Sukses

Beauty

Tips Glowing Berdasarkan Tipe Kulit yang Wajib Diketahui

Fimela.com, Jakarta Kulit glowing menjadi impian banyak orang. Apapun jenis kulitnya– bak berkulit kering, oily, atau sensitif, ada satu hal yang menyatukan kita, apa pun jenis kulit kita, yakni keinginan untuk mempunyai kulit yang sehat nan bercahaya.

Kulit sehat biasanya akan memancarkan glows tersendiri. Bagi Sahabat Fimela yang ingin glowing, berikut terdapat beberapa tips kulit glowing dari dermatologist yang berbasis di Mumbai, Dr. Jaishree Sharad dan Dr. Madhuri Agarwal.

Tips glowing di bawah ini dibedakan berdasarkan tipe-tipe kulit, lho. Jangan lupa pilih yang paling sesuai dengan kondisi kulitmu, ya!

Tips Glowing untuk Tipe Kulit Normal

 

  1. “Jika kamu memiliki kulit normal, pastikan kamu menggunakan produk yang hipoalergenik dan non-komedogenik,” kata Dr. Sharad.
  2. “Rutinitas harian kamu setidaknya harus mencakup step membersihkan wajah, menggunakan pelembab, dan melindungi lapisan kulit terluar dengan sunscreen. Pada malam hari, kamu harus mencuci wajah, mengoleskan serum di bawah mata dan serum Vitamin C atau asam hialuronat, lalu diakhiri dengan pelembab.
  3. Kalau memungkinkan, lakukan eksfoliasi tiap dua minggu sekali,” katanya.Pada siang hari, berinvestasilah pada produk berbasis vitamin C dan masker wajah untuk membuat kulitmu lebih glowing.

Tips Glowing Kulit berminyak, Kombinasi, atau Acne Prone

  1. “Gunakan pembersih berbusa dua kali sehari karena akan membantu menghilangkan kotoran dan minyak yang menyumbat pori-pori kamu,” kata Dr. Agarwal. Sementara itu, Dr. Sharad menyarankan penggunaan pembersih wajah dengan lidah buaya, ekstrak biji anggur, minyak pohon teh, asam glikolat atau salisilat karena bahan-bahan ini membantu mengendalikan minyak.
  2. “Gunakan chemical exfoliator yang mengandung asam salisilat dua atau tiga kali seminggu untuk meminimalkan lapisan sel mati pada kulit kamu.
  3. ”Tambahkan toner bebas alkohol “mengandung asam alfa hidroksi seperti glikolat, asam laktat, atau minyak pohon teh” untuk membersihkan pori-pori kamu secara mendalam. Dr. Sharad juga merekomendasikan penggunaan air mawar sebagai toner jika kulit kamu memproduksi sebum berlebih.
  4. Sahabat Fimela mungkin berpikir untuk melewati moisturizer karena kulitnya sudah berminyak. “Pelembab berbahan dasar gel baik untuk jenis kulit ini karena berbahan dasar air dan menghidrasi kulit tanpa membuatnya terlihat berminyak.” Meskipun Dr. Agarwal menyarankan untuk mewaspadai produk yang mengandung panthenol atau bisabolol, Dr. Sharad lebih memilih formula dengan asam hialuronat dan dimetikon. Jika kulit kamu sangat lengket dan berminyak, Dr. Sharad menyarankan untuk menggunakan esensi pelembab ringan dan tidak menggunakan pelembab sama sekali.
  5. “Pilihlah sunscreen yang memiliki hasil akhir matte. Saya merekomendasikan sunscreen berbahan silikon karena membantu membuat kulit kamu bersinar segar tanpa menambah rasa lengket.”

Tips Glowing untuk Kulit Kering

  1. “Gunakan pembersih wajah berwarna krem ​​yang bebas alkohol dan pewangi. Pilih bahan-bahan seperti ceramide, gliserin, lidah buaya, dan kedelai,” kata Dr. Agarwal. “Hindari penggunaan air panas pada wajah kamu karena dapat menghilangkan kelembapannya,” tambah Dr. Sharad.
  2. "Gunakan chemical exfoliator tidak lebih dari sekali seminggu yang mengandung asam laktat atau asam glikolat,” saran Dr. Agarwal. Saat memperkenalkan eksfoliator baru yang mengandung asam, gunakan sekali dan beri waktu 10 hari hingga dua minggu pada kulit kamu untuk menilai bagaimana reaksinya. “Hindari scrub yang bersifat abrasif seperti yang mengandung kristal buah aprikot [atau lainnya],” kata Dr. Sharad.
  3. Dr. Agarwal merekomendasikan “berinvestasi dalam serum yang mengandung asam hialuronat, asam ferulat, dan Vitamin C.” Ketiganya akan membantu menghidrasi dan mencerahkan kulit kamu sekaligus.Jika hidrasi sangat penting, gunakan pelembab dengan “bahan seperti asam hialuronat, lipid, shea butter, dan ceramide dalam bentuk krim atau lotion”. Kamu juga dapat menggunakan minyak wajah ringan setiap hari untuk mendapatkan hidrasi yang intens dan kulit bercahaya.
  4. Akhiri rutinitas pagi kamu dengan sunscreen spektrum luas dalam formula pelembab. Gunakan krim yang kaya, bergizi dan melembapkan untuk malam hari. “Tambahkan bahan-bahan seperti retinol dalam persentase rendah, Vitamin E dan peptida untuk memperbaiki kulit dan mengurangi atau mencegah tkamu-tkamu penuaan,” kata Dr. Agarwal.

Tips Glowing untuk Kulit Sensitif

  1. "Pertahankan rutinitas skincare sesuai kebutuhanmu dan pilih produk yang bebas alkohol dan pewangi,” tegas Dr. Agarwal. “Gunakan pembersih yang sangat lembut, lembut, dan tidak berbusa untuk mencuci muka dua kali sehari.”
  2. Lewati step eksfoliasi kulit dan toning, rajin gunakan serum yang mengandung Vitamin E, mata air panas, Omega 3 dan 6 atau glikolipid.
  3. Pilih balsem untuk pelembab kamu karena lebih kental dari krim. Carilah bahan-bahan seperti ceramide, asam hialuronat, niacinamide, atau rosehip.“Kenakan sunscreen yang bersifat fisik seperti yang mengandung seng oksida,” beliau menerangkan.

Sahabat Fimela, itulah tadi penjelasan tentang tips glowing berdasarkan 4 tipe kulit wajah yang berbeda. Yang terpenting, sesuai dengan kondisi kulitmu.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading