Sukses

Lifestyle

5 Akibat Kalau Kamu Pakai Produk Kecantikan Kadaluarsa

Fimela.com, Jakarta Kosmetik, merupakan perlengkapan yang tidak pernah ketinggalan bagi setiap perempuan yang memakainya. Mulai dari foundation, hingga lipstik dan juga maskara. Lantas, isu mengenai kandungan di dalam kosmetik tersebut pun diperdebatkan. Hingg akhirnya muncul perusahaan kosmetik yang mengklaim produk mereka halal serta tak mengandung merkuri. 

Namun, bukan merkuri atau racun itu saja yang berbahaya pada produk kecantikan. Tapi masa kadaluarsa juga bisa menjadi 'racun' bagi wajah dan kesehatan kulitmu. Ya, setiap produk kosmetik punya tanggal kadaluarsa. Meskipun begitu, dilansir dari Women's Health Magazine, masing-masing jenis kosmetik memiliki batas waktu pemakaian. 

Berhati-hatilah dengan kosmetik yang telah kadaluarsa. 5 bakteri berbahaya ini dapat menyerang Anda

Misalnya, maskaramu harus diganti dengan yang baru setiap 3 bulan sekali. Sementara eyeliner dan eye shadow setiap 12 bulan sekali. Dan lipstik setiap 1,5 tahun. Tapi, buat kosmetik untuk wajah seperti bedak, foundation, dan lainnya harus diganti setahun sekali. Kalau tidak, berikut akibat yang akan timbul. 

1. Lisptik kadaluarsa, atau yang sudah lebih dari 1,5 tahun, akan menimbulkan kembengkakan pada bibirmu. 

Tak lupa juga, Kylie mengunggah foto yang memamerkan warna terbaru pada lipstick mattenya yang diberi nama Majesty. (instagram/Bintang.com)

2. Sementara bakteri yang masuk ke pori-pori wajah karena memakai bedan dan kosmetik wajah lainnya yang sudah kadaluarsa mengakibatkan pembengkakan dan iritasi. 

3. Maskara yang sudah kadaluarsa bisa memicu perkembangbiakan bakteri yang bisa mengakibatkan matamu iritasi. Bahkan, mata juga bisa terasa sakit. 

4. Hal yang serupa juga bisa terjadi karena menggunakan eye shadow kadaluarsa. Karena dekat dengan mata, maka bakteri dan juga jamur bisa juga membuat mata gatal, sakit, dan juga merah. 

Eyeshadow gold. (via: istimewa)

5. Sementara kuteks yang bisa disimpan dan dipakai selama 1 tahun, juga bisa memberikan efek buruk kalau kamu menggunakan produk yang sudah lewat dari batas kadaluarsa. Kukumu pasti akan menjadi kasar dan juga tidak sehat. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading