Sukses

Beauty

5 Manfaat dan Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan saat Menggunakan Clay Mask

Fimela.com, Jakarta Brand kecantikan selalu merilis produk dengan kemasan dan kandungan yang sangat bervariasi. Hal ini dilakukan untuk menyesuaikan kebutuhan tiap orang secara spesifik, terutama bagi para pecinta produk kecantikan. Begitu juga dengan produk masker, seperti produk clay mask.

Sahabat Fimela pasti sudah sering menemukan produk-produk masker wajah dengan kemasan dan bentuk yang kini semakin banyak jenisnya. Bahkan, setiap produk pun memiliki kegunaan yang berbeda-beda sesuai kandungannya. Akan tetapi, secara umum, penggunaan masker begitu penting untuk melindungi kesehatan kulit secara maksimal hingga lapisan terdalam. Bagi jenis kulit yang berminyak, berjerawat, atau kombinasi, clay mask dapat menjadi produk andalan untuk mengatasi beragam permasalahan pada kondisi wajah. 

Dikutip dari Healthline, clay mask adalah masker wajah yang terbuat dari bahan berupa tanah liat, seperti kaolin atau bentonit. Masker ini dipercaya bisa menyerap minyak dan bakteri supaya wajah tampak bersih. Maka dari itu, penggunaan clay mask dapat membuat kulit menjadi lebih awet muda. Penasaran dengan manfaat lainnya yang bisa didapatkan dari masker ini? Simak penjelasannya di bawah ini:

 

Manfaat Clay Mask

Merangkum dari banyak sumber, inilah sejumlah manfaat yang diberikan oleh clay mask:

1. Mengendalikan Minyak Berlebih di Wajah

Clay mask dipercaya mempunyai kandungan mineral yang bisa menyerap minyak dan bakteri sehingga kulit akan tampak lebih bersih. Clay mask bisa melindungi kulit dengan membatasi produksi minyak yang berlebihan, mencegah jerawat ringan, dan mengurangi komedo.

Umumnya, jerawat bisa muncul saat pori-pori sudah tersumbat oleh kotoran dan minyak. Maka dari itu, jika kamu termasuk ke dalam tipe kulit yang berminyak dan mudah berjerawat, oleskan clay mask secara teratur yakni sekali atau dua kali dalam seminggu.

2. Membantu Mempertahankan Kelembapan

Penggunaan clay mask juga direkomendasikan bagi kulit kering karena masker ini dapat menciptakan lapisan yang bisa membantu kulit untuk tetap lembap. Namun, perlu diperhatikan lagi bahwa penggunaan masker ini juga bisa membuat dampak yang sebaliknya. Apabila kulit terasa kering, maka oleskan hanya dalam satu kali saja dalam seminggu.

3. Menenangkan Kulit yang Sensitif

Beberapa clay mask dapat membantu untuk meredakan kemerahan, jerawat atau peradangan. Jenis clay mask tersebut bisa bekerja untuk mendetoksifikasi kulit supaya wajah bersih dari segala noda dan bakteri yang membuat wajah kusam. 

Formulasi yang ada di dalam clay mask akan menjaga wajah tetap lembut dan lembap. Oleh sebab itu, clay mask dapat berperan untuk memberikan efek yang menenangkan dan mengendalikan sensitivitas. Clay mask akan meningkatkan aliran darah dan sirkulasi oksigen pada kulit sehingga dapat menyembuhkan luka dan meringankan gejala kulit sensitif. Namun, perlu diperhatikan lagi bahwa bahan-bahan tersebut memang sudah cocok dengan kondisi kulitmu. 

4. Mencegah Jerawat

Bila Sahabat Fimela masih bermasalah dengan jerawat yang selalu datang lagi dan lagi, maka clay mask bisa membantu untuk mengatasi hal tersebut. Kekuatannya dalam membersihkan akan membantu masker ini untuk menghilangkan bakteri penyebab jerawat. Dengan penggunaan yang dilakukan secara rutin dalam waktu lama, clay mask juga akan membantu dalam memudarkan bekas jerawat. 

5. Memperbaiki Warna Kulit

Manfaat selanjutnya yang bisa didapatkan, yaitu clay mask dapat memperbaiki warna kulit secara alami. Hal ini disebabkan karena masker ini dapat bekerja untuk menghilangkan sel kulit mati dan mendukung pembaruan sel kulit. Clay mask juga dapat meningkatkan jumlah kolagen yang diproduksi kulit. Secara keseluruhan, penggunaan masker ini akan membuat tampilan wajah lebih segar, sehat, dan awet muda. 

 

Hal-hal yang Perlu Diperhatikan dalam Menggunakan Clay Mask

1. Aplikasikan Masker pada Kulit yang Bersih

Saat ingin menggunakan clay mask, jangan lupa untuk membersihkan wajah terlebih dahulu supaya bahan aktif di dalam masker dapat bekerja secara efektif. Gunakan pembersih berbahan ringan supaya bisa mengangkat minyak dan kotoran di kulit dan mencegah terjadinya penumpukan. Apabila wajah telah bersih, maka oleshkan masker dengan lapisan yang tidak berlebihan.

2. Hindari untuk Terlalu Banyak Menggunakan Produk

Masker wajah seperti clay mask perlu dioleskan dalam jumlah secukupnya pada lapisan kulit yang telah dibersihkan. Hal ini disebabkan karena lapisan yang tebal akan mengurangi efektivitas dari bahan yang ada pada masker. Lapisan tebal tersebut justru akan menyumbat pori-pori. Oleh karenanya, lebih baik untuk mengoleskan lapisan yang tipis saja dan hindari mengaplikasikannya terlalu banyak. 

3. Jangan Membiarkannya dalam Waktu Lama

Sesuatu yang berlebihan sering kali menimbulkan efek yang tidak baik untuk tubuh. Selain memperhatikan intensitas yang digunakan, hindari untuk membiarkan clay mask dalam waktu yang lama. Sebaiknya, basuh clay mask sebelum benar-benar kering atau masih ada bagian yang basah. Sebab, clay mask yang dibiarkan terlalu lama akan menyebabkan masalah serius, seperti kulit  kering hingga iritasi.

4. Gunakan Pelembap atau gunakan Clay Mask dengan Bahan yang Melembapkan

Supaya kulit tidak terlalu kering, maka gunakan pelembap untuk menghidrasi kulit. Sebagai alternatif, pilih clay mask dengan bahan yang mengidrasi, seperti gliserin, asam hialuronat, atau squalene. Bahan tersebut akan membantu untuk menjaga kulit agar tidak menjadi kering. 

5. Penting untuk Selalu Menyesuaikan Clay Mask dengan Jenis Kulit

Setiap orang memiliki tingkat kecocokan yang berbeda saat menggunakan produk kecantikan. Jadi, sangatlah penting utnuk memahami jenis kulitmu sebelum memilih produk yang ingin digunakan. Sesuaikan dengan keperluan dan perhatikan kembali bahan-bahan yang tertera. 

 

Setelah mengetahui manfaat dan hal-hal yang perlu diperhatikan saat menggunakan clay mask, apakah Sahabat Fimela tertarik untuk menggunakannya? Apa pun produk kecantikan yang kamu pilih, tetaplah ingat untuk memperhatikan zat yang terkandung di dalamnya. Jangan sampai kesehatan kulitmu justru jadi terganggu karena telah memilih produk dan penggunaan yang salah. 

 

Penulis: Syifa Azzahra

 

 

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading