Sukses

Beauty

Cara Membuat Masker Madu dari Berbagai Bahan, Cocok untuk Kulit Wajah Sensitif

Fimela.com, Jakarta Kamu pasti sudah tidak asing dengan masker madu yang penuh kualitas dan banyak khasiat. Madu adalah salah satu hal terbaik yang bisa dipakai pada wajah yang sensitif, breakout, dan juga jika terkena sunburn. Sifat humektannya membuatnya sangat melembapkan. Sedangkan sifat antimikrobanya menjadikannya pembasmi jerawat yang sangat baik.

Madu menjadi salah satu bahan yang cukup lembut untuk digunakan pada kulit sensitif. Jika kamu menambahkan bahan lain ke dalamnya, bahan ini juga dapat membantu mengatasi penyakit kulit lainnya, seperti sifat berminyak berlebihan atau perubahan warna.

Bagi kamu yang terkena breakout akibat kulit sensitif, hormon, atau alergi, akan lebih baik jika kamu mengantisipasinya dengan memberikan madu pada wajah. Karena madu membantu upaya penyembuhan. Madu dipercaya dengan segala khasiatnya dapat meredakan setiap peradangan pada wajah.

Namun, tidak ada salahnya jika kamu bertanya terlebih dahulu pada dokter yang lebih mengetahui permasalahan kulitmu. Wajah sensitif bisa dikaitkan dengan sebum dari make-up, polusi, ataupun banyak hal. Berikut beberapa cara yang dilansir dari wikihow.com dalam membuat masker madu bagi kamu yang memiliki wajah breakout akibat sensitif. 

Cara Membuat Masker Madu Sederhana

  1. Tuangkan 1 hingga 2 sendok makan madu. 
  2. Oleskan pada wajahmu, berhati-hatilah untuk menghindari area mata, dan tunggu 15 hingga 20 menit. 
  3. Seka masker dengan waslap lembab dan hangat. 

Masker ini lembut dan cukup sederhana untuk digunakan setiap hari. Karena masker ini tidak mengandung bahan lain, sehingga cocok untuk semua jenis dan kondisi kulit. Jika kamu mau, kamu bisa menambahkan beberapa ingredients sesuai kebutuhan kulitmu seperti berikut.

Cara Membuat Masker Madu Lidah Buaya

  1. Aduk 2 sendok teh madu dan 1 sendok teh gel lidah buaya. 
  2. Oleskan masker ke seluruh wajah, tunggu 10 hingga 20 menit, lalu bilas. 

Masker ini cukup lembut untuk digunakan sehari-hari. Masker ini juga bisa mengatasi kondisi lain, seperti ruam atau eksim.

Cara Membuat Masker Madu dengan Green Tea dan Minyak Almond

  1. Tuang 1 sendok makan madu ke dalam piring kecil. 
  2. Masukkan 1 sendok teh bubuk matcha dan 1 sendok teh minyak almond manis. 
  3. Oleskan masker ke seluruh wajah, tunggu 15 menit, lalu bilas dengan air hangat.

Jika kamu tidak dapat menemukan minyak almond manis, cobalah minyak jojoba. Jika kamu tidak dapat menemukan bubuk matcha, potong sekantong teh hijau dan gunakan daunnya. Masker ini juga cocok untuk kulit sensitif!

Cara Membuat Masker Madu dengan Oatmeal

  1. Masak 2 sendok makan oatmeal, lalu masukkan 1 sendok makan madu. 
  2. Biarkan masker mendingin hingga suhu ruangan, lalu oleskan ke wajah. 
  3. Tunggu 15 hingga 20 menit, lalu bersihkan dengan waslap lembab dan hangat.

Jangan memasak madu dengan oatmeal, karena kamu berisiko merusak khasiatnya. Untuk hasil yang lebih mengelupas, gunakan 1 sendok makan oatmeal mentah yang ditumbuk halus.

Nah itu dia beberapa cara untuk membuat masker dari madu dengan berbagai bahan yang dapat mengatasi kulit sensitif. Jangan lupa untuk tanyakan kepada dokter wajah yang lebih mengerti permasalahan kulitmu. Semoga bermanfaat ya!

Penulis : Yosefin Natalie 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading