Sukses

Beauty

Penyebab Jerawat Pipi Pada Perempuan Usia 25 Tahun ke Atas

Fimela.com, Jakarta Jerawat bisa muncul di mana saja, tapi harus diketahui bahwa setiap jerawat yang muncul bisa jadi pertanda adanya sebuah masalah lain dalam tubuh. Yang paling umum, mungkin adalah jerawat di pipi.

Sebuah studi tahun 2015 yang melibatkan 92 dermatologi klinis menemukan 200% peningkatan jumlah orang dewasa yang datang mencari pengobatan masalah jerawat di pipi. Polusi dan stres adalah masalah umum penyebab timbulnya jerawat, tapi, tentu ada sumber masalah lain yang lebih mendasar.

Dokter Jonquille Chantrey, sebagaimana dikutip dari situs Womenshealthmag mengatakan, penyebab utama timbulnya jerawat di pipi pada perempuan berusia 25 tahun ke atas adalah hormon.

Hormon itu sendiri bisa berantakan dan menyebabkan timbulnya jerawat karena beberapa hal. Simak lebih lanjut penjelasannya di bawah ini, ya!

Penyebab Jerawat Hormon

Pil kontrasepsi

Mengonsumsi pil kontrasepsi bisa mengatasi permasalahan jerawat karena hormon yang tidak seimbang, namun saat pil tersebut sudah tidak dikonsumsi lagi; hormon bisa kembali berantakan seperti sedia kala.

Menstruasi

Sedang berasa di fase produktif secara biologis/seksual juga membuat hormon seringkali naik turun, yang sudah pasti adalah di masa-masa menjelang menstruasi. Dua minggu sebelum menstruasi tubuh akan melepaskan estrogren dan progesterone untuk mempersiapkan kehamilan.

Di masa ini breakout mungkin terjadi karena ketika hormon dilepaskan menstumulasi kelenjar minyak untuk memproduksi lebih banyak sebum.

Cara Mencegah Jerawat Hormon

Karena hormon merupakan internal, maka mengatasinya dari dalam adalah solusi yang bijak. Konsumsi makanan yang bisa berkontribusi mengontrol hormon sekaligus membuat kulit kembali sehat.

Makanan yang bisa diandalkan untuk mengatasi masalah hormon antara sayuran hijau seperti bayam, brokoli, kale; makanan yang kaya zinc seperti kacang-kacangan; makanan yang mengandung betakaroten seperti buah dan sayuran berwarna kuning/oranye, juga probiotik seperti yang terdapat dalam yogurt.

Simak juga video berikut:

#GrowFearless with FIMELA

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading