Sukses

Beauty

Bisa Menggunakan Clay Mask, Ini 6 Tips Mengecilkan Pori-Pori Wajah

Fimela.com, Jakarta Salah satu masalah kulit yang sering dijumpai adalah pori-pori yang besar. Hal ini menyebabkan seseorang terganggu dengan tampilan wajah dan menjadi kurang rasa percaya diri. Cara untuk mengecilkan pori-pori dengan skincare guna merawat wajah memang sangat beragam, mulai dari menggunakan pembersih wajah, masker hingga mengonsumsi makanan sehat.

Berbagai kalangan usia tentu menginginkan tampilan wajah idaman yang bersih dan mulus dengan giat mengecilkan pori-pori wajah. Faktanya, pori-pori tidak dapat dihilangkan sepenuhnya, sebab setiap orang tetap membutuhkan pori-pori yang berfungsi untuk keseimbangan tubuh keseluruhan.

Namun, tidak baik pula jika terus membiarkan pori-pori lama tersumbat hingga menimbulkan bintik-bintik di wajah. Berikut 6 tips mengecilkan pori-pori wajah dengan mudah yang Fimela rangkum dari Medical News Today, Rabu (10/11/2021).

1. Hindari Memilih Produk Berbahan Dasar Minyak

Produk pelembap mengandung berbagai bahan aktif, termasuk minyak. American Academy of Dermatology (AAD) merekomendasikan penggunaan produk bebas minyak, melainkan produk berbahan dasar air. Bagi orang yang memiliki kulit berminyak, bisa mendapatkan manfaat dari produk yang mengandung humektan tinggi daripada minyak, misalnya madu dan urea untuk produk perawatan kulit.

Produk berbasis minyak mengandung petrolatum, minyak kelapa dan jenis minyak lainnya. Mereka secara efektif melembapkan kulit, namun mungkin tidak sesuai bagi orang dengan kulit berminyak dan memiliki pori-pori besar. Minyak berlebih justru membuat kulit membuat pori-pori tampak lebih besar.

2. Rajin Mencuci Muka

Mencuci muka menjadi perawatan kulit paling mendasar. AAD menjelaskan hal-hal yang perlu diperhatikan saat mencuci muka, sebagai berikut:

  • Mencuci muka dua kali sehari atau lebih setelah banyak berkeringat atau berolahraga
  • Menggunakan air hangan dan mengoleskan pembersih wajah dengan lembut. Pastikan jari sudah bersih
  • Memilih pembersih wajah yang lembut dan tidak mengandung alkohol
  • Menghindari menggosok kulit wajah
  • Menepuk-nepuk wajah hingga kering dengan handuk bersih

Sebaiknya, mencuci wajah setiap pagi dan sore hari ataupun malam setelah beraktivitas guna membantu membersihkan minyak dan kotoran dari pori-pori. Dengan begitu, pori-pori tidak akan terlalu terlihat.

3. Memilih Pembersih Berbasis Gel

Pembersih yang berbasis gel cocok untuk kulit berminyak yang ingin mengecilkan pori-pori. Sebaiknya, hindari pembersih berbahan dasar minyak atau alkohol, sebab bisa mengiritasi kulit. Pembersih ini dapat meninggalkan residu di pori-pori dan meningkatkan minyak. Dengan begitu, gel bisa membantu membersihkan minyak dari pori-pori.

4. Menggunakan Pelembap

Menggunakan pelembap bebas minyak dapat membantu mengurangi pembesaran pori-pori. Caranya dengan mencuci wajah, kemudian menepuk-nepuk kulit hingga kering dan mengoleskan pelembap dengan lembut untuk menghidrasi serta melembutkan kulit. Besar kemungkinan minyak dari kelenjar sebaceous untuk menembus lebih dalam pada kulit. Dengan cara ini, pelembap mampu mencegah pori-pori tersumbat minyak dan mengurangi tampilannya.

5. Eksfoliasi

Sebagian orang, khususnya yang memiliki tipe kulit berminyak harus melakukan eksfoliasi sekali atau dua kali seminggu guna menghilangkan bakteri yang menyumbat pori-pori, seperti kotoran, sel kulit mati, minyak berlebih, asam mandelic untuk kulit sensitif dan sebagainya.

Perlu diingat, penting untuk tidak melakukan eksfoliasi lebih dari dua kali seminggu. Hal ini bisa menyebabkan kulit menjadi kering. Meski pengelupasan membantu menjaga pori-pori tidak tersumbat, namun pori-pori dapat terlihat besar.

6. Menggunakan Innisfree Volcanic Calming Pore Clay Mask

Fimela merekomendasikan Innisfree Volcanic Calming Pore Clay Mask bagi Sahabat Fimela yang ingin mengecilkan pori-pori. Telah hadir pada 1 November, Innisfree mengeluarkan produk terbarunya guna membantu mengecilkan pori-pori. Kulit mati dan kotoran yang menyumbat pori-pori ini membuat Innisfree menciptakan produk dengan PHA/AHA untuk menghilangkan kotoran serta peeling ringan dan volcanic sphere atau volcanic clay untuk menyerap sebum berlebih.

Produk ini memiliki exfoliating clay ringan yang mengandung Madecassoside, di mana kandungan tersebut dikenal untuk efek melembapkan dan menenangkan kulit wajah. Bahkan, terdapat kandungan Carbonated Hot Spring Water dari Jeju. Clay mask ini pun telah melalui uji iritasi kulit pada tipe kulit sensitif.

Teksturnya yang creamy serta ringan dapat melembapkan seperti gel dan efektif mengatasi masalah pori. Pore caring dan peeling ini mampu mengurangi sebum, komdeo, sel kulit mati dan mengurangi ukuran pori dengan sementara.

Volcanic Calming Pore Clay Mask ini aman digunakan setiap hari, terutama bagi yang memiliki aktivitas diluar ruangan atau menggunakan masker sehingga sebum di wajah menumpuk. Selain itu, masker ini mudah dan cepat digunakan, sebab hanya mengaplikasikan pada wajah yang telah dibersihkan, tunggu 5 menit, kemudian bilas dengan air hangat dan lanjutkan dengan hydrating toner serta produk wajah lainnya.

Sahabat Fimela, yuk merawat wajah dengan rajin menerapkan tips-tips diatas agar pori-pori juga tak terlihat!

Penulis: Atika Riyanda Roosni

#Elevate Women

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
Perempuan Wajib Tahu, Inilah Efek Jangka Panjang Suntik Botox
Artikel Selanjutnya
5 Rekomendasi Produk Kecantikan Kulit Wajah dengan Kandungan Deep Sea Water