Sukses

Beauty

Begini Cara Pakai Wig Tanpa Terlihat Aneh, Pemula Wajib Tahu

Fimela.com, Jakarta Sahabat Fimela bosan dengan gaya rambut yang itu-itu saja? Atau tidak percaya diri dengan gaya rambutmu saat ini? Nah, pakai wig adalah solusinya. Wig atau rambut palsu adalah aksesori yang bisa mengubah tampilanmu sesuai dengan yang diinginkan.

Wig atau rambut palsu ini sangat praktis bagi Sahabat Fimela yang ingin gonta-ganti gaya rambut tanpa harus mengubah rambut asli. Akan tetapi, sering kali kita melihat orang yang mengenakan wig terlihat aneh. Pemasangan wig yang kurang tepat memang bisa membuatnya terlihat tidak natural.

Namun, tidak perlu khawatir, hal tersebut bisa diatasi dengan cara pemakaian yang tepat. Jika Sahabat Fimela baru pertama kali mencoba memakai wig dan bingung bagaimana cara memasangnya dengan benar, artikel ini adalah jawabannya.

Ada beberapa jenis wig yang bisa Sahabat Fimela pilih agar terlihat alami seperti rambut asli, yakni wig full lace dan wig parsial atau wig front lace. Nah, berikut adalah cara menggunakan wig tanpa terlihat aneh yang dilansir dari Style Seat. Simak langkah-langkah selengkapnya.

Persiapan

Kunci untuk membuat wig terlihat natural adalah mengatur rambut asli dengan rapi dan rata. Jika Sahabat Fimela tidak menata rambut asli serata mungkin, ini akan membuat rambut terlihat seperti benjolan-benjolan. Hal ini akan membuat wig terlihat aneh saat dikenakan. Berikut cara menata rambut yang tepat.

Rambut pendek

  1. Sahabat Fimela bisa melembabkan rambut dengan menggunakan sedikit air atau gel di seluruh rambut.
  2. Sisir rambut ke belakang, kemudian amankan dengan menggunakan bobby pin kecil.

Rambut panjang

  1. Basahi rambut dengan air agar lebih mudah dikepang atau diatur gayanya.
  2. Untuk menata rambut panjang, ada beberapa pilihan yang bisa dicoba, yakni:
  3. Menguncir rambut menjadi ponytail, lalu menata kucir rambutnya ke atas saat dipasangkan wig cap.
  4. Membagi rambut menjadi dua atau empat bagian, sesuai dengan ketebalan rambut, lalu dikepang. Kemudian, jepitkan kepangan menggunakan bobby pin pada kepala dan atur dengan rapi.

Pasang Wig Cap

Sangat disarankan untuk menggunakan penutup kepala atau wig cap sebelum memasang wig. Penutup kepala ini membantu menutupi kulit kepala yang sensitif. Selain itu, wig cap juga berfungsi untuk menjaga wig dari minyak alami rambut sehingga wig tetap tahan lama.

Langkah selanjutnya, pasang wig cap ke kepala. Pastikan memakai ukuran yang pas, ya. Pasang mulai dari belakang kepala, lalu bawa ke depan hingga menutupo garis rambut. Jika ada ujung-ujung rambut yang lepas, sembunyikan di bawah wig cap. Penting untuk memilih wig cap yang warnanya mirip dengan kulitmu agar garis rambut terlihat natural.

 

Menjaga wig tetap aman di kepala

Ada beberapa cara untuk menjaga wig tetap aman di kepala. Sahabat Fimela bisa memilih beberapa cara berikut:

Menggunakan lem wig

Menggunakan lem untuk menjaga wig di kepala sangat disarankan jika Sahabat Fimela ingin wig terlihat natural. Penggunaan lem wig ini biasanya dipakai untuk wig front lace.

Sahabat Fimela bisa mengoleskan lem di garis rambut, lalu biarkan mengering. Jika ingin lebih cepat kering, bisa gunakan blow dry. Ketika sudah lumayan mengering, pasang wig lalu tekan-tekan di bagian garis rambutnya.

Menggunakan wig tape

Jika tidak ingin menggunakan lem, Sahabat Fimela bisa menggunakan wig tape. Potong-potong wig tape menjadi strip kecil, lalu tempel di sepanjang garis rambut di dalam wig. Ketika memasang wig, kupas sisi lain tape, tempel wig pelan-pelan. Setelah wig pas di tempat, tekan-tekan di area wig tape yang dipasang.

Menggunakan bobby pin

Bobby pin ini aksesori yang paling mudah untuk merapikan wig. Pake bobby pin yang warnanya mirip dengan wig supaya tidak terlihat. Selipkan bobby pin di antara wig cap dan wig. Jumlahnya bebas, sesuaikan dengan seberapa kencang wig yang diinginkan.

Pemasangan wig

Pasang wig dari belakang kepala. Dimulai dari bawah, tepat di atas leher, lalu tarik wig ke atas kepala. Jika memakai lem atau tape, teken pelan di garis rambut, sehingga wignya menempel dengan garis rambut asli. Saat memasangkan wig, pastikan kepala tidak menunduk atau menengadah. Jika pakai bobby pin, rapikan mulai dari satu sisi wig ke sisi sekelilingnya.

Posisikan kepala lurus supaya wig terpasang dengan benar. Jika merasa wignya agak longgar, Sahabat Fimela bisa mengaturnya menggunakan tab yang ada di bagian belakang wig, biasanya beberapa wig mempunyai tab ini untuk mengencangkan wig di kepala.

Sesuaikan wig dengan nyaman

Penting untuk memastikan wignya nyaman di kepala. Cara paling mantap untuk mengecek apakah wignya sudah aman di kepala atau belum yaitu dengan menggoyang-goyangkan kepala. Goyang-goyangkan kepala dmegan pelan. Jika dirasa wignya miring atau tiba-tiba lepas, mungkin perlu tambahan bobby pin atau lem supaya lebih aman.

Setelah dirasa wignya nyaman dan aman, langkah terakhir adalah yakinkan dirimu kalau Sahabat Fimela terlihat cantik!

 

Penulis: Denisa Aulia

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading