Sukses

Beauty

Membeli Skincare Kini Lebih Mudah Bagi Masyarakat yang Tinggal di Pelosok Lewat E-commerce ini

Fimela.com, Jakarta Sebanyak 90% penduduk Indonesia tinggal di kota-kota Tier-2 dan wilayah non-urban, dimana infrastruktur e-commerce mempunyai jangkauan yang terbatas. Ini membuat akses terhadap produk kecantikan seperti skincare dan perawatan diri yang berkualitas masih menjadi tantangan nyata bagi banyak. 

Biaya pengiriman yang tinggi dan maraknya peredaran barang palsu seringkali menjadi penghalang bagi konsumen untuk melakukan belanja online. Melihat kesenjangan ini, Club Kyta, platform e-commerce pionir gaya hidup untuk daerah non-urban, hadir dengan misi untuk memperluas akses terhadap brand berkualitas dan otentik di seluruh Indonesia. 

Didirikan oleh Daniel Simbar dan Herda Sandyamira, Club Kyta berfokus untuk mengkurasi dan mendistribusikan produk skincare, kecantikan, dan perawatan diri premium di kota-kota kecil dan wilayah non-urban di Indonesia.

Dengan memanfaatkan jaringan omnichannel yang kuat dan kemitraan strategis dengan beragam brand Direct-to-Consumer (D2C), Club Kyta memudahkan konsumen di luar wilayah metropolitan untuk mendapatkan produk yang mereka inginkan dengan harga terjangkau.

“Pertumbuhan pesat industri kecantikan dan perawatan diri di Indonesia menghadirkan peluang besar bagi platform e-commerce seperti kami. Namun, selama ini kita melihat distribusi produk-produk premium terpusat di daerah metropolitan, sehingga banyak segmen konsumen yang kurang terlayani. Club Kyta bertujuan untuk menjembatani kesenjangan ini dengan membantu brand-brand D2C untuk menjangkau basis pelanggan yang lebih luas sambil menghadirkan pengalaman belanja yang otentik dan menyenangkan bagi para konsumen di wilayah non-urban,” kata Daniel Simbar, CEO Club Kyta. 

Untuk mendorong penetrasi di kota-kota kecil dan di daerah, Club Kyta mengandalkan kemitraan strategis dengan berbagai komunitas lokal dan lembaga pendidikan. Mahasiswa yang bergabung dalam program afiliasinya (yang disebut Kyta Squad) bisa mendapatkan insentif seperti menjadi Brand Ambassador, mendapatkan komisi, sampel produk gratis, hingga akses eksklusif ke peluncuran produk baru. Sejauh ini, ada lebih dari 700 anggota Kyta Squad yang tersebar di berbagai daerah.

Selain itu, Club Kyta menawarkan pengalaman belanja yang lebih personal melalui kecanggihan AI di aplikasi mereka. Pengguna dapat membuat Profil Kecantikan, dimana aplikasi Club Kyta bisa menganalisa jenis dan warna kulit pengguna, lalu memberikan rekomendasi produk yang sesuai dengan kebutuhan. 

Mengembangkan kemampuan AI

Lebih jauh, Club Kyta saat ini pun tengah mengembangkan kemampuan AI tingkat lanjut untuk menganalisis 14 parameter kesehatan kulit, termasuk tingkat minyak, kerutan, kemerahan, dan kekencangan, sehingga pengalaman belanja pengguna sangat dipersonalisasi. 

Sejak awal pendiriannya, Club Kyta telah mendapatkan dukungan besar dari investor mereka, Antler, yang merupakan VC berskala global untuk startup early-stage. Selain mendapatkan pendanaan awal, Daniel pertama kali dipasangkan dengan Herda Sandyamira sebagai Co-founder dan COO perusahaan dalam residensi Antler. Bersama Antler, kedua pendiri ini menyempurnakan strategi bisnis dan bisa menjangkau jaringan brand dan investor yang lebih luas di Indonesia. 

“Kami sangat antusias melihat model bisnis Club Kyta yang unik dan efektif dalam mengatasi tantangan yang ada di masyarakat. Club Kyta akan menyederhanakan rantai pasokan, memastikan produk gaya hidup seperti perawatan diri dan kecantikan dapat dipasarkan secara efektif, yakni dengan menjangkau seluruh pelosok Indonesia. Itulah mengapa kami yakin Club Kyta akan terus berkembang di masa depan,” kata kata Agung Bezharie, Partner Antler Indonesia.

Per kuartal pertama tahun 2024, Club Kyta beroperasi di 4 kota di Jawa Tengah dan Jawa Barat, dan telah bekerja sama dengan 50 brand kecantikan lokal dan internasional, termasuk meluncurkan brand in-housenya sendiri.

Kedepannya, Daniel dan Herda bertekad mencapai target ambisius pada tahun 2024, diantaranya adalah peningkatan pendapatan sepuluh kali lipat, pembukaan 15 toko baru di wilayah non-perkotaan di Pulau Jawa, memulai pendanaan tahap awal (tahap seed), dan memperbanyak jumlah SKU produk kecantikan dan perawatan diri dalam platform mereka.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading