Sukses

Beauty

Tips Merawat Rambut yang Keriting, Jangan Salah Pilih Shampo dan Alat Styling

Fimela.com, Jakarta Jika berbicara mengenai rambut keriting, maka kita harus membahas tentang perawatannya. Rambut keriting sendiri memiliki berbagai jenis, mulai dari wavy, curly hingga coily. Apapun itu, Sahabat Fimela harus mempelajari cara merawatnya dengan baik.  

Alih-alih styling dengan cara meluruskannya, melakukan perawatan yang baik akan membantu menonjolkan pesona bentuk alami rambutmu. Masalahnya, perawatan rambut keriting pada praktiknya agak tricky. Sebab, perbedaan tekstur pada rambut keriting mengharuskan kamu untuk memilih produk yang tepat.

Rambut keriting cenderung lebih kering dibanding rambut lurus. Oleh karena itu, pada rambut lurus, minyak dari kulit kepala lebih mudah mengalir ke helaian rambut. Hal inilah yang menyebabkan produk perawatan rambut ikal berbeda dengan rambut lurus. Ikuti tips perawatan di bawah ini untuk kamu yang memiliki rambut keriting!

Gunakan Shampoo Bebas Kandungan Sulfat

Sulfat sangat bagus dalam menghilangkan minyak, kotoran, dan kotoran dari rambut. Kemampuannya dalam membersihkan terkadang dapat memengaruhi keseimbangan rambut dan menghilangkan lipid penting yang dapat menyebabkan dehidrasi pada area kulit kepala. Padahal, rambut keriting bergantung pada kelembapan untuk menjaga bentuk tetap kenyal dan tetap bersinar.

Cuci Rambut dengan Air Dingin

Meskipun mandi air panas adalah cara menenangkan untuk melepas lelah, suhu tinggi tetap tidak ideal untuk rambut keriting. Panas dapat berdampak besar pada penampilan dan kesehatan rambut karena menyebabkan dehidrasi dan membuka kutikula rambut sehingga menyebabkan rambut kusut. Mengenai cara merawat rambut keriting pada hari keramas, disarankan untuk membilasnya dengan air dingin.

Kurangi Penggunaan Alat Styling dengan Pemanas

Alat styling rambut dengan pemanas dapat menghasilkan tampilan rambut yang bervariasi. Namun, alat penata seperti pengeriting, pelurus rambut, dan pengering rambut mengandalkan tingkat panas yang ekstrim.

Penggunaan yang sering dapat menyebabkan kerusakan seperti patah dan ujung rambut bercabang. Untuk menjaga kelembapan pada rambut keriting dan mendukung kekuatan rambut, pastikan untuk melapisi rambut dengan krim pelindung panas.

Gunakan Diffuser saat Mengeringkan Rambut

Menggunakan hair dryer rambut dapat mempercepat rutinitas styling rambut keriting, tetapi teknik yang salah dapat mengakibatkan rambutmu menjadi frizzy. Untuk menjaga rambut tetap bouncy, gunakanlah diffuser pada pengering rambut.

Alat tambahan ini dapat melembutkan aliran udara dari hair dryer dan menyebarkan udara secara merata ke rambut ikal sehingga meminimalkan rambut jadi frizzy. Pastikan untuk menyemprot rambut kamu terlebih dahulu dengan semprotan pelindung panas sebelum menggunakan alat pengering rambut.

Kini, Sahabat Fimela telah mengetahui tips merawat rambut keriting dengan baik. Meskipun merawat rambut ikal lebih kompleks dibanding rambut lurus, percayalah bahwa dengan teknik perawatan yang tepat, rambutmu akan jadi memesona!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading