Sukses

Beauty

5 Penyebab Rambut Kering dan Perawatannya

Fimela.com, Jakarta Rambut merupakan salah satu yang menunjukkan kepribadian dan gaya kamu. Ketika rambut terlihat rapuh dan kusam, ada baiknya kamu langsung mengatasinya. Seperti saat kamu sedang mengalami rambut kering, lapusan luarnya rusak serta dapat menyebabkan tampak kusam dan tidak sehat.

Rambut kita terdiri dari tiga lapisan, jika rambut kamu sehat bisa menggunakan minyak alami untuk lapisan luar yang dapat membantu melindungi lapisan dalam. Selain itu minyak juga dapat memantulkan cahaya, serta membuat rambut akan tampak berkilau. Kemilau tersebut yang sangat penting bagi rambut yang sehat.

Masalah rambut kering dapat mempengaruhi pria dan perempuan dari segala usia, tetapi akan cenderung mengembangkannya seiring bertambahnya usia. Rambut yang kering dang berkembang ketika rambut kamu tidak dapat mempertahankannya, akan megurangi kilauan dan membuat rambut tampak lebih kusut. Nah berikut beberapa penyebab rambut kering dan cara perawatannya :

1. Penggunaan Alat

Bagi yang menyukai rambut di blowout atau tidak mau pergi ke manapun tanpa pengeriting rambut, adalah salah satu faktor utama rambut kering dan tampak kusam. Jangan terlalu sering menggunakan alat yang panas pada rambut kamu, karena hal ini dapat menghilangkan kelembaban alami rambut.   

2. Menggunakan Perawatan Produk Rambut yang Salah

Jika kamu sering menggunakan perawatan rambut yang tidak disesuaikan dengan jenis rambut, maka rambut kamu akan mengalami kekeringan/Sebaiknya sebelum menggunakan perawatan rambut seperti, shampoo, conditioner, dan hair spray pastikan untuk memeriksa kandungan produk tersebut sebelum membelinya. Hindari yang mengandung alkohol, karena dapat menghilangkan minyak alami dan kelembabpan rambut. Kamu perlu mengatasinya dengan mencari produk yang diformulasikan dengan minyak perawatan rambut seperti minyak alpukat, minyak argan, atau minyak kelapa.

3. Mencuci Rambut Berlebihan

Menjaga kebersihan rambut memang salah satu hal yang penting, akan tetapi jika kamu terlalu sering menuci rambut dapat menghilangkan minyak alami rambut, jadi lebih baik jika kamu mengurangi keramas terlalu sering. Rambut kering juga lebih rentan terhadap kekeringan rambut, jadi bagi yang memiliki rambut keriting lebih baik mencuci rambut sekali dalam seminggu atau dua kali seminggu.

Kamu juga dapat menggunakan kondisioner yang lembut untuk menjaga rambut terlihat dan terasa ternutrisi, setelah mencuci rambut sebagaiknya ditepuk jangan digosok, jika kamu menggosok rambut juga akan membuat rambut kamu mongering. Hal ini dapat membantu kamu mencegah kehilangan kelembabapan.

4. Penggunaan Pewarna dan Bleaching

Penyebab rambut kering selanjutnya adalah mewarnai rambut dan bleaching secara berlebihan. Menggunakan bahan kimia yang keras juga dapat kita temukan pada jenis pewarna rambut dan bleach, hal ini dikarenakan bahan kiia yang terkandung dapat mengangkat minyak alami yang dibutuhkan rambut kamu agar tetap terlihat berkilau dan sehat. Jika kamu menyukai penggunaan pewarnaan rambut, lebih baik untuk mencari shampoo dan kondisioner yang lembut dan diformulasikan khusus untuk rambut yang diwarnai.

5. Faktor Lingkungan

Aktivitas diluar ruangan, akan lebih sering terpapar sinar matahari yang berlebihan. Hal ini yang menjadi penyebab rambut kamu menjadi kering, tak hanya terkena sinar matahari, perubahan cuaca juga menjadi faktor penyebab  rambut kering dan kehilangan kelembabapan. Kamu dapat mencegahnya denganmenggunakan topi saat matahari terlalu terik, sedangkan jika kamu berenang dapat menggunakan pelindung kepala, karena air kolam renang mengandng klorin yang dapat menyebabkan rambut kering.

Itulah beberapa penyebab rambut kering, selain itu kamu dapat mengatasinya dengan melakukan perawatan dari rumah seperti :

1. Menggunakan minyak

Salah satunya minyak zaitun, perawatan yang paling sering dilakukan jika kamu memiliki masalah rambut kering, berikut minyak yang dapat digunakan untuk mendapatkan hasil yang baik :

  • Minyak kelapa
  • Minyak almond
  • Minyak jarak
  • Minyak jojoba
  • Minyak jagung

Semua minyak ini memiliki vitamin E dan antioksidan yang dapat membantu lapisan luar rambut atau kutikula untuk menjaga kelembapan, sehingga dapat memperbaiki kerusakannya.

2. Menggunakan Produk Perawatan yang Baik

Untuk memiliki jenis rambut yang baik dan sehat, kamu dapat mencoba dengan menggunakan shampoo dan kondisioner rambut yang lembut dan bebas sulfat. Selain itu kamu juga dapat keramas lebih jaran, sekali atau dua kali seminggu.

3. Menggunakan masker Minyak Kelapa

Minyak kelapa memiliki efek menenangkan dan melembabkan saat dioleskan ke rambut.

4. Menggunakan gelatin

Gelatin yang polos adalah sumber protein yang baik untuk rambut, hal ini dapat melapisi helai rambut dan melembabkannya dan membuat rambut halus serta berkilau.

5. Menggunakan Pasta Alpukat

Buah alpukat yang memiliki kandungan vitamin A dan E, lemak jenuh dan mineral yang dapat menyehatkan rambut rusak dan kering, sehingga dapat membantu meembabkan serta menguatkan rambut.

6. Menggunakan Masker Pisang

Masker pisang memiliki kandungan potassium dan kadar air yang tinggi, yang dapat merawat rambut kering. Karena memiliki manfaat lainnya, masker pisang juga dapat mencegah rambut bercabang, melembutkan rambut, dan dapat meningkatkan elastisitas.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading