Sukses

Beauty

5 Cara Mewarnai Rambut Beruban dengan Mudah

Fimela.com, Jakarta Mewarnai rambut merupakan salah satu cara yang efektif untuk menutupi uban dan membuat penampilan kita terlihat lebih muda. Bagi banyak orang yang mulai beruban, mewarnai rambut menjadi pilihan yang populer untuk mengembalikan penampilan mereka. Namun, mewarnai rambut yang mulai beruban tidak semudah yang dibayangkan.

Faktor keturunan bisa menjadi salah satu penyebab utama rambut beruban. Jika memiliki anggota keluarga yang mengalami kebotakan atau rambut beruban, kemungkinan juga akan mengalami hal yang serupa. Selain itu, semakin bertambah usia, produksi melanin (pigmen pewarna rambut) dalam folikel rambut akan menurun, dan ini dapat menyebabkan rambut berubah menjadi abu-abu dan pada akhirnya bertambah banyak. Apalagi jika sering terkena paparan terhadap polusi udara, sinar matahari, dan zat kimia dalam produk perawatan rambut juga dapat mempengaruhi kehilangan melanin dalam rambut.

Saat tubuh kekurangan zat besi, vitamin B12, vitamin D, dan asam amino tertentu dapat berkontribusi pada rambut beruban karena nutrisi yang cukup sangat dibutuhkan untuk kesehatan folikel rambut. Stres berkepanjangan juga dapat memicu rambut beruban karena dapat membuat tubuh mengalami perubahan hormon dan gangguan metabolisme. Hingga beberapa kondisi medis seperti penyakit autoimun, gangguan tiroid, dan masalah kelenjar adrenal juga dapat menyebabkan rambut beruban atau kebotakan. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat melakukan cat rambut, agar hasilnya tetap tampak alami dan membuat rambut terlihat lebih muda. Simak cara mewarnai rambut beruban berikut ini:

Cara Mewarnai Rambut Beruban

1. Pilih Cat Sesuai Warna Kulit

Pertama, pilihlah warna yang sesuai dengan warna kulit dan warna alami rambut. Memilih warna yang terlalu terang atau terlalu gelap dapat membuat wajah terlihat lebih tua. Sebaiknya pilihlah warna yang hanya beberapa nuansa lebih gelap dari warna alami rambut.

2. Gunakan Cat Berkualitas

Gunakan cat rambut yang aman dan berkualitas. Hindari penggunaan cat rambut murahan yang dapat merusak rambut dan kulit kepala. Pilihlah cat rambut yang mengandung bahan-bahan alami dan bebas amonia, untuk menghindari iritasi pada kulit kepala.

3. Uji Coba Terlebih Dahulu

Jangan lupa untuk melakukan uji coba terlebih dahulu sebelum mewarnai seluruh rambut. Coba mewarnai sebagian kecil rambut terlebih dahulu untuk melihat hasilnya dan memastikan bahwa warna yang dipilih sesuai dengan keinginan.

Cara Mewarnai Rambut Beruban

4. Lakukan Perawatan Rambut

Lakukan perawatan rambut secara teratur setelah mewarnai rambut. Warna cat rambut akan lebih tahan lama jika rajin merawat dan memberikan asupan nutrisi pada rambut. Gunakan produk-produk perawatan rambut yang mengandung vitamin dan minyak alami untuk menjaga kelembaban rambut.

5. Konsultasi Pada Ahli

Terakhir, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan ahli kecantikan atau tukang cukur profesional sebelum mewarnai rambut. Mereka akan membantu memilih warna yang sesuai dengan bentuk wajah dan memberikan saran-saran terbaik untuk merawat rambut yang baru diwarnai.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading