begitu, kulit wajah akan memerlukan proses yang lebih lama untuk bisa sembuh dan pulih kembali. 

4. Perhatikan Penggunaan Produk Skincare

Beberapa perawatan jerawat bisa membuat kulit menjadi lebih sensitif terhadap sinar matahari. Maka, gunakan beberapa produk skincare, seperti sunscreen yang berlabel nonkomedogenik dan pelembap bebas minyak. Hindari produk yang mengandung alkohol, wewangian, atau bahan yang keras karena bisa berdampak pada kulit yang iritasi dan memperparah peradangan. 

Diketahui dari Healthline, terdapat tiga bahan utama yang bisa digunakan untuk perawatan kulit. Bahan tersebut diantaranya benzoyl peroxide, salicylic acid, dan sulfur. Cara ini bisa diterapkan dengan menambahkan pembersih yang mengandung salicylic acid dan benzoyl peroxide ke dalam perawatan sehari-harimu. Namun, perlu diingat lagi apabila tidak adanya perubahan secara signifikan, akan lebih baik untuk berkonsultasi dengan dokter untuk perawatan lebih lanjut. 

 

5. Bersihkan Rambut secara Rutin

Diketahui dari laman Everyday Health, ternyata rambut juga bisa berpengaruh pada munculnya jerawat pada kulit wajah. Rambut yang berminyak dan sering mengenai wajah bisa menyebabkan timbulnya jerawat. Bersihkan rambut setiap hari supaya menghindari minyak yang berlebih dari dahi dan wajah. Begitu juga dengan hair spray, gel, atau produk rambut yang bisa terkena wajah. Gunakan produk-produk tersebut secara hati-hati supaya tidak secara langsung dapat berdampak pada kulit. 

Sekian cara-cara yang bisa diterapkan dalam mengatasi jerawat yang meradang. Semoga informasi ini bisa bermanfaat bagi Sahabat Fimela, terutama untuk mencegah permasalahan kulit yang bisa muncul karena berbagai faktor. Jaga kesehatan kulit dengan memperbaiki kebiasaan dan konsisten dalam merawat kulit supaya bisa mendapatkan hasil yang baik. 

 

Penulis: Syifa Azzahra

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading