Sukses

Beauty

Tidak Perlu Panik, Berikut adalah Hal yang Harus Kamu Ketahui tentang Skin Purging

Fimela.com, Jakarta Kondisi wajah yang tiba-tiba berjerawat ketika menggunakan produk skincare baru tentu membuat panik, bukan? Saat menggunakan produk baru, hal yang diharapkan adalah kulit wajah yang menjadi sehat, bukan sebaliknya. Namun, ternyata kulit kita dapat bereaksi terhadap bahan aktif yang baru diperkenalkan. Itulah mengapa muncul jerawat secara mendadak ketika Sahabat FIMELA menggunakan produk baru.

Tidak perlu panik karena kondisi ini adalah kondisi yang umum terjadi. Seringkali disalahartikan menjadi breakout, kondisi ini sebetulnya disebut dengan skin purging. Dilansir dari Byrdie, Dr. Sapna Palep, seorang dermatologis menyatakan bahwa skin purging adalah kondisi di mana kulit wajah bereaksi terhadap zat aktif tertentu yang menyebabkan pergantian sel kulit, seperti retinol atau bahan-bahan aktif lain untuk eksfoliasi. Hal itulah yang selanjutnya menimbulkan jerawat. Yuk, kenali apa itu skin purging!

 

Perbedaan Skin Purging dengan Breakout

Dilansir dari Byrdie, Dr. Brendan Camp, seorang dermatologis menyatakan bahwa breakout merupakan kondisi kulit berjerawat yang dipicu oleh minyak pada wajah yang berlebih, bakteri pada kulit, pori-pori tersumbat, inflamasi. Sementara itu skin purging merupakan kondisi kulit wajah yang berhubungan dengan penggunaan produk baru dengan bahan-bahan yang baru dikenal oleh kulit. Berikut adalah beberapa hal yang dapat menjadi pembeda antara skin purging dan breakout.

Durasi

Kulit wajah yang berjerawat akibat skin purging akan hilang lebih cepat dibandingkan jerawat yang disebabkan oleh breakout. Penggunaan produk skincare baru tidak akan berlangsung lama. Apabila kondisi kulit berjerawat berlangsung lebih dari 4—6 minggu, kemungkinan kulit Sahabat FIMELA tidak cocok dengan produk baru tersebut.

Lokasi jerawat

Skin purging biasanya memicu munculnya jerawat di area yang sudah biasa berjerawat. Jika jerawat muncul di area lain selain itu, kemungkinan itu bukanlah skin purging.

Bahan aktif yang terlibat

Skin purging terjadi akibat bahan-bahan aktif yang ada di dalam kandungan produk skincare, seperti retinol yang berfungsi untuk mengeksfoliasi kulit dan salicylic acid yang berfungsi sebagai zat untuk mengurangi jerawat pada wajah. Apabila kulit Sahabat FIMELA mengalami breakout, hal itu biasanya disebabkan oleh penggunaan sunscreen atau produk lain yang dapat menyumbat pori-pori wajah.

Solusi untuk skin purging

Kesabaran adalah kunci utama dalam proses pemulihan kulit dari skin purging. Sahabat FIMELA dapat menjaga kelembapan kulit dan hindari memegang jerawat, apalagi sampai meletuskan jerawat. Sahabat FIMELA tidak harus langsung menghentikan penggunaan produk skincare saat mengalami skin purging. Namun, apabila skin purging sudah berubah menjadi satu kondisi yang menyebakan nyeri, bengkak, atau sudah mengganggu keseharian Sahabat FIMELA, silakan hentikan penggunaan produk tersebut.

Dr. Brendan Camp menyarankan untuk menggunakan pembersih wajah yang lembut serta pelembap wajah yang mengandung niacinamide, hyaluronic acid, dan ceramides untuk menghindari iritasi kulit. Jangan lupa untuk tetap menggunakan sunscreen untuk melindungi wajah Sahabat FIMELA dari terpaan sinar UV, ya!

 

Penulis: FIMELA Karina Alya

 

#Unlocking The Limitless

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading