Sukses

Beauty

7 Cara Menghilangkan Stretch Mark dengan Alami dan Mudah

Fimela.com, Jakarta Stretch mark atau garis-garis pada kulit akibat perubahan berat badan yang drastis, seperti saat hamil, memang tidak dapat sepenuhnya hilang. Stretch mark terjadi karena saat kulit meregang secara tiba-tiba, seperti ketika kandungan atau berat badan bertambah secara cepat, dan menimbulkan garis-garis putih, merah, atau ungu pada permukaan kulit. Meskipun demikian, stretch mark biasanya akan memudar seiring waktu dan tidak terasa terlalu mencolok setelah melahirkan.

Proses memudarnya stretch mark ini tentu berbeda-beda pada setiap individu, tergantung pada faktor genetik, elastisitas kulit, dan perawatan kulit yang diberikan. Beberapa perawatan kulit seperti penggunaan krim atau minyak anti-stretch mark, peeling, dan perawatan laser mungkin dapat membantu memudarkan stretch mark setelah melahirkan. Hal terbaik yang dapat dilakukan setelah melahirkan adalah merawat kulit dengan baik, menjaga kelembapan dan elastisitasnya, serta tetap menjaga berat badan agar tidak naik atau turun secara drastis.

Jika seseorang merasa tidak nyaman dengan stretch mark, berkonsultasi dengan dokter kulit atau ahli kecantikan untuk mendapatkan saran perawatan yang tepat. Namun, yang terpenting adalah menerima dan mencintai tubuhnya apa adanya, termasuk dengan segala perubahan yang terjadi setelah melahirkan. Berikut beberapa cara menghilangkan stretch mark yang bisa dilakukan:

Cara Menghilangkan Stretch Mark

1. Minyak zaitun

Minyak zaitun memiliki kandungan vitamin E dan antioksidan yang baik untuk perawatan kulit. Oleskan minyak zaitun secara teratur pada area yang terdapat stretch mark, dan pijat perlahan untuk meratakan minyaknya.

2. Lidah buaya

Gel lidah buaya dapat membantu memperbaiki tekstur kulit dan mengurangi tampilan stretch mark. Oleskan gel lidah buaya pada area yang terdapat stretch mark, biarkan selama beberapa menit, kemudian bilas dengan air hangat.

3. Lemon

Lemon mengandung asam alpha hydroxy yang dapat membantu mengurangi tampilan stretch mark. Peras lemon dan aplikasikan air perasannya secara langsung ke area yang terdapat stretch mark, biarkan selama beberapa menit, kemudian bilas dengan air hangat.

4. Minyak kelapa

Minyak kelapa kaya akan asam lemak dan vitamin E yang baik untuk merawat kulit. Oleskan minyak kelapa secara teratur pada area yang terdapat stretch mark untuk mengurangi tampilannya.

Cara Menghilangkan Stretch Mark

5. Pepaya

Pepaya mengandung enzim papain yang dapat membantu mengangkat sel-sel kulit mati dan merangsang pertumbuhan sel-sel kulit baru. Haluskan pepaya matang dan oleskan pada area yang terdapat stretch mark, biarkan selama 30 menit, kemudian bilas dengan air hangat.

6. Madu

Madu memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan yang dapat membantu menyembuhkan stretch mark. Oleskan madu pada area yang terdapat stretch mark, biarkan selama beberapa menit, kemudian bilas dengan air hangat.

7. Minyak esensial

Beberapa minyak esensial, seperti lavender, rosehip, atau chamomile, dapat membantu mengurangi tampilan stretch mark. Campurkan minyak esensial dengan minyak pembawa, seperti minyak zaitun atau minyak kelapa, lalu oleskan pada area yang terdapat stretch mark.

Penting untuk diingat bahwa penghilangan stretch mark bukanlah proses instan, dan perlu konsistensi dalam perawatan yang dilakukan. Selain perawatan secara alami, perhatikan juga pola makan dan gaya hidup sehat untuk mendukung peremajaan kulit secara alami.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading