Sukses

Beauty

7 Penyebab Rambut Kering dan Cara Mengatasinya

Fimela.com, Jakarta Rambut adalah sebuah mahkota yang sangat penting dijaga kesehatannya, agar tampak cantik, mudah di atur, tidak terlihat kusam, terhindar dari kerusakan, dan sebagai penunjang penampilan.

Jika rambut menjadi sangat kering, maka akan sangat mengganggu penampilan, terlihat sangat kusut dan susah untuk diatur. Bahkan rambut kering ini bisa menyebabkan rambut patah dan bercabang,

Untuk mengatasi masalah rambut kering ini, Sahabat Fimela harus menghindari faktor penyebab rambut kering, dan rutin melakukan perawatan rambut. Berikut penyebab rambut kering dan cara mengatasinya, yang dilansir dari beberapa sumber:

Penyebab Rambut Kering

1. Sering Terkena Polusi dan Sinar Matahari

Penyebab rambut kering yang pertama, yaitu karena rambut terlalu sering terkena polusi udara, yang menyebabkan debu dan kotoran menempel di area rambut. Sedangkan paparan sinar matahari yang terlalu sering, bisa menyebabkan rambut kering dan patah atau bercabang.

2. Keramas Setiap Hari

Keramas adalah salah satu cara yang dilakukan untuk membersihkan rambut. Tetapi jika keramas terlalu sering akan mengakibatkan rambut kering, karena minyak alami yang ada di rambut akan hilang karena sampo. Bahkan beberapa kandungan sampo ada yang terlalu keras dan menyebabkan rambut kering.

3. Menggunakan Cat Rambut

Cat rambut adalah bahan untuk mewarna rambut, yang memiliki kandungan bahan kimia yang tinggi. Apalagi kalau kamu mewarnai rambut melalui proses bleaching. Maka warna asli rambut akan dirusak oleh bahan kimia yang keras, yang terdapat dalam produk cat rambut, kemudian membuat rambut kering dan tampak kusam.

4. Menggunakan Alat Pemanas

Rambut yang kering juga bisa disebabkan karena sering menggunakan alat pemanas, seperti hair dryer atau catokan. Agar rambutmu tidak kering, sebaiknya hindari mengeringkan rambut setelah keramas menggunakan alat pemanas. Kecuali kalau kamu akan pergi ke sebuah acara yang membutuhkan styling rambut.

Penyebab Rambut Kering Selanjutnya

5. Salah Menggunakan Produk Sampo

Ada beberapa produk sampo yang justru membuat kondisi rambut menjadi semakin kering. Seperti sampo yang mengandung isopropil alkohol, sodium laureth sulfat, natrium lauril sulfat, dan lain sebagainya. Sebaiknya gunakan sampo yang mengandung pelembap, untuk melembapkan dan melembutkan tekstur rambut yang kering.

6. Sering Berenang

Berenang adalah salah satu jenis olahraga yang sangat menyenangkan. Namun di kolam renang terdapat kaporit yaitu bahan kimia yang membuat air kolam menjadi jernih. Jika terlalu sering berenang, kaporit bisa menyebabkan rambut menjadi kering dan bercabang.

7. Menggunakan Handuk Kasar

Penyebab rambut kering yang terakhir, yaitu terlalu kuat menggosok rambut dengan handuk yang kasar. Usahakan untuk memilih rambut dengan tekstur yang lembut, sehingga tidak membuat lapisan rambut menjadi rusak dan kering.

Cara Mengatasi Rambut Kering

Sebenarnya rambut kering disebabkan oleh kebiasaan yang sering kita lakukan tanpa sadar. Untuk mengatasi rambut kering ini, sebaiknya lakukan perawatan rambut secara rutin dan menghindari kebiasaan yang menyebabkan rambut kering.

Kamu bisa merawat rambutmu yang kering menggunakan sampo yang mengandung pelembap. Lalu gunakan kondisioner agar kondisi rambut kering segera teratasi. Dan gunakan masker rambut setiap seminggu 2 kali.

Cucilah rambutmu dua kali sehari dan jangan lupa aplikasikan vitamin atau minyak rambut, setelah rambut setengah kering. Gunakan penutup kepala saat berada di tempat yang panas, agar terhindar dari paparan sinar matahari dan polusi.

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
Cara Memilih Mainan Anak sesuai Usianya, Edukatif dan Tetap Menghibur
Artikel Selanjutnya
7 Makanan Penyebab Bisul yang Harus Dihindari