Sukses

Beauty

Mengenal Clear Skin Diet dan Caranya untuk Mendapatkan Kulit Bebas dari Jerawat

Fimela.com, Jakarta Masalah kulit seperti kulit berjerawat, kulit berminyak, memiliki banyak komedo hingga kulit yang sensitif disebabkan karena adanya banyak faktor yang mempengaruhi kondisi kulit. Selain karena faktor sering menggunakan makeup, masalah kulit juga sering disebabkan karena faktor makanan dan minuman yang dikonsumsi.

Ada berbagai makanan dan minuman yang bisa mempengaruhi kondisi kulit, yang menyebabkan kulit menjadi lebih berminyak, dehidrasi hingga memicu peningkatan insulin, yang menjadikan wajah lebih mudah berjerawat.

Untuk mengatasi masalah kulit yang sering muncul di wajah, Sahabat Fimela bisa menerapkan clear skin diet. Yuk simak artikel berikut ini untuk mengenal lebih lanjut tentang clear skin diet dan caranya, dilansir dari berbagai sumber:

Mengenal Clear Skin Diet

Clear skin diet adalah cara terbaru untuk membantu mengurangi masalah kulit wajah. Clear skin diet ini sedang populer di kalangan perempuan, karena ingin mendapatkan kulit yang sehat, bebas dari jerawat, kulit cerah dan bersinar, yang didapatkan dengan cara yang alami.

Selain untuk menjaga kesehatan kulit, metode clear skin diet ini juga bisa membuat tubuhmu menjadi lebih langsing, sehat dan berat badan menjadi lebih terkontrol.

Dilansir dari buku The Acne Free Diet Plan, milik Dr. Goodless, metode clear skin diet ini adalah saran untuk mengonsumsi makanan yang rendah lemak, rendah gula, tinggi serat, menghindari gorengan, mengurangi garam dan mengonsumsi yang tinggi karbohidrat.

Perbanyak Mengonsumsi Makanan Karbohidrat Kompleks

Cara yang pertama untuk menjalankan clear skin diet ini, Sahabat Fimela harus mulai memperbanyak mengonsumsi makanan yang kaya akan karbohidrat kompleks. Agar kesehatan kulit lebih terjaga dan berat badan lebih terkontrol.

Makanan yang memiliki kandungan karbohidrat kompleks adalah biji-bijian dan gandum. Makanan yang tinggi karbohidrat kompleks ini, akan lebih lama proses pencernaan di dalam perut, daripada makanan yang mengandung karbohidrat sederhana seperti nasi.

Makanan berkarbohidrat kompleks sangat aman untuk dikonsumsi setiap hari, karena makanan ini rendah akan gula, sehingga bisa membantu mengontrol kadar gula, dan produksi minyak di kulit wajah lebih stabil serta mencegah timbulnya jerawat di kulit wajah.

Mengonsumsi Makanan Kaya Akan Antioksidan

Untuk menjalankan clear skin diet, konsumsilah makanan yang kaya akan antioksidan, untuk membantu mencegah tanda-tanda penuaan seperti kulit keriput atau kulit kusam. Antioksidan juga berfungsi untuk membantu mencegah timbulnya jerawat di kulit.

Makanan yang memiliki kandungan antioksidan adalah buah-buahan seperti beri-berian, atau sayuran hijau seperti brokoli, bayam dan daun kale. Kamu juga bisa mengonsumsi wortel atau jenis umbi-umbian seperti buah bit.

Makanan yang kaya akan antioksidan ini, membantu menangkal radikal bebas yang bisa merusak kulit, dan membantu mendetoksifikasi kulit agar terbebas dari bakteri dan jamur penyebab jerawat.

Mengonsumsi Vitamin A, C dan E

Pemilik wajah yang cenderung berjerawat, sangat cocok untuk menjalankan metode clear skin diet, dengan menonsumsi makanan yang memiliki kandungan vitamin A, vitamin C dan vitamin E.

Makanan yang memiliki kandungan vitamin A seperti wortel atau tomat, bisa membantu mencegah peradangan pada jerawat, mempercepat penyembuhan luka akibat jerawat, membersihkan pori-pori penyebab komedo dan membantu membuat kulit lebih lembap.

Sedangkan makanan yang memiliki kandungan vitamin C seperti buah lemon, bisa membantu mempercepat penyembuhan jerawat yang meradang, meningkatkan produksi kolagen pada kulit, mendetoksifikasi kulit dan sebagai anti aging.

Kemudian makanan yang mengandung vitamin E seperti alpukat dan kiwi, bisa membantu melembapkan kulit, mencerahkan wajah, meningkatkan kadar air di kulit, dan membantu menyamarkan bekas jerawat di kulit.

Hindari Olahan Susu

Cara terakhir untuk menjalankan clear skin diet, yaitu dengan menghindari makanan dan minuman yang mengandung olahan susu, seperti yogurt, keju, es krim, mentega dan lain-lain.

Makanan dan minuman yang terbuat dari olahan susu, bisa meningkatkan kadar insulin yang memicu meningkatnya kadar minyak di kulit, kemudian memunculkan komedo dan jerawat di kulit.

Selain itu, kandungan susu yang kaya akan protein, bisa meningkatkan hormon androgen yang memicu peradangan pada kulit wajah, mempercepat tumbuhnya jerawat dan masalah kulit yang lainnya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading