Sukses

Beauty

5 Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami, Mudah dan Aman

Ketombe merupakan serpihan kulit kepala berwarna putih keabu-abuan. Semua orang pasti pernah mengalaminya, baik laki-laki maupun perempuan. Ketombe sendiri seringkali dianggap masalah sepele, padahal untuk beberapa orang ketombe merupakan masalah yang serius.

Ketombe kerap kali disebabkan oleh mikroba yang terjadi secara alam, Malassezia globosa yang ada terdapat di kulit kepala setiap orang. Mikroba ini yang kemudian menyebabkan ketombe dengan memproduksi irritant yang memicu respon pada penderita ketombe, hal ini dapat mengakibatkan pengelupasan.

Selain itu, hal yang sulit dipercaya terkait penyebab ketombe adalah kondisi mental seseorang. Pasalnya stress yang dialami seseorang dapat menyebabkan perubahan hormon. Hal ini yang akan memicu produksi minyak berlebih terutama pada bagian kulit kepala. Selain memakai sampo atau serum anti ketombe, cobalah beberapa cara menghilangkan ketombe secara alami. 

Untuk itu, Fimela.com kali ini akan mengulas 5 cara menghilangkan ketombe secara alami, mudah, dan aman. Simak ulasan selengkapnya berikut ini. 

Jeruk Nipis

Cara menghilangkan ketombe dengan bahan alami yang pertama ialah dengan jeruk nipis. Jenis jeruk ini merupakan salah satu jenis yang paling kaya dengan kandungan vitamin C. Selain vitamin C jeruk nipis juga mengandung vitamin B1, B2, B3, B5, karbohidrat, serat, lemak, protein, kalsium, asam folat, zat besi, fosfor, magnesium, kalium, seng dan gula.

Kandungan vitamin C dalam jeruk dipercaya berkhasiat untuk mendorong pertumbuhan rambut. Jeruk nipis juga dapat dipakai untuk menghilangkan ketombe dengan cara peras jeruk nipis, campurkan dengan air secukupnya, kemudian oleskan pada kulit kepala dan rambut secara merata, diamkan selama beberapa menit, kemudian bilas dengan air bersih.

Minyak Kemiri

Bukan rahasia lagi kalau minyak alami bisa digunakan sebagai cara menghilangkan ketombe. Banyak orang telah membuktikan manfaat minyak kemiri untuk menjaga kesehatan rambut secara alami, salah satunya bisa dipakai untuk menghilangkan ketombe.

Saat ini minyak kemiri sudah bisa dibeli di mana-mana termasuk di situs belanja online. Manfaat minyak kemiri untuk rambut ini didapat dari adanya kandungan nutrisi seperti gliserida, asam linoleat, protein, vitamin B1, vitamin E, dan mineral yang baik untuk kesehatan dan pertumbuhan rambut.

Oleskan minyak kemiri pada kulit kepala dan rambut secara perlahan sembari memijitnya secara perlahan selama 10 menit, setelah itu baru dibilas dengan air bersih.

Lidah Buaya

Sudah menjadi rahasia umum kalau lidah buaya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan rambut. Salah satu manfaatnya yang paling populer yakni menghilangkan ketombe. Cara menghilangkan ketombe adalah dengan menggunakan gel lidah buaya.Sediakan lidah buaya berukuran sedang untuk rambut yang pendek, dan lidah buaya berukuran besar untuk rambut yang panjang atau lebat.

Jangan lupa mencucinya terlebih dulu agar lebih bersih, baru setelah itu lidah buaya dikupas dan ambil jel pada bagian dalamnya. Oleskan secara perlahan gel tersebut pada kulit dan rambut sembari terus dipijat selama 45 menit, bilas dengan air bersih tanpa menggunakan sampo.

Bawang Merah

Siapa sangka bawang merah yang sering kita pakai sebagai bumbu dasar di hampir semua masakan ini ternyata memiliki manfaat yang belum banyak orang ketahui. Bawang merah bisa dipakai untuk menghilangkan ketombe yang membandel.

Cara menggunakannya, masukkan bawang merah dengan sedikit tambahan olive oil agar mengurangi aroma menyengat dari bawang merah. Balurkan pada seluruh kulit kepala, diamkan selama 15 menit dan bilas dengan air bersih

Jahe

Bahan alami lainnya yang bisa kamu pakai untuk menghilangkan ketombe adalah jahe. Cara menghilangkan ketombe dengan jahe, dimulai dari menghancurkan jahe terlebih dulu hingga halus.

Atau bisa langsung dibalurkan pada seluruh kulit kepala atau bisa juga dengan menghancurkan jahe hingga menjadi bubuk dan mencampurnya dengan air hingga berbentuk pasta lalu balurkan keseluruh kulit kepala dan rambut, bilas dengan air bersih.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading