Sukses

Beauty

Atasi Ketombe dan Rambut Rontok Dimulai dari Merawat Kulit Kepala, Begini Rutinitas Keramas yang Disarankan Ahli

Fimela.com, Jakarta Ketombe dan rambut rontok jadi dua dari tiga permasalahan utama pada rambut yang dialami seseorang. Setidaknya, seseorang pernah mengalami yang disebut rambut berketombe dan rambut rontok sekali dalam seumur hidup. Sahabat Fimela juga pernah alami hal serupa bukan?

Permasalahan rambut ini dipengaruhi oleh beragam faktor, mulai dari polusi, paparan sinar UV, gaya hidup yang tidak seimbang, dan juga kondisi air bersih yang dimiliki. Seseorang yang sedang berketombe maupun rambut rontok biasanya hanya fokus pada rambutnya saja. Namun ternyata perawatan rambut harus dimulai dari perawatan kulit kepala untuk mengatasi ketombe dan rambut rontok.

“Paparan sinar matahari dan tingginya tingkat polusi di kota-kota besar secara tidak langsung mempengaruhi kondisi kesehatan kulit kepala. Partikel polutan ini bisa menempel di manapun, termasuk di kulit kepala yang memiliki struktur lebih kompleks daripada kulit wajah. Partikel polutan yang merupakan radikal bebas yang menempel d kulit kepala bisa memicu peradangan, sehingga bisa menimbulkan banyak masalah kulit kepala seperti ketombe, dan kerontokan,” dr. Danar Wicaksono, M.Sc, SpDV.

Kesehatan kulit kepala erat kaitannya dengan kesehatan rambut. Kita sering lupa bahwa kulit kepala memberikan nutrisi pada rambut kita dan kondisi kulit kepala dapat mempengaruhi kesehatan rambut. Kondisi kulit kepala yang tidak sehat dapat menyebabkan beberapa permasalahan di antaranya: ketombe, iritasi, kulit kepala gatal atau kemerahan, kulit kepala berminyak, perubahan tekstur dan kilau rambut, dan tidak dapat mendukung pertumbuhan rambut yang sehat. Faktor stres juga dapat mempengaruhi kondisi kulit kepala dan rambut.

 

Rutinitas haircare yang disarankan

Untuk mengatasi permasalahan tersebut, dr. Danar merekomendasikan penggunaan haircare yang tepat. Dari Inaura Professional, hadir rangkaian haircare Magia Scalp Series dengan konsep Hair & Scalp Skinification yang memberikan perawatan kulit kepala sama seperti prerawatan kulit.

Magia Scalp Series memiliki kandungan Niacinamide-Biotin, Biotolife, Rambuvital yang mampu membersihkan kulit kepala, menutrisi rambut untuk menjaga kesehatan dan kekuatan rambut,. Niacinamide membantu sirkulasi darah untuk membawa oksigen dan nutrient ke hair folikel sehingga rambut tumbuh kuat, biotin membantu menjaga kekuatan rambut.

Biotolife membantu membatasi proliferasi mikroorganisme yang bertanggung jawab terhadap pembentukan ketombe dan iritasi serta meningkatkan fungsi scalp barrier. Rambuvital mampu menjaga scalp barrier, melindungi oksidasi sebum akibat polusi, sehingga mengurangi bau tidak sedap di kulit kepala dan rambut serta melindungi rambut dari polutan.

Magia Scalp Series hadir dalam produk perawatan yang terbilang lengkap. Mulai dari, Magia Scalp Clariying Scrub, Magia Scalp Clarifying Shampoo, Magia Scalp Balancing Mask, dan tiga Magic Scalp Intensive Care Serum yang disesuaikan dengan permasalahan rambut yang dihadapi. Lantas, bagaimana rutinitas perawatan rambut yang disarankan untuk mengatasi ketombe dan rambut rontok?

 

1. Magia Scalp Clariying Scrub

Kamu bisa memulai dengan penggunaan scrub untuk membersihkan kulit kepala secara mendalam. Dengan kandungan Jojoba Natural Scrub membantu mengeksfoliasi atau mengangkat sel kulit mati serta kotoran yang menempel di kulit kepala tanpa menyebabkan iritasi. Sementara, Salicylic Acid (BHA) sebagai mild exfoliator serta perpaduan Yeast Ferment Extract dan Nephelium Lappaceum Seed Extract yang menjaga kondisi kulit kepala dari ketombe dan bau tak sedap.

Kamu bisa gunakan scrub ini dengan basahi rambut dan kulit kepala. Aplikasikan pada kulit kepala/rambut dan pijat lembut selama 3-5 menit. Lalu bilas, lanjutkan dengen penggunaan Scalp Clarifying Shampoo.

 

2. Magia Scalp Clarifying Shampoo

Magia Scalp Clarifying Shampoo merupakan salah satu rangkaian Scalp Care Solution yang fungsi utamanya adalah membersihkan kulit kepala dari minyak dan reside berlebih tanpa menimbulkan iritasi. Fungsi lainnya adalah menguatkan rambut dari akarnya. Perpaduan 𝐘𝐞𝐚𝐬𝐭 𝐅𝐞𝐫𝐦𝐞𝐧𝐭 𝐄𝐱𝐭𝐫𝐚𝐜𝐭 dan 𝐍𝐞𝐩𝐡𝐞𝐥𝐢𝐮𝐦 𝐋𝐚𝐩𝐩𝐚𝐜𝐞𝐮𝐦 𝐒𝐞𝐞𝐝 𝐄𝐱𝐭𝐫𝐚c𝐭 akan menjaga kulit kepala dari gangguan ketombe dan bau tak sedap.

 

3. Magia Scalp Balancing Mask

Magia Scalp Balancing Mask memiliki fungsi utamanya adalah menutrisi serta melembutkan rambut dan kulit kepala. Perpaduan 𝐘𝐞𝐚𝐬𝐭 𝐅𝐞𝐫𝐦𝐞𝐧𝐭 𝐄𝐱𝐭𝐫𝐚𝐜𝐭 dan 𝐍𝐞𝐩𝐡𝐞𝐥𝐢𝐮𝐦 𝐋𝐚𝐩𝐩𝐚𝐜𝐞𝐮𝐦 𝐒𝐞𝐞𝐝 𝐄𝐱𝐭𝐫𝐚𝐜𝐭 akan membantu menyeimbangkan mikrobioma kulit kepala, menguatkan rambut juga memberikan ekstra perlindungan pada kulit kepala. Sehingga kulit kepala lebih bersih, rambut lebih kuat, tampak sehat berkilau, ternutrisi dan terjaga kelembutannya.

Aplikasikan secara merata pada rambut dan diamkan 10-15 menit lalu bilas hingga bersih. Keringkan dengan handuk, kemudian lanjutkan dengan pemakaian hair serum yang tepat sesuai kebutuhan rambut dan kulit kepala

 

4. Magic Scalp Intensive Care Serum

Melengkapi rutinitas perawatan rambut, Inaura menghadirkan tiga jenis Magic Scalp Intensive Care Serum yang disesuaikan dengan permasalahan rambut. Kamu hanya perlu mengoleskan serum ke kulit kepala yang sudah dibersihkan. Ratakan dan pijat lembut selama 1-2 menit. Ada serum apa saja?

  • Magia Scalp Hydra Barrier Intensive Care Serum (Pink): Mengandung 𝐇𝐲𝐚𝐥𝐮𝐫𝐨𝐧𝐢𝐜 𝐀𝐜𝐢𝐝, 𝐏𝐫𝐞𝐛𝐢𝐨𝐭𝐢𝐜 𝐂𝐨𝐦𝐩𝐥𝐞𝐱, 𝐍𝐞𝐩𝐡𝐞𝐥𝐢𝐮𝐦 𝐋𝐚𝐩𝐩𝐚𝐜𝐞𝐮𝐦 (𝐑𝐚𝐦𝐛𝐮𝐭𝐚𝐧) 𝐒𝐞𝐞𝐝 𝐄𝐱𝐭𝐫𝐚𝐜𝐭 𝐝𝐚𝐧 𝐀𝐥𝐨𝐞 𝐕𝐞𝐫𝐚 𝐄𝐱𝐭𝐫𝐚𝐜𝐭 yang akan menutrisi, menghidrasi serta membantu membentuk lapisan pelindung di kulit kepala dan rambut sehingga terjaga kelembabannya
  • Magia Scalp Anti-Dandruff Intensive Care Serum (blue): Ketombe jadi salah satu masalah rambut yang paling umum dialami orang Indonesia karena tinggal di iklim tropis. Hal ini disebabkan karena sebum berlebih yang diproduksi oleh kelenjar minyak kulit kepala, menjadi media pertumbuhan bakteri yang memicu munculnya ketombe. Jika proses pengelupasan kulit mati tidak seimbang dengan pergantian kulit baru, terjadilah flaky scalp. Magia Scalp ANTI-DANDRUFF Intensive Care Serum mengandung FINEST ingredient untuk mengatasi permasalahan ketombee, yakni 𝐘𝐞𝐚𝐬𝐭 𝐅𝐞𝐫𝐦𝐞𝐧𝐭 𝐄𝐱𝐭𝐫𝐚𝐜𝐭, 𝐒𝐚𝐥𝐢𝐜𝐲𝐥𝐢𝐜 𝐀𝐜𝐢𝐝, 𝐒𝐞𝐛𝐨-𝐫𝐞𝐠𝐮𝐥𝐚𝐭𝐨𝐫 𝐂𝐨𝐦𝐩𝐥𝐞𝐱 𝐝𝐚𝐧 𝐋𝐢𝐦𝐞 𝐄𝐱𝐭𝐫𝐚𝐜𝐭 yang mampu mengurangi minyak berlebih, gatal akibat ketombe serta memberi sensasi dingin pada kulit kepala.
  • Magia Scalp Hair Density Intensive Care Serum (orange): Selain ketombe, keluhan rambut rontok banyak dirasakan oleh orang Indonesia yang mengakibatkan penipisan pada rambut. Magia Scalp Hair Density Intensive Care Serum akan membantu mengurangi kerontokan atau menambah volume pada rambut. Serum ajaib ini mampu merawat dan menutrisi rambut tipis serta mampu menguatkan rambut. Kombinasi dari 𝐑𝐞𝐝𝐞𝐧𝐬𝐲𝐥- 𝐏𝐞𝐩𝐭𝐢𝐝𝐞- 𝐊𝐨𝐩𝐞𝐱𝐢𝐥 membantu meningkatkan vitalitas folikel rambut dan kulit kepala sehingga akar rambut tetap kuat, sehat, dan tampak lebih bervolume.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading