Sukses

Beauty

5 Manfaat Perawatan Totok Wajah Bagi Kesehatan dan Kecantikan Tubuh

Totok wajah merupakan metode perawatan kecantikan yang dilakukan dengan terapi pemijatan pada daerah wajah dan menggunakan teknik-teknik khusus. Totok wajah merupakan terapi perpaduan dua metode, yaitu acupressure (pijit/tekan) dan bio energy atau tenaga dalam yang langsung disalurkan ke wajah, sehingga manfaatnya bisa langsung dirasakan.

Metode perawatan wajah ini banyak digemari oleh perempuan karena hasil perawatannya yang berkhasiat secara langsung pada kulit. Totok atau acupressure sering juga disebut sebagai akupuntur tanpa menggunakan jarum. Totok melibatkan penekanan di titik-titik tertentu pada tubuh menggunakan ujung jari atau alat khusus. Beberapa titik tekan tersebut tersebar di wajah.

Namun, perlu diingat, untuk mendapatkan manfaat secara maksimal, maka pastikan kamu melakukan perawatan totok wajah di klinik atau salon kecantikan dengan terapis yang sudah ahli dibidangnya. Totok wajah membutuhkan keterampialn tertentu dan tidak bisa dilakukan oleh sembarang orang.

Nah, untuk mengetahui lebih lanjut mengenai manfaatnya, Fimela.com akan mengulas 5 manfaat perawatan totok wajah bagi kesehatan dan kecantikan kulit. Dilansir dari Liputan6.com, simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Memperlambat Penuaan Dini

Manfaat perawatan totok wajah yang pertama ialah memperlambat penuaan dini pada kulit wajah. Stres yang dialami sehari-hari sering kali mengakibatkan ketegangan pada otot yang menimbulkan garis-garis keriput pada dahi, alis dan sepanjang garis bibir. Kondisi ini merupakan tanda penuaan dini.

Pijatan lembut pada wajah secara rutin dapat membantu mengendurkan otot serta mengurangi kerut wajah. Manfaat totok wajah ini biasa dikombinasikan dengan penggunaan pelembap yang juga dapat mengatasi kulit kering serta flek hitam pada wajah.

Selain itu, metode totok wajah tergantung pada kondisi kulit, usia, serta tujuan dari perawatan kulit. Manfaat totok wajah ini dapat merangsang aliran darah, sehingga membuat kulit menjadi tampak lebih segar dan bersinar, sehingga kamu akan terlihat lebih muda dan terhindar dari penuaan dini.

Mempercepat Penyerapan Makeup

Manfaat perawatan totok wajah yang kedua ialah membantu penyerapan makeup menjadi lebih cepat. Hal ini karena teknik pemijatan pada wajah dapat merangsang sirkulasi darah, sehingga membantu membuang kotoran, serta racun. Selain itu, manfaat totok wajah juga membantu menghilangkan sel-sel kulit mati. Kulit pun lebih cerah dan tampak lebih muda.

Peningkatan sirkulasi darah pada totok wajah dapat membantu mengurangi bengkak dan mengecilkan pori-pori, sehingga kulit tampak lebih halus dan lembap. Kondisi ini membantu produk kosmetik yang kamu gunakan terserap lebih mudah ke dalam kulit. Riasan pun dapat bertahan lebih lama.

Meringankan Ketegangan Otot Wajah

Manfaat perawatan totok wajah yang ketiga ialah dapat meringankan ketegangan otot wajah. Ketika otot wajah tegang, maka memicu timbulnya keriput. Stres yang menumpuk pun dapat menyebabkan beberapa masalah pada wajah, seperti pengetatan alis dan rahang.

Manfaat totok wajah dapat menguranginya serta memberikan efek penampilan yang lebih relaks dan segar. Efek relaksasi ini juga akan menyebar ke seluruh tubuh. Pastinya wajahmu akan terasa lebih kenyal, sehat, cerah, dan bersih.

Meredakan Sakit Kepala

Tidak hanya bermanfaat untuk kecantikan, perawatan ini juga bisa meredakan sakit kepala dan migrain yang kamu rasakan. Totok wajah bisa menjadi terapi alternatif untuk meringankan sakit kepala yang disebabkan oleh mata lelah atau sinusitis.

Titik yang ditekan adalah yang berada di antara kedua alis selama satu menit, atau bisa juga dengan menekan kedua sisi pangkal hidung selama 10 detik.

Selain itu, sebuah studi menunjukkan bahwa totok wajah juga bisa meredakan sakit kepala kronis akibat migrain. Totok wajah dapat membantu melancarkan aliran darah di kepala dan wajah, sehingga membantu mengurangi rasa nyeri. Akan tetapi, pengobatan migrain tetap membutuhkan obat-obatan dari dokter, tidak dapat mengandalkan totok wajah saja.

Menghilangkan Stres dan Cemas yang Berlebihan

Manfaat totok wajah yang terakhir adalah untuk menghilangkan stress dan cemas berlebihan. Terapi alternatif ini dapat membantu melancarkan aliran darah, mengurangi ketegangan otot, dan membantu kamu merasa lebih relaks.

Totok wajah untuk mengurangi stres bisa dilakukan dengan cara memijat daerah di antara kedua alis dengan gerakan melingkar selama 5 – 10 menit, atau dengan menekan titik di telinga bagian atas selama dua menit. Saat mencoba totok wajah di bagian tersebut, tarik napas dalam kemudian hembuskan. Atur iramanya hingga kamu merasa lebih tenang.

Dalam mengenali manfaat totok wajah untuk kesehatan dan kecantikan ini, kamu harus memahami bahwa melakukan totok wajah hanya bisa dilakukan oleh orang yang sudah ahli atau berpengalaman.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading