Sukses

Beauty

Bekas Jerawat Menghitam, Begini Cara Mengatasinya biar Nggak Jadi Dilema

Fimela.com, Jakarta Bekas jerawat menghitam memang bisa jadi salah satu hal yang mengganggu penampilan. Bukan tanpa alasan, kulit yang seharusnya terlihat halus dan mulus malah terganggu dengan adanya kehadiran noda bekas jerawat yang membuatnya terlihat jadi nggak merata. Jelas bikin jadi nggak percaya diri kan? 

Biarpun bekas jerawat ini bisa disamarkan dengan pemakaian produk makeup, tapi hal tersebut bukan menghilangkan hingga ke akarnya. Kamu hanya menutupinya sementara dengan riasan yang digunakan. Begitu dihapus, maka tekstur kulit yang nggak merata akan kembali terlihat. Biar nggak jadi dilema terlalu lama, yuk buruan cari tahu penyebab dan cara mengatasinya yang tepat!

Penyebab Bekas Jerawat Menghitam

Kok bisa sih habis jerawat malah meninggalkan noda hitam yang mengganggu penampilan? Ternyata ada beberapa faktor yang bisa mendorong kondisi tersebut terjadi. Apa saja sih?

1. Peradangan

Saat sedang mengalami jerawat, kulit akan mengalami peradangan. Kondisi tersebut bisa menyebabkan perubahan warna kulit, dari kemerahan hingga kehitaman yang muncul setelah jerawat sembuh. Hal ini terjadi karena reaksi dari sistem imun di dalam tubuh yang memproduksi sel melanosit untuk memproduksi melanin. Zat inilah yang kemudian menyebabkan jerawat meninggalkan noda berwarna gelap.

2. Radiasi Sinar Matahari

Faktor lain yang bisa menyebabkan bekas jerawat tampak menghitam adalah radiasi sinar matahari. Bukan rahasia lagi jika paparan sinar UV bisa membuat kulit jadi memproduksi lebih banyak melanin, terutama pada bekas jerawat. Kondisi inilah yang kemudian memicu bekas jerawat jadi tampak menggelap daripada kulit asli.

3. Pengaruh Hormon

Ada juga pengaruh hormon yang ikut berperan dalam mempengaruhi kondisi bekas jerawat yang menghitam. Biasanya kondisi ini terjadi saat perubahan hormon yang cukup besar, seperti ketika haid atau hamil yang rentan membuat bekas jerawat mengalami perubahan warna jadi lebih gelap.

4. Kebiasaan Memencet Jerawat

Sering dibuat gemas dengan kehadiran benjolan jerawat di wajah? Gara-gara hal tersebut, sebagian dari kamu mungkin sering melakukan kebiasaan memencet jerawat dengan harapan cepat hilang. Tapi, kebiasaan ini justru bisa memicu masalah kulit lainnya, lho!

Memencet jerawat bisa berisiko merusak jaringan kulit yang kemudian meninggalkan bekas hitam di permukaan wajah. Selain itu, kebiasaan ini juga bisa memicu transfer bakteri dan kuman yang malah menyebabkan jerawat makin parah, iritasi, hingga masalah kulit lainnya.

5. Iritasi Kulit

Saat sedang berjerawat, perhatikan dengan baik skincare dan produk lain yang digunakan. Jika tidak cocok dengan kondisi kulit, bisa memicu iritasi dan peradangan pada kulit dan memicu bekas jerawat jadi tampak hitam. Jadi, penting banget memilih produk yang mengandung formula untuk menenangkan kulit saat sedang mengalami breakout parah. 

Perawatan yang Diperlukan untuk Mengatasi Noda Hitam Bekas Jerawat

Secara umum, bekas jerawat menghitam memang bisa sembuh dengan sendirinya. Tapi, waktu yang diperlukan cukup lama, yaitu sekitar 3 bulan hingga 2 tahun, tergantung kondisinya masing-masing. Jadi, saatnya lakukan perawatan yang tepat untuk membantu menghilangkan noda bekas jerawat yang mengganggu penampilan yuk!

1. Hindari Memencet Jerawat

Seperti yang sudah pernah dibahas di awal artikel ini, kebiasaan memencet jerawat jadi salah satu faktor yang memicu bekas jerawat meninggalkan noda berwarna hitam. Jadi, salah satu faktor penting untuk mengembalikan warna alami kulit adalah dengan menghentikan kebiasaan tersebut. 

Alihkan perhatian dengan fokus pada benda atau kegiatan lain agar dorongan untuk memencet jerawat bisa diabaikan. Alternatif lainnya, cobalah untuk menggunakan acne patch untuk menutupi jerawat yang meradang. Cara ini bisa membantu melindungi kulit yang berjerawat dari kebiasaan tangan dalam menyentuh dan memencet jerawat. Jadi lebih efektif kan? 

2. Manfaatkan Serum yang Mengandung Vitamin C

Ada lagi nih cara lain yang bisa dicoba untuk menyingkirkan masalah noda hitam yang muncul sebagai akibat jerawat membandel. Perawatan dengan serum yang mengandung vitamin C bisa jadi alternatif yang tepat juga, lho! 

Vitamin C memiliki kandungan yang sudah terbukti untuk mencerahkan kulit wajah dengan cara mengurangi oksidasi yang menghasilkan melanin. Selain itu, kandungan antioksidan di Vitamin C memiliki sifat anti peradangan yang bisa membantu menyembuhkan jerawat. Selain itu, vitamin C juga dikenal dapat memudarkan bekas jerawat menghitam dengan ampuh dalam waktu cepat.

Namun, perlu diingat ada beberapa aturan penggunaan vitamin C yang harus dipahami. Misalnya saja saat menggunakan vitamin C, dilarang menggunakannya bersamaan dengan skincare yang mengandung retinoid karena bisa memicu iritasi pada kulit.

3. Jangan Lewatkan Pemakaian Sunscreen

Kondisi kulit yang menghitam di area bekas jerawat disebabkan oleh produksi melanin yang tinggi. Nah, zat tersebut bisa lebih aktif lagi diproduksi di dalam tubuh ketika terkena paparan sinar matahari, lho. Jadi, penting untuk melindungi kulit dari sinar matahari untuk mencegah produksi melanin yang semakin aktif. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan sunscreen setiap hari. 

Sunscreen sangat penting untuk melindungi kulit dari sinar matahari. Nggak hanya ketika beraktivitas di luar ruangan saat cuaca terik saja. Saat cuaca mendung pun sunscreen jadi produk yang wajib digunakan karena sinar ultraviolet tetap memberikan efek radiasi meskipun saat mendung. 

Perhatikan juga aturan menggunakan sunscreen yang tepat. Aplikasikan sebanyak 2 ruas jari untuk memberikan perlindungan yang diperlukan dan jangan lupa gunakan ulang setiap 2 jam sekali agar perlindungan yang dirasakan semakin maksimal. 

4. Manfaatkan Krim Hidrokortison

Krim hidrokortison biasanya terkandung dalam obat jerawat. Zat tersebut memiliki peran penting sebagai anti-inflamasi yang dapat mengurangi peradangan serta mencegah munculnya melanin yang berlebihan, yaitu zat yang menyebabkan bekas jerawat menghitam.

Disarankan untuk mulai menggunakan krim yang satu ini secara teratur ketika jerawat pertama kali muncul. Hal tersebut penting untuk melindungi kulit wajah agar tetap halus dan bebas dari bekas jerawat yang membandel.

5. Gunakan Pelembap dengan Kandungan Pencerah

Jangan lupa untuk tetap rutin menggunakan pelembap. Produk yang satu ini dapat membantu mempertahankan hidrasi alami kulit yang membantu proses perbaikan jaringan kulit yang rusak. Untuk memaksimalkan hasilnya, pastikan gunakan pelembap atau moisturizer yang memiliki kandungan pencerah ya!

Salah satu kandungan populer untuk mengatasi masalah bekas jerawat menghitam adalah niacinamide. Kandungan ini dikenal dengan kemampuannya untuk menyembuhkan jerawat, menyamarkan bekas hitam di pipi, serta memperbaiki tekstur dan kelembapan alami kulit.

Selain itu, azelaic acid juga menjadi salah satu senyawa asam yang dikenal dengan kemampuannya untuk mencerahkan kulit. Zat tersebut memiliki kandungan untuk mengatasi perubahan warna kulit akibat hiperpigmentasi.

6. Eksfoliasi Wajah Secara Teratur

Proses regenerasi sel kulit yang terhambat bisa jadi salah satu penyebab bekas jerawat menghitam yang susah hilang. Jadi, salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mempercepat proses regenerasi kulit ini adalah dengan melakukan eksfoliasi wajah secara teratur. 

Ada beberapa metode eksfoliasi yang bisa dilakukan. Pertama, menggunakan scrub dengan butiran lembut yang bisa mendorong proses pengangkatan sel kulit mati, sehingga bekas jerawat tersamarkan oleh jaringan kulit baru yang lebih sehat dan glowing. 

Metode lain adalah dengan chemical exfoliation yang mengandung AHA dan BHA. Kedua zat ini bersifat asam yang bisa merangsang proses pengelupasan alami kulit yang mendukung wajah jadi lebih cerah dan bersih. Saat mengalami kondisi kulit berjerawat yang meninggalkan bekas hitam, eksfoliasi wajah dengan AHA atau BHA bisa membantu menyamarkannya. Namun, tetap perhatikan aturan pengelupasan kulit yang benar ya. Pastikan gunakan produk ini cukup 1 kali dalam seminggu saja untuk mencegah iritasi dan kemerahan.

7. Memanfaatkan Kandungan Retinol

Retinol merupakan zat turunan vitamin A yang jadi primadona dalam perawatan kulit. Setelah kandungannya terserap, zat ini mampu memperbaiki warna dan tekstur kulit sehingga tampak lebih halus dan mulus.

Retinol sering disebut sebagai kandungan 'ajaib' karena memiliki banyak manfaat. Selain mengatasi jerawat dan menghilangkan bekasnya, zat ini juga dapat membantu mengurangi komedo hingga memudarkan kerutan halus yang muncul sebagai tanda penuaan dini.

8. Perawatan dengan Masker Lidah Buaya

Perawatan dengan bahan-bahan alami juga bisa jadi rekomendasi trik untuk mengatasi bekas jerawat menghitam. Misalnya saja lidah buaya yang juga memiliki kandungan untuk mencerahkan kulit wajah. Hal ini berkat senyawa aloin dan aloesin di dalamnya yang dapat menghancurkan dan mencegah pembentukan melanin. 

Cara membuat masker buaya juga mudah banget, tinggal ikuti saja beberapa langkah berikut ini. Siapkan lidah buaya, cuci hingga bersih. Kupas lidah buaya dan ambil daging buahnya yang berwarna putih bening. Oleskan daging lidah buaya tersebut pada wajah dan leher secara merata hingga meresap ke dalam kulit. Bilas hingga bersih.

9. Jajal Perawatan dengan Masker Bengkoang

Bengkoang banyak digunakan sebagai bahan dasar skincare, terutama yang memiliki manfaat pencerah. Ternyata, bahan alami yang satu ini kaya akan antioksidan yang mampu mencerahkan kulit, salah satunya adalah isoflavon.

Cara melakukan perawatan wajah dengan masker bengkoang juga mudah. Campurkan bubuk bengkoang dengan air dan madu, oleskan pada wajah secara merata. Diamkan selama 15 menit lalu bilas wajah hingga bersih.

10. Gunakan Yoghurt Sebagai Masker Alami

Selain kedua bahan alami di atas, yoghurt juga bisa jadi alternatif perawatan lainnya, lho. Bahan yang satu ini kaya akan kandungan asam laktat yang bisa mendorong proses pengelupasan sel kulit mati untuk menyamarkan noda hitam dan meratakan warna kulit.

Selain itu, menggunakan masker yoghurt secara rutin bisa membantu memutihkan wajah sekaligus membuat kulit jadi lebih lembap dan lembut. Nggak hanya itu saja, yoghurt juga bisa merangsang produksi kolagen untuk membuat kulit lebih kenyal dan sehat.

Cara membuat masker yoghurt mudah banget. Campurkan 1/4 cangkir plain yoghurt dengan 1 sendok teh madu. Aduk hingga rata lalu aplikasikan pada wajah selama 15 menit. Bilas hingga bersih.

11. Perhatikan Asupan Air Mineral Harian

Asupan air mineral yang terpenuhi dengan baik dapat membantu menjaga hidrasi alami kulit. For your information, kulit yang terjaga kelembapan alaminya akan lebih mudah dalam memperbaiki struktur jaringan kulit yang rusak lewat proses regenerasi. Jadi, penting untuk selalu memperhatikan asupan air mineral setiap hari. 

12. Konsumsi Makanan yang Baik untuk Kesehatan Kulit

Jangan lupa pilih makanan yang mendukung kesehatan kulitmu. Konsumsi kacang-kacangan seperti almond misalnya mengandung nutrisi penting seperti vitamin E, C, zinc dan selenium yang menjaga kesehatan kulit. Selain itu, asam lemak omega-3 di dalamnya juga mampu membantu memperbaiki jaringan kulit yang rusak, termasuk memudarkan bekas jerawat yang menghitam.

Selain kacang-kacangan, buah seperti tomat, kiwi, alpukat juga dikenal sangat baik untuk menjaga kesehatan sekaligus mencerahkan warna kulit. Pastikan untuk selalu memperhatikan makanan yang dikonsumsi karena mempengaruhi kesehatan kulit cantikmu ya!

Sekarang nggak perlu galau lagi dengan masalah bekas jerawat menghitam. Beberapa perawatan kulit ini jadi pilihan yang tepat untuk membantu memudarkan masalah tersebut. Selamat mencoba ya! 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading