Sukses

Beauty

7 Rahasia Kulit Sehat dan Berkilau dengan Minyak Ikan

Fimela.com, Jakarta Minyak ikan kaya akan asam lemak tak jenuh ganda, terutama EPA dan DHA, yang bermanfaat bagi kesehatan. Minyak ikan juga memiliki kandungan vitamin A dan D, selenium, dan retinol. Selain sebagai suplemen untuk menambah kinerja otak pada anak, ternyata Minyak Ikan memiliki manfaat untuk kulit, loh.

Kulit yang sehat adalah salah satu investasi terbaik. Tak hanya akan membuat penampilanmu makin menarik tapi juga kulit yang sehat akan membuatmu tampil lebih muda. Untuk menjaga kesehatan kulit kamu perlu perawatan khusus, baik dari dalam maupun luar.

Dilansir dari everydayhealth, Berikut adalah beberapa rahasia minyak ikan yang bisa Sahabat Fimela catat untuk digunakan sebagai skincare alami!

Manfaat untuk Kulit

1. Menghidrasi Kulit Kering Dengan Omega-3

Menurut Debra Jaliman, MD, dokter kulit di New York City, Omega-3 pada minyak ikan mampu menghidrasi kulit kering. Oleskan minyak ikan di area kulit yang kering, seperti dekat mata, tepi wajah, atau area yang kasar. Konsumsi suplemen minya ikan uga dapat mengurangi gejala kemerahan dan gatal pada kulit, serta mengurangi psoriasis jika digunakan bersama pengobatan lain.  Konsumsi suplementasi omega-3 juga membantu mengurangi inflamasi pada jerawat dan meminimalkan efek samping perawatan jerawat.

2. Menenangkan Kemerahan dan Terbakar Sinar Matahari

Menurut Dr. Purvisha Patel, seorang dokter kulit di Tennesse, sifat anti-inflamasi minyak ikan dapat membantu meredakan kemerahan pada masalah kulit, seperti eksim, paparan sinar matahari, atau kulit sensitif. Minyak ikan membantu memperbaiki sel epidermis, meningkatkan kekuatan kulit, dan mengurangi kerusakan DNA kulit. Oleskan sedikit minyak pada kulit yang lembap. Jangan gunakan minyak ikan sebelum beraktivitas di bawah sinar matahari. Sebagai gantinya, pakai produk kulit yang mengandung omega-3  karena diformulasikan khusus untuk penyerapan kulit.

3. Mempercepat Penyembuhan Kulit

Mengoleskan sedikit minyak ikan pada luka kecil atau goresan dapat mendorong penyembuhan luka. Konsumsi suplemen omega-3 juga dapat meningkatkan penyembuhan luka, termasuk luka kaki kronis, luka tekanan, dan luka kulit lainnya.

4. Meningkatkan Perlindungan UV dari Dalam

EPA dalam minyak ikan dapat meningkatkan perlindungan tubuh terhadap sinar UV dari dalam karena  memiliki sifat anti-inflamasi. Meminum suplemen omega-3 dapat mencegah kulit terbakar, mengurangi kerusakan DNA akibat paparan sinar matahari, dan mengurangi tanda-tanda penuaan. Namun, minyak ikan tidak menggantikan penggunaan tabir surya dengan SPF 30 saat terpapar sinar matahari secara langsung.

5. Menyeimbangkan Produksi Minyak dan Melawan Flakes

uKerry Yates, ahli trikologi menyarankan untuk mengonsumsi suplemen minyak ikan untuk mendapatkan surai yang berkilau dan sehat. Minyak ikan membantu mengatur produksi sebum di kulit kepala, yang secara positif memengaruhi kesehatan rambut. Dengan produksi sebum yang seimbang, kondisi kulit kepala yang meradang dan ketombe dapat dicegah, serta meningkatkan kondisi  rambut alami.

Manfaat untuk Kuku

6. Menyembuhkan Kutikula Kering 

Pijat sedikit minyak ikan ke kutikula yang rusak akibat musim dingin untuk melembabkannya. Gunakan sebelum tidur untuk hasil maksimal dan hindari kuku yang menggantung.

7. Memulihkan Kuku yang Kering 

Minyak ikan dapat menghidrasi kuku yang kering atau mengelupas. Gunakan pada kuku yang membutuhkan perawatan dengan mengoleskannya tipis-tipis.

Itulah manfaat minyak ikan untuk kesehatan kulit, rambuh, dan kuku. Jangan lupa untuk disimpan sebagai referensi kamu untuk digunakan sebagai skincare alami ya,Sahabat Fimela!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading