Sukses

Beauty

Ketahui 5 Produk Kosmetik yang Cepat Kedaluwarsa

Fimela.com, Jakarta Produk kosmetik memang dikenal memiliki masa kedaluwarsa yang lama, tetapi ada beberapa jenis produk yang cepat masa kadaluarsanya. Oleh karena itu, kamu perlu tahu, produk mana saja yang cepat kedaluwarsa supaya kamu bisa memperhitungkan masa pakainya. Ingat, memakai produk kosmetik yang sudah kedaluwarsa itu memiliki bahaya untuk wajah.

Salah satu faktor yang menyebabkan kamu sulit menyadari masa kedaluwarsa dari sebuah produk kosmetik ialah karena kamu memiliki banyak koleksi makeup atau kosmetik sehingga kamu lalai dan tidak memerhatikan masa kadaluarsanya. Ketika kamu memiliki banyak koleksi kosmetik, pasti ada satu atau dua dan bahkan lebih yang jarang kamu gunakan sehingga kamu berpikir bahwa kosmetik tersebut masih baru.

Bahayanya, jika produk kosmetik tersebut terlanjur sudah dipakai dan diaplikasikan pada kulit wajah, maka akan memberikan efek samping. Efek sampingnya bisa membuat iritasi kulit hingga sejumlah penyakit kulit berbahaya lainnya.

Nah, untuk itu, Fimela.com kali ini akan membagikan informasi 5 produk kosmetik yang cepat kedaluwarsa. Tentu saja informasi ini akan membuatmu lebih perhatian lagi terhadap masa kedaluwarsa dari produk kosmetik yang kamu gunakan sehari-hari. Simak informasi selengkapnya berikut ini.

Maskara Bulu Mata

Produk kosmetik yang cepat masa kedaluwarsanya pada urutan pertama ialah maskara bulu mata. Produk yang sering digunakan untuk melentikkan bulu mata ini ternyata punya masa kedaluwarsa yang cukup singkat. Maskara bulu mata sebaiknya digunakan selama 3 bulan saja. Alasannya karena jika dipakai lebih dari 3 bulan akan menimbulkan efek yang tidak baik untuk mata.

Para beauty experts menyarankan sebaiknya maskara digunakan selama 3 bulan saja karena pemakaian yang lebih lama dapat menyebabkan matamu beresiko terkena iritasi. Maskara yang terlalu lama dipakai melebihi daya tahannya akan jadi tempat berkembangnya bakteri.

Eyeliner

Berikutnya, produk kosmetik yang cepat kedaluwarsa selain maskara bulu mata adalah eyeliner. Produk andalan untuk membuat mata lebih hidup ini ternyata punya masa pakai yang pendek.Produk liquid eyeliner baiknya digunakan selama 6 bulan saja setelah produk pertama kali dibuka.

Nah, sebaiknya kamu memperhatikan anjuran ini karena eyeliner adalah produk yang sangat bersinggungan dekat dengan mata, matamu bisa jadi iritasi jika kamu tetap menggunakan eyeliner yang sudah kedaluwarsa. Jadi, untuk kamu yang hobi menggunakan eyeliner pada mata setiap hari sudah mulai harus mengecek dan mengingat kapan pertama kali kamu membukanya.

Foundation dan Concealer

Ketiga, produk kosmetik yang juga punya masa singkat ialah foundation dan concealer. Hal ini karena dua produk tersebut berbahan dasar air sehingga menjadi tempat yang mudah untuk bakteri berkembang biak. Jika dibiarkan tertutup, jenis produk ini bisa awet hingga tahunan, namun begitu segel dibuka, lebih baik rutin mengganti produk foundation dan concealer kesayanganmu setiap 6-12 bulan.

Ingat, kamu perlu memerhatikan kebersihan setiap produk kosmetik yang kamu gunakan setiap hari. Untuk foundation dan concealer, kamu juga perlu memerhatikan kebersihan dari brush yang kamu gunakan untuk mengaplikasikannya ke wajah. Selalu rutin untuk mencuci dan menggantinya agar tetap steril dan bersih saat dipakai.

Bedak dan Eyeshadow

Selanjutnya, produk kosmetik lainnya yang juga punya masa kedaluwarsa singkat ialah bedak dan eyeshadow. Produk bubuk dan padat mengandung sedikit kadar air dari ekstrak botani yang berisiko menjadi sasaran empuk bakteri untuk berkembang biak. Oleh karena itu, bedak dan eyeshadow sebaiknya perlu kamu rawat dan tidak menggunakannya dalam jangka waktu yang panjang.

Untuk anjuran, kedua produk tersebut sebaiknya digunakan selama 1 tahun saja. Lebih dari itu, sebaiknya kamu menggantinya. Salah satu tanda bahwa bedak dan eyeshadow sudah tidak layak lagi digunakan ialah ketika produk padat mulai berubah tekstur menjadi lebih kering dan serbuk-serbuknya menjadi kasar.

Lipstik dan Lipgloss

Terakhir, produk kosmetik yang cepat masa kedaluwarsanya ialah lipstik dan lipgloss. Meskipun kandungan air dalam lipstik terbilang rendah dan hampir tidak ada, namun kontaminasi dari bakteri tetap mungkin terjadi.

Hal ini bisa disebabkan karena penggunaan produk yang rutin di area bibir, aplikator lipcream biasanya rentan terkena kontaminasi bakteri. Oleh karena itu, kamu harus segera membuang dan mengganti produk lipstik dan lipgloss jika sudah kamu gunakan selama 1 tahun. Salah satu tanda bahwa produk tersebut sudah tidak layak untuk dipakai ialah ketika teksturnya mulai mengering dan terasa kesat saat diaplikasikan.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading