Sukses

Entertainment

Reza Rahadian: Lebih Sulit Jadi Tjokroaminoto Daripada Habibie

Fimela.com, Jakarta Nama Reza Rahadian sudah tak asing lagi membintangi film-film biopic. Ia pernah berperan sebagai BJ Habibie di film Habibie dan Ainun. Yang terbaru, Reza didaulat memerankan pahlawan nasional HOS Tjokroaminoto di film 'Guru Bangsa: Tjokroaminoto'.

Di film tersebut Reza beradu akting dengan nama-nama besar seperti Christine Hakim, Didi Petet, Ibnu Jamil dan Tanta Ginting. Menurut Reza Rahadian, kedua peran di film biopic yang dilakoninya memiliki tingkat kesulitan masing-masing. Hanya saja, memerankan Tjokroaminoto membutuhkan ekstra kerja keras karena tokohnya tinggal sebuah cerita dalam buku-buku sejarah. Sedangkan Habibie masih ada dan Reza bahkan bisa bertemu langsung dengan mantan Presiden Republik Indonesia itu.

Guru Bangsa, Tjokroaminoto

"Kalau yang ini kan tokohnya sudah tidak ada referensi visualnya. Misalnya suara dan pidato beliau tidak ada. Itu yang sulit," ungkap Reza Rahadian saat jumpa pers film 'Guru Bangsa: Tjokroaminoto' di Kawasan Epicentrum, Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (31/3/2015).

Demi memuluskan perannya di film itu, Reza harus mencari berbagai referensi tentang Tjokroaminoto. Selebihnya, Reza menginterpretasikan bagaimana cara sang pahlawan bersikap, baik cara berjalan atau berbicara. Total selama tiga bulan Reza melakukan riset dan reading.

guru bangsa

Reza pun mengungkapkan perasaannya terhadap tokoh pergerakan nasional itu. Menurutnya, Tjokoroaminoto merupakan guru bangsa yang memberikan pengaruh besar kepada pendiri-pendiri bangsa dari Indonesia seperti Bung Karno, Semaoen, Muso dan lainnya. Terutama dalam melahirkan ideologi yang dapat membangun bangsa Indonesia kedepannya. (Baca Juga: Foto Behind The Scene Film Guru Bangsa: Tjokroaminoto)

"Dia sosok guru yang kita butuhkan di era saat ini. Saat ini saya merasa sistem pendidikan di Indonesia lebih mencetak murid bukan menumbuhkan ideologi-ideologi apa yang berbeda disetiap siswa-siswanya," ujar Reza Rahadian.

Film arahan sutradara Garin Nugroho ini dijadwalkan tanyang di bioskop pada 9 April 2015. Selain Reza Rahadian, 'Guru Bangsa: Tjokroaminoto' melibatkan aktor-aktor besar seperti Christine Hakim, Sujiwo Tejo, Didi Petet, Chelsea Islan, Alex Abbad, Tanta Ginting, Ibnu Jamil dan masih banyak lagi.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading