Sukses

Beauty

Manfaat Masker Teh dan Madu untuk Kesehatan Kulit Wajah

Fimela.com, Jakarta Kulit wajah yang sehat dan bercahaya adalah impian setiap wanita. Namun, mencapai kulit yang sempurna seringkali memerlukan produk perawatan yang mahal. Padahal ada cara mudah dan alami untuk mendapatkan kulit wajah yang sehat dan cantik, yakni menggunakan masker bahan alami seperti teh dan madu.

Dilansir dari Healthline, teh dan madu merupakan bahan alami yang mampu memberikan manfaat luar biasa untuk kulit wajah. Hal ini dikarenakan madu dan teh kaya akan nutrisi dan senyawa alami yang bermanfaat bagi kesehatan kulit. Maka tak heran, teh dan madu sering kali dijadikan sebagai masker alami untuk perawatan kulit wajah.  Berikut adalah beberapa alasan mengapa masker teh dan madu dapat memberikan manfaat yang luar biasa:

1. Mengandung sumber antioksidan yang kuat

Dilansir dari Dermstore, teh dan madu mengandung antioksidan yang dapat membantu melawan radikal bebas yang dapat merusak sel-sel kulit dan menyebabkan penuaan dini. Selain itu, antioksidan yang terdapat pada teh dan juga dapat membantu menjaga kulit terhidrasi, mengurangi peradangan, dan meningkatkan elastisitas kulit. 

2. Menutrisi dan melembapkan kulit

Teh mengandung kaya akan vitamin dan mineral penting seperti vitamin B, vitamin E, magnesium, dan kalium, yang dapat memberikan kelembapan alami pada kulit wajah. Disamping itu, madu  juga mengandung enzim, vitamin, dan mineral yang memberikan hidrasi yang dalam, menjaga kelembutan kulit, dan meningkatkan tekstur kulit.

Teh dan madu juga efektif mencerahkan kulit

3. Mengatasi jerawat dan peradangan

Apabila kamu sedang frustasi karena jerawat yang tak kunjung hilang, cobalah untuk memakai masker teh dan madu. Dilansir dari Medical News Today, teh dan madu dipercaya dapat mengatasi jerawat dan peradangan. Hal ini dikarenakan teh memiliki sifat antiinflamasi dan mengandung polifenol yang membantu meredakan peradangan, mengurangi jerawat, mengontrol produksi minyak berlebih, dan mengurangi kemerahan. Disamping itu, madu juga memiliki sifat antimikroba alami yang efektif membantu mengatasi jerawat dan mengurangi peradangan pada kulit wajah.

4. Mencerahkan kulit

Masker teh dan madu efektif dalam membantu mencerahkan kulit wajah yang kusam dan mengurangi hiperpigmentasi. Hal ini dikarenakan kandungan asam alami dalam teh membantu mengangkat sel-sel kulit mati dan merangsang regenerasi sel baru. Selain itu, madu juga memiliki sifat pencerah alami yang dapat membantu mengurangi noda gelap akibat jerawat serta memberikan kilau alami pada kulit.

Demikian beberapa manfaat luar biasa dari masker teh dan madu. Apabila kamu tertarik untuk mencoba teh dan madu sebagai perawatan wajah secara alami, kamu perlu meracik terlebih dahulu agar kamu bisa mendapatkan hasil yang maksimal.

 

Cara membuat masker alami teh dan madu

  • Siapkan teh dan segelas air. Kemudian campurkan teh dan segelas air tersebut kedalam mangkuk atau gelas. Kemudian biarkan teh melarut selama beberapa menit.

  • Setelah teh sudah diseduh, tambahkan madu secukupnya, kemudian aduk hingga merata.

  • Sebelum mengaplikasikannya langsung ke wajah, sebaiknya dinginkan teh terlebih dahulu
  • Setelah campuran teh dan madu sudah mendingin, segera aplikasikan pada wajah yang sudah dibersihkan dengan sabun wajah. Kemudian, gunakan jari atau kuas untuk mengoleskan masker secara merata ke seluruh wajah. Penting untuk diingat, selama maskeran wajah sebaiknya hindari area mata dan bibir.

  • Setelah mengoleskan masker secara merata, diamkan selama 15-20 menit. Hal ini bertujuan agar masker teh dan madu dapat bekerja dan menyerap pada kulit.

  • Setelah menunggu beberapa menit, segeralah bilas dengan air bersih tanpa perlu cuci muka dengan sabun pembersih wajah. Hal ini bertujuan agar manfaat dari teh dan madu dapat terserap dengan baik pada kulit.

Untuk hasil yang maksimal, sebaiknya gunakana masker madu ini secara teratur, minimal dua kali dalam seminggu. Hal ini bertujuan agar membantu kulit kamu tetap sehat dan bersinar. Penting untuk diingat, selalu konsisten dan bersabar dalam pengggunaan masker teh dan madu. Sebab, hasil yang terbaik akan terlihat dengan penggunaannya yang rutin.

 

*Penulis: Amelia Septika.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading