Sukses

Beauty

6 Tips Perawatan Wajah Setelah Melakukan Chemical Peeling

Fimela.com, Jakarta Sababat Fimela, untuk mendapatkan kulit wajah yang glowing, diperlukan penggunaan rangkaian skincare secara rutin. Dalam rangkaian skincare tersebut, eksfoliasi menjadi salah satu tahap terpenting. Eksfoliasi perlu dilakukan agar kulit wajah tetap sehat dan terlihat dan cerah. 

Eksfoliasi dapat dilakukan dengan prosedur chemical peeling. Dilansir dari Mayo Clinic, chemical peeling merupakan sebuah prosedur untuk menhilangkan lapisan terluar kulit. Lapisan terluar kulit mengandung sel-sel kulit mati yang menyebabkan wajah terlihat kusam. Dengan melakukan chemical peeling, sel-sel pada lapisan terluar kulit akan tumbuh kembali menjadi sel baru. 

Prosedur chemical peeling dilakukan untuk menjaga kulit tetap sehat. Chemical peeling dilakukan untuk menghilangkan warna kulit tidak merata, mengatasi garis-garis halus, mencegah munculnya noda hitam, memperbaiki tekstur wajah yang kasar, dan masih banyak lagi. Chemical peeling sebaiknya dilakukan dengan dokter kecantikan profesional. 

Terdapat tiga jenis chemical peeling yang dapat Sahabat Fimela coba, yaitu:

  • Light chemical peeling, dilakukan untuk menghilangkan lapisan kulit luar (epidermis) untuk mengatasi kerutan halus, jerawat, kulit tidak merata, dan kekeringan. Umumnya dilakukan setiap dua hingga lima minggu.
  • Medium chemical peeling, dilakukan untuk menghilangkan sel kulit dari epidermis dan bagian atas dermis untuk mengatasi kerutan, bekas jerawat, dan kulit tidak merata. Prosedur ini perlu diulang untuk mencapai hasil yang diinginkan dan kemungkinan membutuhkan waktu pemulihan yang lebih lama.
  • Deep chemical peeling, dilakukan untuk menghilangkan sel kulit dari lapisan yang lebih dalam lagi. Jenis peeling ini sangat direkomendasikan untuk masalah kerutan, bekas luka, dan masalah tekstur wajah lainnya. Namu, pemulihannya pun membutuhkan waktu yang cukup lama. 

Untuk mendapatkan hasil chemical peeling yang maksimal, Sahabat Fimela perlu melakukan perawatan setelanya. Jika tidak, kemungkinan akan timbul beberapa efek samping yang tidak diinginkan. Nah, berikut adalah tips perawatan yang tepat setelah melakukan prosedur chemical peeling, dilansir dari laman CQ Skin.

Jangan mengupas kulit sendiri

Setelah melakukan chemical peeling, dalam proses pemulihannya, kulit akan mengering dan terkelupas.  Nah, biarkan kulit mengelupas dengan sendirinya. Meskipun keliatannya cukup menggoda untuk membantu proses pengelupasan tersebut, sebisa mungkin bersabarlah. Mengupas kulit sendiri dapat merusak lapisan di bawahnya.

Pastikan tidak menggunakan terlalu banyak produk

Pada saat proses pemulihan, sebaiknya hindsri menggunakan terlalu banyak produk skincare yang mengandung bahan aktif. Setelah melakukan chemical peeling, kulit wajah menjadi lebih sensitif. Menggunakan terlalu banyak produk dapat mengiritasi atau merusak kulit. Menggunakan pelembab dan sunscreen saja dalam skincare routine-mu sebenarnya sudah cukup. 

Hindari air panas

Disarankan untuk menggunakan air dingin atau hangat selama proses penyembuhan pasca chemical peel. Menggunakan air panas untuk mencuci wajah dapat menyebabkan iritasi dan kerusakan pada kulit. Air dingin membantu menenangkan iritasi atau ketidaknyamanan selama proses penyembuhan pada kulit. 

Selalu gunakan moisturizer

Setelah melakukan prosedur chemical peeling, skin barrier alami wajah menajdi lebih lemah. Untuk mengurangi kemerahan dan mengembalikan kekuatan skin barrier, selalu gunakan moisturizer. Menggunakan moisturizer secara rutin membuat kulit terhidrasi dengan baik, sehingga proses penyembuhan menjadi lebih cepat. 

Hindari melakukan eksfoliasi 

Chemical peel pada dasarnya adalah eksfoliator. Selama minggu pertama setelah chemical peeling, hindari penggunaan produk eksfoliasi, bahkan yang ringan sekalipun. Hal ini untuk menghindari kemerahan dan iritasi yang dapat memengaruhi hasil perawatan. Sebaiknya, jamgan gunakan eksfoliator apapun sebelum kulit wajahmu benar-benar pulih. 

Jangan lupakan sunscreen 

Setelah melakukan chemical peeling, kulit menjadi lebih sensitif karena skin barrier alami kulit melemah. Paparan sinar UV matahari dapat sangat membahayakan kulit yang sensitif. Maka dari itu, diperlukan perlindungan, seperti penggunaan sunscreen, untuk menghindari paparan sinar matahari secara langsung. Pastikan untuk menggunakan sunscreen dengan SPF minimal 30 setiap akan menjalankan aktivitas diluar ruangan. 

Itulah beberapa tips yang harus dilakukan agar manfaat chemical peeling dapat Sahabat Fimela rasakan secara maksimal. Dengan mempraktikan tips perawatan tersebut, Sahabat Fimela tidak hanya merasakan manfaat chemical peeling, tetapi juga menghindari efek samping yang semakin parah. 

 

Penulis: Denisa Aulia

#BreakingBoundaries 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading