Sukses

Beauty

15 Cara Melembapkan Rambut Kering dan Rusak yang Mudah Dilakukan, Nggak Lagi Megar

Fimela.com, Jakarta Melembapkan rambut kering adalah salah satu kunci untuk mengembalikan kesehatan dan kilau alaminya. Yup, rambut yang kering dan rusak memang bisa menyebabkan efek megar yang mengganggu penampilan. Kebayang dong kalau makeup dan outfit sudah oke, tapi ternyata rambut kering dan mengembang yang bikin jadi nggak percaya diri?

Jadi, penting banget nih untuk mulai memahami apa saja perawatan rambut yang diperlukan untuk menjaga kelembapan rambut. Nggak perlu repot melakukan treatment di salon karena beberapa rutinitas perawatan berikut ini bisa dipraktikkan untuk melembapkan rambut kering dan rusak di rumah.

Penyebab Rambut Kering dan Megar

Apa sih yang menyebabkan rambut kering dan megar? Masalah utamanya sebenarnya adalah rambut yang kehilangan kelembapan alaminya. Hal ini bisa disebabkan oleh banyak faktor, salah satunya adalah paparan panas dari alat hair styling seperti hair dryer atau catokan yang bisa membuat rambut kehilangan kelembapan alaminya.

Selain itu, beberapa kebiasaan lain juga bisa mempengaruhi hilangnya kelembapan alami rambut. Misalnya keramas dengan air panas, menggunakan produk shampo yang kurang tepat, hingga sering mengeringkan rambut dengan cara menggosoknya dengan kasar. Kondisi tersebut bisa mengikis kelembapan alaminya dan merusak lapisan kutikula rambut, sehingga membuatnya tampak kering, kasar, dan megar.

Rambut juga bisa mengalami kerusakan jika sering terkena paparan bahan kimia. Misalnya dari cat pewarna rambut atau produk bleaching yang dipakai. Selain itu, paparan klorin saat berenang juga bisa menjadi salah satu hal yang memicu berbagai masalah tersebut.   

Perawatan untuk Melembapkan Rambut Kering di Rumah

Melembapkan rambut kering ternyata bisa dilakukan dengan mudah di rumah. Asal diaplikasikan secara rutin, beberapa rutinitas perawatan rambut ini bisa membantu mengembalikan kilau alami rambutmu. Coba satu per satu, yuk!

1. Menggunakan Shampo dengan Kandungan Melembapkan

Pemilihan shampo yang tepat sangat penting untuk mengembalikan kelembapan alami rambut. Jadi, pastikan pilih formula shampo yang tepat karena produk yang tidak sesuai dengan kondisi rambut dan kulit kepala bisa menyebabkan kondisinya semakin kering dan rusak.

Kenali formula penting yang bisa mengembalikan kelembapan dan kelembutan rambut. Misalnya menggunakan produk yang mengandung keratin, salah satu bentuk protein yang dibutuhkan untuk membuat rambut halus dan lembut.

2. Gunakan Kondisioner dengan Formula Tepat

Jika ingin melembapkan rambut kering supaya tidak megar, jangan lewatkan pemakaian kondisioner secara rutin ya! Jika shampo berperan untuk menutrisi ke dalam kulit kepala, kondisioner memegang peranan penting untuk mengunci kelembapan alami pada batang rambut.

Jadi, pastikan pilih kondisioner yang memiliki kandungan formula vitamin dan mineral penting yang berperan untuk menjaga kelembapan alaminya. Perhatikan juga cara pemakaian kondisioner yang tepat ya! Gunakan produk ini hanya pada bagian batang hingga ujung rambut saja. Hindari area kulit kepala, karena tekstur kondisioner yang pekat bisa menyebabkan kulit kepala jadi mudah berminyak.

3. Memperhatikan Suhu Air Saat Keramas

Selain penggunaan shampo dan kondisioner, suhu air yang digunakan saat keramas juga penting untuk selalu diperhatikan. Untuk menjaga kelembapan alami rambut, hindari keramas dengan air yang terlalu panas karena bisa mengikis minyak alami yang ada di kulit kepala. Selain itu, air panas juga bisa membuka lapisan kutikula rambut yang membuatnya jadi kering dan rusak.

Jadi, sebaiknya keramas dengan air bersuhu normal saja demi kesehatan rambut yang tetap terjaga. Jika memang cuaca sedang dingin, atur suhu air yang lebih hangat dan tidak terlalu panas sehingga meminimalisir efek buruknya pada kesehatan rambut.

4. Gunakan Handuk Berbahan Microfiber

Coba cek kembali handuk yang biasa kamu gunakan untuk mengeringkan rambut. Apakah sudah terbuat dari bahan yang tepat? Ternyata, disarankan untuk menggunakan handuk dari bahan microfiber untuk menjaga rambut tetap sehat.

Soalnya bahan handuk yang kasar bisa menyebabkan gesekan pada batang rambut saat digunakan. Hal inilah yang kemudian membuka lapisan kutikula dan membuat rambut terlihat kering, kasar dan kehilangan kelembapan alaminya.

5. Perhatikan Cara Mengeringkan Rambut

Jika ingin menjaga kelembapan alami rambut, ternyata penting juga memperhatikan cara mengeringkannya setelah keramas. Mengapa ini penting? Karena ternyata rambut yang basah sebenarnya berada dalam kondisi yang sangat rentan. Selain mudah rontok, juga bisa mengalami kerusakan jika tidak diperlakukan dengan tepat.

Jadi, penting untuk menerapkan cara mengeringkan rambut yang benar demi menjaga kelembapan alaminya. Hindari menggosok rambut dengan kasar karena bisa memicu kerusakan pada batang rambut. Selain itu, jika memang perlu menggunakan hair dryer, sebaiknya biarkan rambut kering 80% secara alami terlebih dulu. Hal ini sangat penting untuk meminimalisir kerusakan yang bisa terjadi.

6. Lindungi Rambut dari Sinar Matahari

Bukan rahasia lagi kalau sinar matahari jadi salah satu penyebab hilangnya kelembapan alami rambut. Paparan yang berlebihan dan terus-menerus juga bisa menyebabkan kerusakan rambut yang cukup parah. Jadi, jika ingin melakukan perawatan melembapkan rambut kering, penting banget untuk mulai melindungi rambut dari radiasi sinar UV.

Jadi, bagaimana sih perlindungan rambut yang tepat? Cegah paparan langsung dari sinar matahari. Kamu bisa mengikat rambut, menggunakan topi, atau memakai hoodie saat beraktivitas di luar rumah. Selain itu, bisa juga dengan menggunakan vitamin rambut yang memiliki formula untuk melindungi rambut dari paparan radiasi UV.

7. Batasi Pemakaian Alat Styling Rambut

Pemakaian alat hair styling memang bisa membuat rambut cantik secara instan. Penampilan yang diinginkan pun dengan mudah terwujudkan. Tapi, tahu nggak sih kalau inilah salah satu faktor utama yang memicu hilangnya kelembapan alami rambut, sehingga tampak kasar dan megar?

Jadi, sebisa mungkin batasi pemakaian alat catokan atau pengeriting rambut dengan suhu tinggi. Jika memang diperlukan, gunakan serum pelindung rambut terlebih dulu yang bisa melapisi rambut dan meminimalisir dampak dari paparan panas berlebihan.

8. Aplikasikan Hair Mist

Alternatif lain, kamu juga bisa menggunakan produk perawatan rambut seperti hair mist yang memiliki formula untuk menjaga kelembapan alami rambut. Misalnya produk dengan kandungan vitamin yang dapat menjaga rambut tetap lembut dan halus, serta mengunci kelembapan alaminya.

Lalu, kapan waktu yang tepat menggunakan hair mist? Sebaiknya pakai pada rambut yang bersih. Jika diaplikasikan pada rambut yang penuh minyak atau debu menempel, bisa berisiko menyumbat pori-pori kulit kepala dan memicu masalah lain seperti ketombe yang mengganggu penampilan.

9. Lakukan Hair Slugging

Sudah tahu tren hair slugging yang belakangan ini viral di TikTok beberapa waktu lalu? Langkah perawatan rambut yang satu ini juga bisa menjadi salah satu cara untuk mengembalikan kelembapan alami rambut, lho. Metode yang satu ini mirip dengan deep conditioning. Hanya saja produk yang dipakai adalah minyak alami, bisa berupa minyak kelapa atau minyak zaitun.

Cara melakukan perawatannya juga mudah. Siapkan dulu minyak alami yang akan digunakan, kaus kaki, dan scrunchie. Aplikasikan minyak alami tersebut dari batang hingga ujung rambut. Selanjutnya, masukkan rambut ke dalam kaus kaki, ikat dengan scrunchie dan biarkan semalaman. Bilas rambut dan keramas hingga bersih keesokan harinya.

10. Treatment dengan Minyak Alami

Selain hair slugging, melakukan treatment dengan minyak alami juga bisa dilakukan secara rutin untuk melembapkan rambut kering dan megar yang mengganggu penampilan. Caranya mirip dengan memakai masker rambut, yaitu mengaplikasikan minyak alami seperti minyak zaitun, minyak kelapa, atau minyak jojoba di area batang rambut selama 30 menit sebelum keramas.

Minyak alami tersebut sudah dikenal dengan manfaatnya yang luar biasa untuk menjaga kesehatan dan kelembapan alami rambut. Jadi, pastikan lakukan secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal ya!

11. Gunakan Masker Madu dan Pisang

Bahan-bahan alami yang ada di sekitar juga bisa dimanfaatkan untuk merawat rambut yang tampak kering, rusak dan megar. Misalnya saja dengan menggunakan masker buah pisang yang dikenal kaya akan kandungan vitamin untuk menjaga kelembapan, merawat rambut dari kerusakan, mencegah rambut kusam dan mengatasi ketombe. Cara membuatnya juga mudah banget.

Ambil 1 buah pisang, kupas bersih. Haluskan dagingnya dan campur dengan 3 sendok makan madu murni. Aplikasikan pada rambut secara merata, diamkan selama 10-15 menit. Bilas dan keramas hingga bersih. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, kamu bisa melakukan perawatan secara rutin setiap minggu sekali.

12. Manfaatkan Masker Alpukat

Bahan alami lainnya yang juga bisa dimanfaatkan untuk menjaga kelembapan alami rambut adalah alpukat. Buah yang satu ini memiliki kandungan Omega 3 dan vitamin yang dapat membantu mengatasi kerusakan rambut, mencegah masalah rambut kering dan bercabang. Ikuti beberapa cara sederhana ini untuk menjadikan masker alpukat sebagai ritual perawatan harianmu.

Kupas 1 buah alpukat yang sudah matang, hilangkan bijinya. Blender daging buah tersebut dengan air secukupnya. Jadikan adonan tersebut sebagai masker rambut, gunakan secara merata di seluruh area kulit kepala dan rambut. Tunggu selama 10-15 menit. Bilas dan keramas hingga bersih dengan air dingin.

13. Gunakan Sarung Bantal Berbahan Satin

Selain melakukan perawatan dengan masker rambut secara rutin, tahukah kamu kalau ternyata sarung bantal yang dipakai juga bisa mempengaruhi kondisi rambut? Yup, jika sarung bantal yang dipakai memiliki bahan yang kasar, hal ini bisa memicu rusaknya lapisan kutikula rambut saat keduanya saling bergesekan saat tidur.

Jadi, penting untuk selalu menggunakan sarung bantal berbahan satin yang halus dan lembut, baik itu pada rambut maupun kulit. Kamu juga bisa mengikat rambut saat tidur untuk meminimalisir gesekan terjadi yang menyebabkan rambut tampak megar keesokan harinya.

14. Perhatikan Asupan Makanan yang Dikonsumsi

Melembapkan rambut kering nggak hanya bisa dilakukan dengan perawatan dari luar saja. Penting juga untuk mulai memenuhi asupan makanan yang dikonsumsi. You are what you eat, jadi pastikan makanan yang dikonsumsi memang memiliki nutrisi yang diperlukan oleh rambut.

Karena rambut sebagian besar terdiri dari protein, jadi penting nih untuk memperbanyak asupan makanan yang mengandung protein tinggi. Misalnya saja lewat dada ayam, telur, hingga beragam jenis ikan. Jangan lupa perhatikan juga asupan buah dan sayur demi memenuhi kebutuhan nutrisi yang seimbang sekaligus menjaga rambut tetap sehat.

15. Cukupi Kebutuhan Air Mineral

Last but not least, kebutuhan hidrasi tubuh jadi hal utama jika ingin menerapkan perawatan untuk melembapkan rambut kering dan rusak. Jadi, pastikan kebutuhan air mineral harian terpenuhi dengan baik ya! Asupan yang kurang bisa memicu dehidrasi. Inilah yang kemudian membuat rambut terlihat kering, rusak dan mengembang.

Itu tadi beberapa langkah perawatan untuk melembapkan rambut kering dan rusak yang bisa dilakukan di rumah. Ternyata mudah banget dan nggak pakai ribet kan!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading