Sukses

Beauty

5 Cara Mudah untuk Meratakan Warna Kulit Wajah

Fimela.com, Jakarta Warna kulit yang tidak merata bisa menyebabkan wajah tampak lebih kusam. Hal ini dapat mengganggu penampilan secara keseluruhan. Meski warna kulit setiap orang akan berbeda-beda, tetapi meratakan warna kulit adalah salah satu hal yang perlu dilakukan. Secara umum, penyebab warna kulit yang tidak merata adalah akibat paparan sinar matahari. 

Intensitas sinar matahari yang berlebihan bisa menyebabkan terjadinya hiperpigmentasi atau kondisi ketika tubuh memproduksi melanin melebihi batas normal. Kondisi ini membuat timbulnya bercak-bercak gelap pada kulit. Namun, kulit yang tidak merata juga dapat disebabkan faktor lainnya, seperti bekas jerawat, bintik penuaan, atau perubahan hormon. Melansir dari beberapa situs, inilah cara untuk meratakan warna kulit dengan mudah.

1. Gunakan Sunscreen Setiap Hari

Menggunakan sunscreen sudah menjadi kebutuhan yang harus terpenuhi setiap hari. Apalagi dalam menjaga warna dan tekstur kulit secara maksimal. Matahari bisa menyebabkan hiperpigmentasi dengan adanya pelepasan melanin dan kerusakan akibat radikal bebas. Penggunaan sunscreen dapat bermanfaat untuk melindungi warna kulit agar tetap merata. Oleskan sunscreen yang mengandung SPF di atas 30 setiap harinya supaya kulit pun bebas dari masalah. Kamu juga dapat menggunakan sunscreen yang mengandung zinc oxide atau titanium oxide untuk perlindungan yang lebih optimal. 

2. Menggunakan Produk Eksfoliasi

Melakukan eksfoliasi dapat membantu membebaskan sel kulit mati sehingga lapisan kulit tampak lebih segar, halus, dan bercahaya. Proses eksfoliasi secara teratur dapat membantu dalam meratakan warna kulit. Saat melakukannya, hindari untuk pemakaian produk terlalu sering supaya tidak menimbulkan iritasi. 

Tekstur kulit yang tidak mulus karena pori-pori besar dapat menghalangi pengaplikasian produk. Eksfoliasi dapat membantu kulit agar bisa menerima bahan-bahan skincare agar menyerap secara lebih maksimal, seperti vitamin yang dapat membantu untuk mencerahkan atau antioksidan yang berperan melindungi kulit. Dengan begitu, warna kulit pun bisa lebih terjaga dan merata. 

3. Gunakan Vitamin C

Vitamin C bisa menjadi bahan untuk melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas. Antioksidan kuat ini dapat mencegah hiperpigmentasi dan mencegah penuaan. Diketahui dari situs ipsy, vitamin C secara tidak langsung dapat menghambat enzim tirosinase yang sangat penting dalam proses sintesis melanin di kulit.

Vitamin C, contohnya seperti yang ada di dalam serum, bisa menjadi solusi dalam meminimalisir munculnya bintik-bintik hitam. Oleh sebab itu, vitamin C dapat menjadi bagian penting dalam perawatan kulit karena kaya akan antioksidan yang sangat bermanfaat dalam memperbaiki tekstur, warna kulit, dan tampilan kulit lebih sehat. 

4. Jangan Menyentuh Kulit yang Berjerawat

Bekas jerawat bisa membuat kulit menjadi kusam sehingga penting untuk tidak memencet jerawat. Apabila menyentuh dan memencetnya, maka proses penyembuhan akan berlangsung secara lebih lambat. Menyentuh jerawat tersebut bisa melukai kulit dan meninggalkan bekas hitam. Kondisi ini secara lebih lanjut bisa menyebabkan kerusakan dan berpengaruh pada warna kulit. Situasi yang sama juga berlaku apabila kulit sedang terluka. Cobalah untuk tidak menyentuh dan menggaruk luka karena kebiasaan tersebut justru dapat membuat kulit menjadi lebih gelap. 

5. Gunakan Bahan yang Mengandung Antioksidan Lainnya

Antioksidan dapat memberikan perlindungan pada kulit supaya lebih sehat. Selain dengan menggunakan vitamin C, terdapat bahan-bahan lainnya yang bisa dijadikan antioksidan. Bahan alami ini, seperti vitamin A dan vitamin E. Menggunakan retinol bisa menjadi pilihan untuk meningkatkan pengelupasan kulit sehingga membantu membuat kulit menjadi lebih merata. Kandungan ini bisa mempertahankan tekstur alami kulit dan mencegah hiperpigmentasi. Gunakan retinol pada saat malam hari untuk perawatan kulit yang lebih baik. 

Itulah cara yang bisa dilakukan agar warna kulit terlihat lebih merata. Lakukan perawatan dengan produk skincare secara rutin agar lebih cepat mendapatkan hasil yang diinginkan. Semoga bermanfaat!

 

Penulis: Syifa Azzahra.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading