Sukses

Beauty

Ahli Jawab Usia Berapa Sebaiknya Menggunakan Skincare Anti Aging

Fimela.com, Jakarta Kebanyakan perempuan merasa belum perlu menggunakan skincare anti aging sampai tanda penuaan, seperti garis halus, kerutan, dark spot, hingga kulit kendur, sendiri itu muncul. Apakah kamu juga memikirkan hal yang sama?

Namun kenyataannya, penggunaan skincare anti aging dimaksudkan untuk membantu mencegah terjadinya berbagai tanda penuaan di kulit. Mengutip dari Real Simple, skincare anti aging jadi langkah pencegahan dibandingkan merawat tanda penuaan jika sudah terlanjur muncul.

“Produk anti-penuaan adalah istilah umum untuk menggambarkan produk apa pun yang membantu memperbaiki penampilan, membalikkan, dan mencegah tanda-tanda penuaan,” jelas Dr. Jeanette Graf, dokter kulit bersertifikat dan asisten profesor klinis dermatologi.

Singkatnya, produk apa pun yang mengembalikan kelembapan, meningkatkan elastisitas, mencerahkan kulit, memperbaiki garis-garis halus dan kerutan, dan alat bantu meratakan warna kulit memenuhi syarat sebagai “anti-penuaan".

 

Waktu yang tepat memulai anti aging

Erica Marie Gatt, ahli kecantikan asal Los Angeles menjelaskan produk anti penuaan biasanya mengandung bahan aktif yang ditujukan untuk mengatasi masalah kulit penuaan tertentu. Misalnya, retinoid menargetkan kekencangan dan kerutan kulit, niacinamide membantu mengatasi bintik hitam, dan asam glikolat membantu menghaluskan tekstur kulit.

Untuk mulai waktu penggunaannya sendiri, ditegaskan oleh pakar kulit bahwa tidak ada kata terlalu dini untuk memulai rangkaian perawatan kulit anti-penuaan, terutama jika kamu ingin mempertahankan kulit cantik dan sehat hingga usia senja.

Faktanya, kamu bisa dan harus mulai menggunakan produk ini sejak usia 20-an. Bagaimanapun, tujuannya adalah untuk mencegah tanda-tanda penuaan, dan mengambil langkah untuk merawat dan mengembalikan kondisi kulit tersebut seringkali jauh lebih sulit dan jauh lebih mahal dibandingkan dengan pencegahan.

 

Produk skincare yang bisa digunakan

“Saat Anda mulai melihat tanda-tanda penuaan, kerusakan sudah terjadi,” kata Courtney Moseley, asisten dokter yang dikenal sebagai The Plastic PA.

“Sayangnya, kita tidak bisa menghentikan waktu, namun dengan memulai lebih awal, kita pasti bisa memperlambatnya.”

Dengan kata lain, produk anti-penuaan tidak akan sepenuhnya mencegah kamu terlihat berusia di atas 18 hari. Kulit kita berkembang secara alami seiring berjalannya waktu, namun mengambil tindakan untuk melindungi dan memberi nutrisi pada kulit dapat menghasilkan penampilan yang lebih sehat dalam jangka panjang.

Berikut adalah beberapa produk yang tidak dapat dinegosiasikan untuk disertakan dalam rutinitas Anda.

Sunscreen

Matahari adalah penyebab terbesar penuaan kulit, jadi memasukkan SPF ke dalam rutinitas kamu sejak muda sangatlah penting. Lebih penting lagi, tabir surya membantu mencegah berkembangnya kanker kulit.

“Tabir surya memberikan perbedaan terbesar, dan menerapkan SPF 30 atau lebih setiap hari akan memberikan manfaat yang luar biasa dalam pencegahan penuaan,” kata Moseley.

Retinoid

Retinoid adalah kelas produk anti penuaan yang mencakup retinol yang dijual bebas dan asam retinoat yang diresepkan. Hal ini menghasilkan produksi kolagen dan meningkatkan pergantian sel kulit, serta dapat membuat perbedaan besar pada penampilan kulit Anda. Dr. Graf merekomendasikan untuk menambahkan retinoid ke dalam rutinitas skincare di usia 20-an, tepat sebelum pasokan kolagen kita mulai berkurang. Kamu bisa memulai dengan kekuatan yang lebih ringan dan meningkatkannya seiring bertambahnya usia. Namun perlu diperhatikan penggunaannya karena retinoid dapat menyebabkan iritasi.

 

Pengelupasan kulit

Seiring waktu, tingkat pergantian sel kulit kita melambat. Hal ini menyebabkan penumpukan sel kulit mati di permukaan kulit kita, yang dapat menyebabkan kulit kusam. Memasukkan bahan pengelupas kulit ke dalam rutinitas kami di usia 20-an, seperti asam alfa hidroksi, dapat membantu menghilangkan sel-sel kulit mati untuk mendapatkan kulit yang lebih cerah. Bahan-bahan ini juga dapat membantu meminimalkan tampilan garis-garis halus dan kerutan serta warna kulit tidak merata. Sekali lagi, kamu dapat memulai dengan formula yang ringan dan menggunakannya lebih jarang, lalu tingkatkan seiring bertambahnya usia.

Niacinamide

Tabir surya adalah pertahanan terbaik Anda melawan bintik hitam. Namun, jika sudah mulai bintik hitaml, masukkan niacinamide ke dalam rutinitas skincare untuk membantu meminimalkan kemunculannya. Juga dikenal sebagai vitamin B3, bahan ini dapat membantu meringankan perubahan warna dan bahkan meningkatkan tingkat kelembapan.

Emolien Berat

Kulit kita menghasilkan lebih sedikit kelembapan seiring bertambahnya usia, yang dapat menyebabkan kekeringan, memperparah garis-garis halus/kerutan, dan kulit kusam. Gabungkan humektan yang menghidrasi, seperti asam hialuronat dan gliserin, dan tambahkan pelembab kaya emolien—seperti minyak nabati dan mentega, lilin lebah, minyak bumi, dan minyak mineral—untuk mengunci hidrasi. Selain memperbaiki penampilan kulit, Dr. Gaf mengatakan bahwa “menyembuhkan​

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading