Sukses

Beauty

8 Tips Perawatan Sederhana yang Dapat Membuat Rambut Lebih Tebal

Fimela.com, Jakarta Rambut tebal menggambarkan kepadatan rambut, bukan diameter masing-masing helai rambut. Rambut yang berdiameter lebar disebut kasar, sedangkan rambut yang berdiameter kecil disebut halus. Oleh karena itu, ada kemungkinan untuk memiliki rambut yang halus dan tebal, atau kasar dan tipis. Sahabat Fimela tidak perlu khawatir tentang cara mendapatkan rambut yang lebih tebal karena faktor genetik. Kesehatan juga berperan besar dalam ketebalan dan panjang rambut.

Rambut yang sehat dan tebal pastinya menjadi impian hampir semua orang. Faktor yang mempengaruhi ketebalan rambut setiap orang berbeda, mulai dari faktor keturunan, usia, nutrisi tidak terpenuhi, perawatan rambut yang salah, stres, penggunaan produk rambut berbahan kimia hingga hair styling yang berlebihan. Untuk Sahabat Fimela yang memiliki rambut tipis, bukan hal yang tidak mungkin jika ingin membuat rambut tampak lebih tebal dan bervolume.

Mendapatkan tampilan rambut tebal bisa dilakukan dengan teknik penataan rambut yang tepat, produk perawatan rambut, dan perubahan gaya hidup akan memungkinkan tampilan rambut yang tebal. Untuk membantu rambut Sahabat Fimela terlihat lebih penuh, tebal, dan sehat secara keseluruhan, berikut adalah 8 tips perawatan yang dapat membuat rambut menjadi lebih tebal yang disadur melalui laman wikihow.com.

1. Cuci rambut sekitar 2-3 kali seminggu

Menjaga kebersihan rambut adalah suatu keharusan. Namun, terlalu sering keramas justru dapat membuat rambut Sahabat Fimela menipis. Setiap pencucian membilas minyak dan nutrisi yang dihasilkan oleh kulit kepala kamu. Seiring waktu, hal ini dapat menyebabkan rambut menjadi rapuh dan patah, jadi usahakan untuk mencuci rambut sesering mungkin.

Jika Sahabat Fimela memiliki rambut yang sangat halus atau sering berolahraga (berkeringat), kamu mungkin perlu mencuci rambut setiap hari. Gunakan kondisioner setiap kali kamu mencuci rambut untuk mengembalikan kelembabannya.

 

2. Carilah sampo bebas sulfat

Kebanyakan sampo dan kondisioner mengandung deterjen keras yang disebut sulfat, kandungannya dapat mengeringkan rambut dan menyebabkan kerusakan. Saat memilih sampo, Sahabat Fimela dapat menghindari sulfat dengan tidak memakai produk yang mengandung bahan sodium lauryl sulfate, sodium laureth sulfate, atau ammounium lauryl sulfate. Bahan-bahan ini terkadang disingkat SLS atau ALS.

Carilah sampo yang terbuat dari bahan alami seperti echinacea, santan, atau minyak argan, marula, dan jojoba. Pilih produk yang diformulasikan sesuai jenis rambut Sahabat Fimela, baik kering, berminyak, keriting, atau rusak.

3. Buatlah masker protein jika ingin menguatkan rambut

Rambut Sahabat Fimela terdiri dari protein yang disebut keratin. Keratin juga ditemukan dalam telur, itulah sebabnya masker ini sangat baik untuk memperkuat helai rambut. Campurkan 1-2 butir telur (tergantung panjang rambut) dengan sekitar 1 sendok makan (15 ml) gel lidah buaya segar. Lapisi rambut sepenuhnya dan biarkan meresap selama 10-15 menit. Jika sudah selesai, bilas masker dengan air hangat.

Menambahkan protein ke rambut terlalu sering justru dapat melemahkannya. Jadi, batasi penggunaan perawatan protein menjadi 1 atau 2 kali sebulan.

 

4. Konsumsi makanan kaya protein, vitamin B, C, D, dan E, serta zinc

Nutrisi dalam makanan yang Sahabat Fimela makan dapat membantu memperkuat folikel rambut dan meningkatkan pertumbuhan. Secara umum, cobalah untuk memasukkan lebih banyak buah dan sayuran segar, biji-bijian, dan kacang-kacangan untuk menebalkan rambut secara alami. Contoh makanan yang menguatkan rambut antara lain kenari, telur, bayam, biji rami, dan blueberi.

5. Hindari penggunaan hair dryer secara berlebihan pada rambut

Jika memungkinkan, hindari penggunaan hair dryer, blow dryer, atau curling iron. Alat-alat ini dapat membakar ujung rambut sehingga menyebabkan rambut bercabang dan patah. Hal ini pada gilirannya membuat rambut Sahabat Fimela terlihat lebih tipis. Jika memang ingin menggunakan hair dryer untuk menata rambut, semprotkan produk pelindung panas terlebih dahulu, dan batasi penggunaan hair dryer seminggu sekali.

Biarkan rambut Sahabat Fimela mengering sendiri jika memungkinkan. Namun, jika kamu tidak menyukai rambut mengering secara alami, aplikasikan produk anti kusut pada rambut basah agar rambut mengering dengan lancar. Gunakan pengaturan suhu serendah mungkin. Misalnya, rambut tipis mungkin hanya memerlukan suhu sekitar 200° F (93° C), sedangkan rambut tebal mungkin memerlukan suhu 350° F (177° C).

 

6. Jauhi pewarna rambut yang keras

Mewarnai rambut memang menyenangkan, tetapi beberapa pemutih dan bahan kimia lainnya dapat menyebabkan efek mengeringkan rambut, yang jika dipadukan dengan alat penata rambut, dapat menyebabkan kerusakan serius pada rambut Sahabat Fimela. Hindari penggunaan bahan kimia keras ini pada rambut kamu.

Jika Sahabat Fimela benar-benar ingin mengubah warna rambut, pilihlah cara alami untuk mencerahkan atau mewarnai helai rambut, atau coba gunakan pewarna rambut vegan atau semi permanen, yang tidak terlalu merusak.

7. Meminimalkan stres

Ini bukan sekadar ungkapan ketika orang menyalahkan penipisan rambut sebagai penyebab meningkatnya stres. Jika Sahabat Fimela menyadari rambut menipis, mungkin penyebabnya adalah tingkat stres dan kamu tidak menyadarinya. Mengambil langkah-langkah untuk meminimalkan stres dapat membawa perubahan signifikan pada kesehatan rambut.

Sahabat Fimela tidak selalu bisa menghilangkan stres, tapi kamu bisa mengubah cara untuk menghadapinya. Saat merasa stres, cobalah melakukan latihan pernapasan dalam, berlari, atau mencoba aktivitas santai seperti yoga atau meditasi. Sahabat Fimela juga bisa membuat perubahan untuk menghilangkan stres dari hidup kamu. Misalnya, jika terus-menerus stres karena pekerjaan, kamu bisa mempertimbangkannya untuk mengubah karier. Selain itu, jika ada seseorang dalam hidup yang membuat kamu merasa stres, mungkin lebih baik Sahabat Fimela meluangkan sedikit waktu untuk menjauh darinya.

 

8. Konsumsi suplemen

Konsumsi suplemen penumbuh rambut jika Sahabat Fimela membutuhkan lebih banyak nutrisi. Mendapatkan semua nutrisi yang dibutuhkan rambut untuk tumbuh tidak selalu mudah, jadi bantulah tubuh dengan mengkonsumsi suplemen. Konsumsi multivitamin yang mengandung zat besi, vitamin B, zinc, dan protein sekali sehari. Ini mungkin memerlukan waktu beberapa bulan, tetapi kamu akan mulai melihat helaian rambut yang berkilau dan tebal. Suplemen ramah rambut lainnya termasuk bahan-bahan seperti biotin, niacin, asam amino, dan kolagen.

 

 

 

Penulis: Miftah DK

#Unlocking The Limitless

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading