Sukses

Beauty

14 Cara Melembutkan Rambut Kasar, Rusak, Kaku secara Alami dan Permanen

Fimela.com, Jakarta Rambut yang sehat menjadi idaman setiap perempuan. Rambut sehat dan berkilau perlu dirawat dengan ketelatenan serta memperhatikan nutrisi yang diperlukan rambut.

Sayangnya sinar matahari, polusi, dan perawatan salon bisa membuat rambutmu kehilangan kelembapannya dan yang tersisa justru rambut yang tidak sehat. Oleh karena itu, berikan nutrisi tambahan bagi rambut dengan mengaplikasikan kondisioner secara rutin.

Nah, sekarang kondisioner tidak hanya tersedia dalam bentuk kondisioner bilas saja. Telah hadir terobosan dari PANTENE berupa  kondisioner tanpa bilas yaitu PANTENE Perfec+ On. Formula di dalamnya mengandung kekuatan 20 vitamin yang  dapat membantu menutrisi rambut dan menjadikannya terasa lebih lembut dan mudah diatur sepanjang hari. Selain itu, bentuknya yang mungil dan stylish juga memungkinkan kamu untuk membawanya ke mana saja dan kapan saja untuk menjadi icon OOTD. Dapatkan di sini untuk melengkapi penampilan sempurnamu dengan PANTENE PErfec+ On!

Cara Melembutkan Rambut secara Alami dan Permanen

Ada berbagai hal yang dapat membuat rambut tidak lagi terasa lembut, baik faktor lingkungan maupun penggunaan bahan elektronik pada rambut. Berikut kami bagikan cara melembutkan rambut secara alami dan permanen.

Seledri

Seledri menjadi bahan alami yang bisa digunakan sebagai cara melembutkan rambut secara alami dan permanen, karena mengandung banyak nutrisi yang diperlukan rambut.

Siapkan sekitar 100 gram seledri yang telah dicuci bersih, kemudian rebus seluruh bagian daun sampai mendidih. Saring dan pisahkan air rebusan sampai menjadi dingin, lalu tambahkan satu sendok makan cuka. Ratakan air rebusan ke seluruh bagian rambut, diamkan sampai mengering, lalu bilas dengan air bersih.

Madu

Salah satu cara melembutkan rambut secara alami dan permanen yakni dengan menggunakan madu. Langkah awal yang perlu dilakukan yakni dengan mencuci rambut, barulah oleskan madu ke seluruh bagian rambut. Diamkan beberapa saat, lalu bilas dengan air hangat sampai bersih.

Minyak zaitun

Kandungan vitamin E dalam minyak zaitun berperan penting untuk menjaga rambut tetap sehat. Cara melembutkan rambut secara alami dan permanen cukup dengan mengoleskan minyak zaitun ke seluruh permukaan rambut dari pangkal hingga ujungnya.

Diamkan selama 10 menit, lalu cuci rambut dengan sampo hingga bersih.

Cuka dan Minyak gandum

Salah satu cara melembutkan rambut secara alami dan permanen yakni menggunakan kombinasi cuka dan minyak gandum. Langkah awal yang perlu dilakukan yakni dengan mencuci bersih rambut dengan sampo.

Campurkan 100ml cuka apel dengan satu sendok makan minyak gandum, lalu oleskan campuran tersebut ke permukaan rambut yang masih agak basah. Diamkan kira-kira 10 menit agar meresap, lalu bilas dengan air bersih.

Cara Melembutkan Rambut Kasar

Rambut kasar adalah kondisi rambut kering dan tidak memiliki kelembapan sama sekali. Berikut kami bagikan tips cara melembutkan rambut kasar.

Pisang

Kandungan vitamin dalam pisang bisa digunakan menjadi cara melembutkan rambut yang kasar. Cukup dengan menghaluskan daging buah pisang, lalu membalurkannya pada seluruh permukaan rambut.

Diamkan kira-kira 15 menit, lalu bilas dengan menggunakan air bersih.

Minyak kelapa

Cara melembutkan rambut kasar bisa juga dengan menggunakan minyak kelapa. Cukup dengan mengusapkan minyak kelapa dari pangkal sampai ujung rambut, lakukan pijatan perlahan dan diamkan kira-kira 15 menit.

Setelah itu cuci dengan sampo sampai bersih. Lakukan secara rutin untuk menjaga kelembapan dan sebagai cara melembutkan rambut.

Yogurt dan Telur

Kombinasi antara yogurt dan telur memiliki banyak manfaat bagi kesehatan rambut, salah satunya bisa dijadikan sebagai cara melembutkan rambut kasar.

Campurkan 1 butir telur dan 6 sendok makan yogurt, lalu campurkan sampai merata. Oleskan campuran tersebut ke seluruh permukaan rambut, lalu bungkus rambut dengan handuk dan diamkan selama 10 menit. Selanjutnya bilas rambut dengan air hangat sampai bersih.

Pepaya

Pepaya mengandung vitamin A dan C yang bermanfaat sebagai cara melembutkan rambut kasar. Bahan yang perlu disiapkan yakni 1/2 gelas pepaya matang dan 1/4 gelas yogurt tawar.

Campurkan kedua bahan tersebut sampai menyerupai masker, lalu aplikasikan pada rambut keseluruhan. Gunakan shower cap untuk menutupi kepala, diamkan sekitar 30 menit, lalu bilas dengan air dingin.

Cara Melembutkan Rambut Rusak

Rambut yang rusak terjadi karena faktor metabolisme, stres, hormonal, maupun berbagai kebiasaan buruk. Berikut adalah rekomendasi cara melembutkan rambut rusak.

Kemiri

Kemiri tidak hanya bermanfaat menghitamkan dan menebalkan rambut, namun juga bisa menjadi cara melembutkan rambut rusak. Cara yang perlu dilakukan yakni dengan mengoleskan minyak kemiri pada seluruh bagian rambut sembari melakukan pijatan ringan.

Diamkan beberapa menit, lalu bilas dengan air bersih.

Avokad

Avokad mengandung asam amino dan protein yang bermanfaat untuk mengatasi rambut kering dan rusak. Cara melembutkan rambut rusak menggunakan avokad yakni dengan menumbuknya sampai tidak menggumpal, lalu campurkan dengan minyak kelapa.

Oleskan pada batang dan ujung rambut, diamkan sekitar 30 menit, lalu bilas dengan air bersih.

Mayonaisse

Kandungan minyak nabati dan protein dalam mayonaisse dapat digunakan untuk melembutkan rambut. Cara melembutkan rambut rusak menggunakan mayonaisse cukup mudah.

Cukup dengan membasahi rambut, kemudian oleskan mayonaisse dari kulit kepala sampai ujung rambut. Pijat lembut, lalu diamkan sekitar 20 menit sebelum dibilas dengan air bersih.

Cara Melembutkan Rambut Kaku

Bergonta-ganti gaya rambut serta sering menggunakan peralatan salon tanpa perawatan khusus, bisa membuat rambutmu menjadi rusak. Berikut kami berikan tips cara melembutkan rambut kaki bagimu.

Minyak jarak

Minyak jarak menjadi salah satu bahan alami yang bisa digunakan sebagai cara melembutkan rambut kaku. Yang perlu dilakukan yakni dengan memanaskan 100ml minyak jarak, lalu usapkan ke seluruh bagian rambut sambil memberikan sedikit pijatan.

Rapikan rambut dan bungkus menggunakan handuk hangat. Diamkan selama 30 menit, lalu cuci dengan sampo dan bilas sampai bersih.

Lidah buaya

Kandungan nutrisi dalam lidah buaya tidak hanya menyuburkan rambut, namun bisa juga digunakan menjadi cara melembutkan rambut kaku. Pilihlah satu buah daun lidah buaya, utamakan bagian yang sudah tua.

Pisahkan daging dan kulit luarnya, kemudian tumbuk daging lidah buaya agar semakin mengeluarkan getah. Usapkan hasil tumbukan ke seluruh bagian rambut, lalu diamkan minimal 30 menit. Kemudian cuci bersih rambut menggunakan sampo.

Jeruk nipis

Kandungan vitamin C dalam jeruk nipis bisa menjadi salah satu cara melembutkan rambut kaku, bahkan membuat rambut tampak berkilau. Siapkan 2-3 buah jeruk nipis, kemudian peras dan tambahkan 500-100 ml air ke dalam perasan jeruk nipis.

Gunakan air tersebut setelah keramas, diamkan beberapa saat, lalu bilas dengan air bersih.

 

Tidak perlu kuatir jika rambutmu mulai kasar, rusak dan kaku. Cukup praktikkan beberapa tips tersebut dan rambutmu akan lembut kembali.

 

(Olivia Lidya Elsanty/dikutip dari berbagai sumber)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading