Sukses

Beauty

15 Istilah Skincare yang Perlu Dipahami

Fimela.com, Jakarta Ada banyak sekali istilah yang harus dipahami dalam dunia skincareyang sering digunakan untuk mendeskripsikan produk-produk skincare. Sering kali istilah-istilah yang digunakan membuat orang bingung.

Istilah skincare ini memiliki arti serangkain urutan perawatan kulit wajah, yang meliputi pembersih wajah, toner, pelembap, tabir surya, masker dan lain sebagainya.

Istilah dalam dunia skincare ini harus dipelajari dan dipahami, agar tidak salah dalam mengenali produk skincare atau menggunakan produknya. Berikut istilah skincare yang perlu dipahami, dilansir dari berbagai sumber:

Istilah Skincare yang Sering Didengar

Acid

Istilah skincare yang pertama adalah acid. Acid adalah asam yang merupakan zat kimia dengan pH kurang dari 7, yang memiliki berbagai macam jenis dengan fungsi yang berbeda.

Alergen

Alergen adalah istilah dalam dunia skincare, yang artinya adalah suatu zat yang menyebabkan alergi. Zat alergen ini bisa mengenai kulit melalui udara, kontak fisik, injeksi dan konsumsi.

Beeswax

Istilah beeswax sering terdengar dalam dunia skincareBeeswax adalah lilin lebah, yang berfungsi untuk melembapkan dan menghaluskan kulit. Beeswax sering terdapat dalam produk-produk pelembap.

Blemish

Istilah yang selanjutnya adalah blemish. Istilah ini memiliki arti kulit yang bermasalah, seperti kemerahan, bopeng, komedo, noda hitam dan lain sebagainya.

Booster

Booster adalah produk perawatan kulit yang kandungan memiliki konsentrasi tinggi, yang bisa mengatasi masalah kulit secara efektik. Produk skincare ini biasanya digunakan sebelum menggunakan produk skincare yang lainnya.

Istilah Skincare yang Lainnya

Broad Spectrum

Istilah broad spectrum sering ditemukan pada kemasan sunscreen. Istilah broad spectrum ini memiliki arti, bahwa produk tersebut bisa digunakan untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari.

Emollient

Istilah emollient atau emolien adalah skincare yang memiliki kandungan kadar air yang tinggi. Kandungan ini biasanya digunakan di dalam moisturizer dan eye cream, yang berfungsi untuk menghidrasi kulit.

 

Emulsifier

Emulsifier adalah istilah untuk kandungan skincare, yang berfungsi untuk mengikat kandungan di dalam skincare yang tidak bisa menyatu, seperti air dan minyak.

Multi-Masking

Multi masking adalah istilah yang digunakan untuk teknik menggunakan berbagai masker yang berbeda di area wajah. Misalnya area T-Zone adalah kulit berminyak, maka diarea tersebut menggunakan clay mask, dan diarea kulit yang kering menggunakan masker yang hydrating.

Hypoallergenic

Istilah hypoallergenic digunakan untuk menyebut produk yang aman digunakan untuk kulit sensitif, karena kandungannya terbuat dari bahan yang aman dan bahan alami. Selain skincare, istilah ini juga digunakan untuk produk makeup.

Istilah Skincare yang Terakhir

Occlusive

Istilah occlusive digunakan untuk produk skincare, yang bisa digunakan untuk melembapkan kulit wajah, menghidrasi kulit wajah dan melindungi lapisan kulit.

Skin Barrier

Istilah yang selanjutnya adalah skin barrier, yang artinya adalah lapisan kulit terluar. Lapisan kulit ini berfungsi untuk melindungi kulit dari paparan matahari dan radikal bebas, serta menjaga keseimbangan kulit agar tetap lembap.

Redness

Redness adalah istilah yang sering digunakan untuk wajah yang kemerahan. Kemerahan di kulit biasanya disebabkan karena terbakar sinar matahari, kulit berjerawat atau kulit yang terkena alergi.

Whitecast

White cast adalah istilah yang sering disebut pada produk sunscreen. Istilah ini merupakan warna keputihan yang muncul setelah menggunakan produk sunscreen. Tetapi zaman sekarang ini sudah banyak produk sunscreen yang tidak menyebabkan whitecast.

Sebum

Istilah dalam dunia skincare yang terakhir adalah sebum. Sebum adalah zat berminyak atau minyak alami, yang diproduksi oleh kelenjar minyak, yang berfungsi untuk melembapkan kulit dan menghidrasi kulit. Namun jika produksi sebum di dalam kulit terlalu banyak, bisa menyebabkan kulit berjerawat dan berkomedo.

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading